1

Compact Camera Terbaik di Awal Tahun 2013 Ini

6 Feb 2013 07:00 3118 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Untuk menentukan pilihan tentu menjadi perkara sulit. Mungkin Anda akan membandingkannya terlebih dahulu dengan kamera DSLR dalam hal kualitas. Lalu manakah compact camera yang berada dalam daftar terbaik menurut Paseban? Simak ulasan berikut.

Point-and-shoot camera atau yang populer disebut compact camera merupakan bagian dari jenis still camera yang didesain dengan sistem operasi penggunaan yang sederhana. Saat ini Anda dapat dengan mudah mencari jenis kamera ini di pasaran. Bentuk serta penggunaannya yang mudah menjadikan barang ini sangat diminati. Faktanya ada ratusan kamera sejenis yang menawarkan fitur serupa seperti superzoom, body yang tangguh serta fitur opsional yang banyak. Untuk menentukan pilihan tentu menjadi perkara sulit. Mungkin Anda akan membandingkannya terlebih dahulu dengan kamera DSLR dalam hal kualitas. Lalu manakah compact camera yang berada dalam daftar terbaik menurut Paseban? Simak ulasan berikut.

Fuji X100S

Fuji merupakan merek terkenal yang telah lama malang melintang dalam industri kamera. Sempat bersusah payah mengembalikan pasar kamera saat peralihan dari analog ke digital, perusahaan asal Jepang ini hadir dengan seri FinePix yang telah mengalami banyak peningkatan. Fuji FinePix X100S masih menggunakan sensor APS-C yang sama tetapi mengalami peningkatan resolusi dengan 16.3MP dan prosesor EXR sertai filter 6 x 6 RGGB. FinePix X100S hadir dengan desain retro yang akan memberikan tampilan "jadul" yang unik. Kualitas gambarnya pun sangat baik. Compact camera ini dibanderol sekitar $1.300.

Canon Powershot G1 X

Jika dibandingkan dengan kamera Canon seri G lainnya, Powershot G1 X memang memiliki keterbatasan dalam hal jangkauan zoom. Tetapi, kamera ini telah didukung dengan kapasitas sensor yang sangat besar. Sebuah sensor yang besar memiliki lapisan area untuk menerima cahaya masuk, dan meningkatkan kualitas gambar itu sendiri. Menariknya Canon Powershot G1X memiliki rasio 4:3 dibandingkan rasio 3:2 pada sebagian besar kamera bersensor APS-C. Bahkan sensor yang miliki G1 memiliki tingkat ketinggian yang sama seperti pada format sensr APS-C. Untuk memaksimalkan kapasitas sensor tersebut, Canon telah mempersenjatai kameranya ini dengan prosesor Digic 5 terbaru. Prosesor tersebut menawarkan kontrol terhadap noise dengan sensitifitas ISO, kecepatan, serta kemampuan perekaman video 1080p. Mencari kamera dengan harga jauh di bawah Fuji X100S? Canon Powershot G1 dapat menjadi pilihan terbaik. G1 dibanderol $700.

Canon PowerShot G15

Compact camera satu ini memiliki tampilan yang cukup mirip dengan kamera Canon G12. Perbedaan yang paling kentara adalah mode dial dan eksposur pada bagian atas serta dukungan lensa terbaru f/1.8 dengan kemampuan 5x zoom. Pihak Canon sendiri telah membangun kamera berkualitas tingginya ini agar mampu memproduksi gambar yang baik dengan detail terperinci, warna yang cerah, dan juga efek depth of field sempurna. Memiliki kualitas resolusi 12.1MP, Canon PowerShot G15 dapat Anda beli seharga $500.

Olympus XZ-2

Selain Fuji dan Canon, Olympus menjadi salah satu brand yang tak pernah tertinggal menelurkan produk-produk kamera terbaiknya. Mengikuti ketenaran Olympus XZ-1, penerusnya Olympus XZ-2 didukung dengan layar sentuh 3 inci dengan 920.000 titik, kemampuan merekam video berkualitas 1080p Full HD, dan kontrol eksposur baik secara manual ataupun semi manual. Menariknya, XZ-2 telah dilengkapi dengan kemampuan untuk membagi foto ke jajaring sosial langsung dari kamera. Sementara, lensa kameranya sendiri dipersenjatai oleh lensa i.Zuiko Digital yang menawarkan aperture sangat lebar dan focal length 28-112mm. Oleh sebab itu, Olympus XZ-2 mampu memproduksi gambar dengan tingkat ketajaman yang tinggi. Kamera ini dijual dengan harga $550. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel