Hal-hal Yang Perlu Anda Ketahui Ketika Menggunakan BlackBerry

5 Sep 2011 17:00 7072 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

BlackBerry merupakan salah satu smartphone terlaris di Indonesia. Hal ini tidaklah mengherankan, karena smartphone asal Kanada ini memiliki fitur-fitur yang menarik. Hal tersebutlah yang mungkin menjadikan BlackBerry laris manis dan termasuk sebagai salah satu smartphone papan atas.

BlackBerry merupakan salah satu smartphone terlaris di Indonesia. Hal ini tidaklah mengherankan, karena smartphone asal Kanada ini memiliki fitur-fitur yang menarik. Hal tersebutlah yang mungkin menjadikan BlackBerry laris manis dan termasuk sebagai salah satu smartphone papan atas.

Pada artikel ini, Paseban tidak akan membahas mengenai angka penjualan smartphone tersebut, tetapi Paseban akan memberikan tips bagaimana menggunakan BlackBerry agar lebih efisien dan menyenangkan. Berikut ini adalah poin-poin yang harus Anda ketahui ketika menggunakan BlackBerry:

Nomor PIN BlackBerry

Setiap handset BlackBerry mempunyai nomor unik yang disebut nomor PIN. Nomor ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari BlackBerry, dan tak dapat diubah meskipun Anda mengganti simcard-nya. Jika Anda membeli BlackBerry, hal pertama yang harus Anda cari tahu adalah nomor PIN-nya.

Untuk melakukannya, carilah logo Options yang biasanya terletak di bawah folder atau di sisi kanan pada home screen BlackBerry (tergantung pada theme yang Anda gunakan). Klik Options dan scroll ke bawah lalu klik 'Status', pada kolom 'Status' itulah Anda akan mengtahui nomor PIN Anda.

Tanpa diketahui atau tidak, setiap Anda menggunkan BlackBerry untuk mengirim atau menerima Email, browsing internet dan lain sebagainya, nomor PIN BlackBerry Anda tersebut selalu digunakan. Sebagai pengguna BlackBerry, ada beberapa keuntungan jika Anda mengtahui nomor PIN BlackBerry Anda, keluarga ataupun teman-teman Anda.

Jika Anda mengtahui nomor PIN orang-orang yang Anda kenal, Anda dapat menulis pesan kepada meraka dengan menggunakan nomor PIN mereka pada kolom yang biasanya Anda isi dengan alamat Email. Ketika Anda mengirim pesan dengan menggunakan nomor PIN seseorang, pesan akan langsung sampai kepada penerima seketika itu juga. Jika Anda mengirim Email, Email tersebut harus melewati beberapa tahapan layanan Email lainnya. Mengirim pesan dengan nomor PIN merupakan cara tercepat beromunikasi dari BlackBerry ke sesame BlackBerry.

Komunikasi dari PIN-ke-PIN juga sangat berguna dalam dunia usaha, karena mengirim pesan dengan nomor PIN tidak tergantung pada server BlackBerry ataupun server Email. Jika server dalam keadaan sibuk atau down, Anda akan tetap dapat berkomunikasi selama Anda mengetahui nomor PIN orang-orang yang Anda kenal.

Jalankan Setup Wizard

Apa yang akan Anda lakukan setelah Anda membeli BlackBerry? Saat pertama kali dinyalakan, akan muncul Run Setup Wizard, kebanyakan orang akan mengabaikan hal ini, karena saking senang atau mungkin sudah tidak sabar lagi untuk menggunakannya. Namun sebaiknya Anda bersabar, karena hal tersebut akan memakan memori yang cukup besar.

Hal yang terpenting dari Setup Wizard yaitu Anda dapat menghilangkan bahasa-bahasa yang tidak Anda inginkan. Biasanya, BlackBerry yang baru dibekali dengan berbagai macam pilihan bahasa akan memakan memori yang cukup besar. Jika Anda hanya memakai pilihan bahasa Inggris, maka pastikan Anda memilihnya sebagai bahasa utama pada menu BlackBerry saat menjalankan Setup Wizard, dengan begitu Setup Wizard akan menghapus semua bahasa yang tidak Anda pakai. Hal ini tentunya akan sangat menghemat penggunaan memori pada BlackBerry Anda yang berguna untuk Email, games dan aplikasi-aplikasi penting lainnya.

Gunakan jempol Anda

Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan ketika orang-orang menggunakan BlackBerry yaitu mengetik dengan tidak menggunakan jempol mereka. BlackBerry didesain untuk memaksimalkan kedua jempol. Mengetik dengan menggunakan telunjuk dan jari tengah sangatlah tidak efisien, karena memang tidak didesain untuk mengetik dengan cara itu dan hasilnya, mengetik menjadi sangat lambat.

Menghemat waktu dengan AutoText

AutoText adalah salah satu fitur yang ada pada BlackBerry, mekanisme kerjanya yaitu menganalisa apa yang Anda ketik lalu menggantinya dengan kata yang baru. Sebagai contoh, jika Anda mengetik kata 'tiab' maka AutoText akan menyarankan Anda untuk menggunakan kata 'tiba' jika Anda menekan spasi, maka dengan seketika kata tersebut akan terganti dengan yang baru.

AutoText dapat membantu Anda untuk mempercepat pengetikan karena dibekali oleh karakter khusus. Sebagai contoh, Anda ingin mengetik kata "jum'at", maka pada saat Anda mengetik "ju" atau "jum", AutoText akan menyarankan Anda untuk menggunakan kata "jum'at". Lebih cepat, bukan jika dibandingkan ketika Anda harus mengetikkan semua huruf dari kata "jum'at", belum lagi Anda harus menekan tombol Shift+' pada saat yang bersamaan.

Membeli Memory Card

Saat ini, BlackBerry dipenuhi dengan fitur-fitur multimedia seperti kamera dan kamera video. BlackBerry Media Player dapat memutar berbagai Audio dan Video format. Jika Anda ingin menggunakannya dengan maksimal, Paseban menyarankan Anda untuk membeli sebuah memory card.

Jika Anda tidak mempunyai memory card external, Anda tetap akan dapat menyimpan foto atau video pada internal memory. Namun, pada saat kapasitas internal memory akan habis, maka secara otomatis akan menghapus Email, kontak, agenda penting dan lain sebagainya. Jika memory card Anda penuh, kadang-kadang sering terjadi hang atau Blackberry Anda menjadi lemot.

Cara terbaik untuk mengatasinya yaitu dengan membeli memory card external. Ada banyak pilihan dari mulai 1GB hingga 64GB, semakin besar kapasitasnya maka semakin bertambah pula uang yang harus Anda keluarkan. Mana yang harus Anda pilih? Semua itu tergantung pada kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda tentunya.

Gunakan BlackBerry Anda sebagai Thumb Drive

Ketika Anda ingin mentransfer file dengan menggunakan PC Komputer dan menghubungkannya dengan kabel USB, akan muncul pesan Do you want to turn on Mass Storage Mode? Jika Anda memilih yes, maka komputer akan men-setting BlackBerry Anda sebagai drive baru. Hal ini sama dengan ketika Anda memasukan flash-disk pada komputer. Jadi, Anda bisa dengan mudah dan cepat mentransfer file dengan men-drag atau men-drop file jenis apapun dari atau ke BlackBerry Anda.

Instal beberapa software penting

Agar BlackBerry Anda lebih bermanfaat, ada baiknya jika Anda meng-install beberapa software, diantaranya adalah:

  • Google Maps (gratis)
  • Viigo (gratis): Aplikasi RSS Feed
  • Vlingo (gratis): Jika biasanya Anda mengetik pada saat mengirim SMS atau Email, maka aplikasi yang satu ini memungkinkan Anda untuk berbicara pada BlackBerry Anda.
  • Pageonce: Aplikasi yang dapat me-manage hidup Anda.
  • WorldMate Live: Aplikasi yang disarankan bagi Anda yang hobi melancong.
  • Games Galore: Bagi para gamers, aplikasi ini sepertinya wajib untuk di-install.

Mengubah tampilan pada BlackBerry Anda

Tentunya Anda ingin agar BlackBerry Anda terlihat berbeda dengan BlackBerry teman Anda, bukan? Caranya cukup mudah, Anda harus mengganti ringtone, wallpaper, screensaver atau bahkan theme pada BlackBerry Anda. Dengan mengubah theme, maka semua aspek pada BlackBerry Anda termasuk wallpaper, font, icons, and screen layout akan berubah. Anda juga bisa mengunduh wallpaper, font dan icons gratis di Paseban.com jika Anda sudah tergabung dalam paseban community. RC

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel