1

Android M Resmi Diperkenalkan, Ini 7 Fiturnya!

29 May 2015 10:00 2909 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Android M sudah diperkenalkan dan memiliki banyak fitur serta perubahan yang optimal dibandingkan OS sebelumnya. 

Pada ajang Google I/0 2015, akhirnya Google meresmikan sistem operasi penerus Lolipop, Android M. Sistem operasi ini diumumkan Google pada Kamis, 29 Mei 2015, waktu setempat. Sistem operasi ini memiliki banyak fitur dan memiliki beberapa hal yang membuatnya berrbeda dengan Android Lolipop. Apa saja, fitur-fitur yang baru dari Android M ini? Berikut penjelasannya.

 

1. Pop-up Penggunaan Izin Aplikasi

Google membuat penggunanya lebih nyaman ketika menggunakan aplikasi. Seperti yang diketahui, ketika aplikasi baru dipasang, maka akna muncul tampilan daftar informasi yang akan diakses aplikasi tersebut. Nah, pada Android M, hal  tersebut diubah menjadi pesan pop-up yang menampilkan kebutuhan aplikasi untuk minta izin Anda. Fitur ini bukanlah fitur yang baru karena fitur semacam ini sudah berlaku di iOS.

 

2. Aplikasi Chrome

Aplikasi Chrome mengalami pembaruan dari segi tabs dan menu. Tabs pada Chrome nantinya akan terlihat seperti aplikasi Pinterest. Pada aplikasi Pintereset, tombol dan menu ditambahkan ke peramban sehingga lebih mudah penggunaannya.

 

3. Android Pay

Rumor tentang fitur ini sudah cukup kuat sebelum Android M diluncurkan. Terlebih Apple sudah melakukannya lebih dulu dengan nama Apple Pay Tidak kaget, jika kemudian Google menambahkan fitur serupa pada Android M. Fitur Android Pay ini sendiri memungkinkan pengguna untuk membayar sesuatu dengan sidik jari melalui pemanfaatan fitur NFC.  Untuk mendukung fiturl ini, Google bekerjasama dengan operator di Amerika dalam membangun ekosistem membuat Android Pay pre-load di ponsel Android yang akan mereka jual.

 

4. Pembatasan aplikasi di belakang

Hal yang cukup menggangu ketika sudah menggunakan aplikasi adalah aplikasi tersebut masih berjalan pada background. Hal ini membuat perangakt mengonsumsi baterai lebih banyak. Nah, pada Android M hal itu bisa diminimalisir berkat fitur untuk membatasi aktivitas aplikasi di background. Dengan fitur ini, perangkat dengan Android M akan lebih hemat daya.

 

5. Dukungan USB-C

Port USB-C menjadi terkenal karena kemampuannya yagn cepat. Karena itu, untuk memaksimalkan port ini, Google menyematkan fitur pada  Android M agar bisa mendukung penuh penggunaan USB-C. Dengan dukungan USB-C, perangkat Android dengan OS Android M akan dapat mengisi baterai lebih cepat. Google mengklaim jika pengisian baterai bisa terisi 3 kali lebih cepat.  

 

6. Menautkan aplikasi

Fitur ini akan sangat berguna bagi pengembang. Fitur ini memungkikan pengembang aplikasi untuk menautakan aplikasi tertentu dengan aplikasi lain yang masih dibuat pengembang yang sama.

 

7. Volume

Android M memiliki banyak perubahan kecil lainnya. Salah satu perubahan kecil adalah pengaturan volume yang lebih ringkas dan sederhana.

Itulah tujuh fitur utama dari Android M yang baru diungkap. Bisa saja nantinya, Android M akan memiliki fitur lain yang lebih banyak. Lantas, kapan Android M ini akan hadir? Google menyebutkan jika Android M akan hadir pada Q3 2015. Khusus pengembang, Android M sudah bisa diunduh pada tautan berikut ini.[HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel