1

Selamat Datang Android 6.0 Marshmallow! Inilah Fitur-fiturnya!

18 Aug 2015 09:06 7138 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Android M itu adalah Android 6.0 Marshmallow

Misteri untuk nama Android M telah terungkap. Dikutip via  blog resmi Android Developers (18/05/2015), Google mengumumkan secara resmi bahwa Android M memiliki nama


Android Marshmallow. 

Selamat Datang Android 6.0 Marshmallow! Inilah Fitur-fiturnya!
Pemilihan nama Android Marshmallow ini tentunya cukup masuk akal karena biasanya nama sistem operasi Android selalu berdasarkan makanan penutup, Dan Marshmallow adalah nama yang bagus. 

Sempat dikabarkan akan mengusung versi Android 5.2, Android Marshmallow justu hadir dengan versi Android 6.0. Tentunya ini berarti bahwa Android Marshmallow ini akan memiliki update yang cukup besar. Selain tentunya menghadirkan kemampuan yang lebih baik. 

Android 6.0 Marshmallow ini juga dihadirkan berbarengan dengan versi preview final dari OS tersebut. Tersedia pula kit pengembangan software atau lazim disebut SDK. SDK ini dihadirkan untuk developer ketika membuat aplikasi agar kompatibel dengan OS Android terbaru. 

Untuk link download SDK ini bisa langung ke link resminya berikut ini.  

 

Fitur Android 6.0 Marshmallow 

Masalah fitur sebenarnya sudah diungkap ketika Google mengumumkan Android M pada Mei 2015 lalu. Tapi, fitur ini semakin dipertegas ketika munculnya infografis dari Samsung perihal fitur baru Android M. Berikut gambarnya. 

Selamat Datang Android 6.0 Marshmallow! Inilah Fitur-fiturnya!

Selamat Datang Android 6.0 Marshmallow! Inilah Fitur-fiturnya!

Fitur yang dihadirkan lewat infografis tersebut tidak berbeda jauh dengan keterrangan yang ada di blog resmi Android Developers. Berikut lebih jelasnya tentang fitur-fitur tersebut


1. App Permissions 

Fitur ini memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk mengatur izin aplikasi dalam mengakses berbagai hal.  Anda bebas memilih fungsi izin aplikasi tertentu dan menutup izin aplikasi lainnya. 

Contohnya, ketika lokasi keberadaan Anda tidak ingin diakses oleh WhatsApp atau Twitter sementara aplikasi lain Anda perbolehkan, Anda bisa mengaturnya dengan mudah lewat data lis di Android M. 

Tidak hanya akses lokasi, tetapi akses gambar dan akses kontak juga memungkinkan Anda atur dengan mudah.

2. Track Memory 

Fitur yang satu ini memungkinkan smartphone Anda untuk mengetahui aplikasi mana saja yang memaka banyak RAM. Dengan fitur ini juga, Anda bisa memonitor frekuensi sebuah aplikasi dalam menggunakan memory. 

3 Quick Finger Acces 

Dengan fitur ini, Anda memungkinkan untuk mengakses semua aplikasi, terutama layanan dari Google untuk diakses hanya menggunakan sidik jari saja. 

Tentu saja dengan fitur ini, sidik jari Anda tidak hanya digunakan untuk membuka ponsel tetapi sebagai penggnati password ketika Anda memasuki layanan lainnya. 

4. Auto Backup 

Dengan fitur ini, Anda tidak perlu khawatir lagi kehilangan data karena lupa melakukan backup. Berkat fitur ini, perangkat dengan Android Marshmellow memungkinkan semua aplikasi dan data masuk ke dalam layanan Google Drive. 

Berkat fitur ini juga, Anda tidak akan menemukan kesulitan ketika berganti smartphone karena nantinya data yang sudah tersimpan di Google Drive dari smartphone sebelumnya akan muncul kembali di smartphone baru Anda.  

5. Power Saving  

Dibandingkan Lolipop,  Android Marshmallow mampu menghemat penggunaan baterai lebih irit. Hal ini didasari karena Android Marshmallow memiliki kemampuan untuk mengurangi proses aplikasi latar yang berjalan. 

Kemampuan tersebut akan berjalan ketika smartphone cukup lama digunakan. Setelah terdeteksi, barulah sistem akan mengurangi penggunaan proses aplikasi yang berjalan di belakang sehingga penggunaan baterai lebih hemat. 


Pembaruan API 

Android 6.0 Marshmallow ini hadir dengan teknologi API yang baru. Teknologi tersebut adalah API 23. Brkat kehadiran API ini, Google Play pun akan mengalami pembaharuan untuk menerima API 23. 


Ketersediaan Android Marshmallow


Android Marshmallow sudah tersedia dalam bentuk ROM versi preview FINAL . ROM ini tidak hadir secara otomatis di smarpthone Android 5.0 Lolipop. Untuk menggunakan Android Marshmallow versi preview final, yang perlu dilakukan adalah download langsung. 

Hanya saja perlu diingat, Android Marshmallow versi preview final ini hanya baru tersedia untuk perangkat Nexus saja. Selain itu, ROM tersebut baru percobaan dan bukan digunakan untuk keperluan sehari-hari. 

Lantas, kapan Android  6.0 Marshmallow ini bisa dinikmati publik? 

Android  6.0 Marshmallow untuk publik atau versi konsumen akan dihadirkan pada musim gugur 2015 ini. Kemungkinan antara Oktober sampai November 2015. Tidak begitu lama jadi Anda tidak perlu terburu-buru. 

Oh yah, satu lagi, kehadiran Android  6.0 Marshmallow sudah secara resmi. Hal ini sudah dibuktikan dengan sudah hadirnya patung Android Marshmallow seperti yang terlihat pada gambar berikut. 

Selamat Datang Android 6.0 Marshmallow! Inilah Fitur-fiturnya!

Lewat gambar dari Brandon Jones (programer dari Google) via Twitter-nya itu, terlihat bahwa Android sedang memluk sebuah marshmellow berwarna putih. Dengan adanya patung tersebut, jelas bahwa Android  6.0 adalah Marshmallow.

Selamat Datang, Android Android  6.0 Marshmallow! [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel