1

Streaming Game PC ke Smartphone dengan Aplikasi Remote Android Remotr

24 Apr 2015 14:00 16555 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Streaming Game PC Anda menggunakan smartphone dengan aplikasi gratis Remote Android Remotr yang memungkinkan Anda melihat tampilan game dalam dua layar

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan untuk melakukan streaming game PC ke perangkat mobile. Contohnya, dengan menggunakan Aplikasi Remote Android Remotr. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk untuk melakukan streaming game ke smartphone atau tablet.

Sebenarnya, konsep  ini bukan hal baru. Layanan Grid Nvidia contohnya yang memungkinkan player mengakses game PC melalui konsol Shield dan tablet. Limelight Game Streaming membuka pintu ke perangkat Android asalkan memiliki GameStream yang kompatibel dengan PC. Namun,  layanan tersebuth hanya berlaku untuk produk Nvidia. Karena itu muncul  ini yang lebih fleksibel dan gratis.

Remotr

Layanan ini terdiri dari klien untuk Windows dan aplikasi Android. Perlu hardware yang baik untuk bisa menjalankannya dengan mulus mengingat game bukanlah program yang ringan, apalagi game PC. Pastikan perangkat Android Anda memiliki hardware yang kuat seperti RAM minimal 1G, Prosesor min 1,2 GHz (multi core) dan GPU yang memadai agar bisa berjalan lancar.

Apa sebenarnya Remotr, singkatnya layanan ini me-mirror layar PC Anda ke perangkat mobile. Mobile Anda akan menyediakan antarmuka interface yang menyesuaikan game yang ingin Anda mainkan. Layanan ini akan menyediakan semua kontrol ke yang dibutuhkan oleh game ke layar handphone Anda seperti mouse dan keyboard.

Cara Menggunakan Remotr

Download dan instal klien Windows Remotr (kompatibel dengan Windows 7 dan di atasnya) kemudian instal aplikasinya di Android Anda. Untuk bisa menggunakannya, Anda harus membuat akun lalu login di klien Windows dan aplikasi Android. Begitulah cara Remotr mengenali PC dan Android Anda. Untuk menghubungkannya, Remotr bisa menggunakan jaringan WiFi lokal dan juga internet. Cara kerjanya sama dengan aplikasi remote lainnya.

Bila langkah-langkah tersebut sudah selesai, Anda akan melihat PC Anda terdaftar dalam aplikasi Android. Tap untuk masuk ke pilihan game yang sudah Anda instal, lalu tap lagi untuk memilih salah satu game tersebut.

Setelah terhubung, di sinilah yang agak membingungkan. Kontrol di layar perlu di setup. Pada awalnya Anda akan kesulitan menggunakannya karena tidak ada petunjuk yang diberikan developernya, RemoteApp. Mulailah dengan men-tap ikon tongkat sihir untuk memunculkan pilihan control-creator. Anda bisa. Pada menu ini Anda bisa membuat tombol yang dibutuhkan, misalnya ASDW untuk game FPS dan mouse yang cocok dengan layar Android Anda. Untuk game Counter-Striker dan Team Fortress pengembang sudah menyediakan controlnya, akan lebih baik juga mereka terus menambah kontrol game-game populer lainnya.

Sayangnya, Anda kemungkinan akan merasa kesulitan mengendalikan kontrol yang Anda buat sendiri bahkan kontrol built-in yang dibangun developer. Banyak game-game Android dengan jenis yang sama dan memiliki kontrol lebih baik. Layanan ini masih perlu banyak perubahan untuk memindahkan game dari layar desktop ke layar smartphone atau tablet. Sulit memang secara logika memainkan game dengan kontrol yang kompleks ke kontrol layar sentuh. Mobilitas mouse yang besar sulit diterjemahkan layar sentuh, apalagi untuk game-game yang membutuhkan kecepatan. Tetapi, tidak sedikit game PC yang pindah ke Android dan kontrol mereka sangat baik. Pengembang bisa mencontoh perpindahan kontrol tersebut.

Game apa saja yang bisa menggunakan layanan ini?

Hampir semua game bisa berjalan dengan layanan ini, namun ada beberapa yang sudah di uji coba berjalan dengan baik. Game-game tersebut adalah game yang cukup berat dengan kualitas grafis yang tinggi seperti Battle Field, Need For Speed, Call od Duty, Dota II, Watch Dog, GTA III dan banyak lagi, berikut game yang sudah di uji oleh developer sendiri. Anda bisa melihat daftarnya di sini. Sebagai perimbangan adalah Dota II, game yang memiliki kontrol sangat banyak bisa Anda mainkan lewat Android Anda.

Sistem Requairements

  • Layanan ini hanya bisa berjalan pada Windows 7 dan 8
  • PC dengan prosesor dual core sangat direkomendasikan. Begitu juga untuk smartphone atau tablet, direkomendasikan menggunakan prosesor paling tidak dual core.
  • Walau bisa terhubung dengan jaringan WiFi lokal, internet dibutuhkan untuk menjalankan layanan ini
  • Untuk PC, direkomendasikan menggunakan kartu grafis Nvidia GTX atau yang lebih baik untuk menunjang performa (60 fps).
  • Android 4.1 atau yang lebih tinggi

 

Kesimpulan

Secara umum, Remotr sama cara kerjanya dengan layanan remote lainnya seperti Time Viwer atau Microsoft remote. Hanya yang membuat beda, layanan ini di khususkan untuk game dengan fitur unggulan memindahkan semua kontrol dengan baik ke layar sentuh Android Anda. Untuk aplikasi remote pada umumnya, hanya mouse yang mudah digunakan sedangkan keyboard yang disajikantidak bisa menjadi kontrol game. Sayangnya, kontrol belum bisa sefleksibel PC di Android, mudah-mudahan aplikasi remote Android ini terus membaik untuk memuaskan para gamer. [RIC]

 Link Situs Resmi dan Download Remotr

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel