1

Lima Tren Inovasi Teknologi Terbaru pada CES 2014

14 Feb 2014 11:15 2347 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pergelaran inovasi teknologi terbaru terbesar tahunan, Consumer Electronics Show (CES) telah rampung digelar pada tanggal 7 hingga 10 Januari di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Selain menjadi ajang bagi perusahaan gadget untuk memperkenalkan produk terbarunya yang siap rilis, CES pun selalu dijadikan tolak ukur untuk tren teknologi yang akan datang.

Pergelaran inovasi teknologi terbaru terbesar tahunan, Consumer Electronics Show (CES) telah rampung digelar pada tanggal 7 hingga 10 Januari di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Selain menjadi ajang bagi perusahaan gadget untuk memperkenalkan produk terbarunya yang siap rilis, CES pun selalu dijadikan tolak ukur untuk tren teknologi yang akan datang. Tolak ukur teknologi ini sering dijadikan sebagai pencapaian yang tinggi dari sebuah perusahaan atau produk. Produk teknologi yang dihadirkan pun sangat beranekaragam, yang jelas teknologi yang terdapat di dalamnya merupakan hasil inovasi dari teknologi-teknologi terbaru.

Di ajang yang tercatat dihadiri oleh jutaan pengunjung dari seluruh dunia tersebut hadir beberapa produk inovasi teknologi terbaru yang digadang-gadang akan meledak dipasaran, walau beberapa produk memang bukan kali pertama itu diperkenalkan. Misalnya saja televis berlayar resolusi 4K dan wearable gadget yang telah mulai diperkenalkan pada beberapa bulan silam. Hanya saja, produk yang hadir di CES 2014 dihadirkan kembali dengan beragam penyempurnaan.

Namun bukan itu saja, pada CES 2014 kemarin pun dihadirkan beberapa inovasi teknologi terbaru dengan inovasi futuristik semisal saja Smart Car. Penasaran ingin tau lebih jauh? Dibawah ini 5 prediksi tren teknologi yang muncul di CES 2014 Las Vegas kemarin :

1. TV 4K

Seperti disebutkan, televisi 4K sebenarnya bukanlah suatu gebrakan inovasi teknologi terbaru yang baru. Sejak CES yang digelar pada 2013 silam pun beberapa vendor teknolgi telah memperkenalkan produk televisi 4K. Untuk ajang CES 2014 lalu, beberapa perusahaan gadget seperti LG dan Samsung kembali membawa televisi 4K yang hadir lebih sempurna. Bukan hanya mampu menampilkan gambar dengan resolusi 4K, dua perusahaan asal Korea tersebut menghadirkan televisi layar cekung yang diklaim menampilkan gambar 60 fps. Selain itu adanya konektor HDMI 2.0 menjadi nilai lebih tersendiri. Sebuah inovasi terbaru

2. Wearable Gadget

Tahun lalu Samsung meluncurkan produk wearable gadget ke pasaran dengan nama smartwatch Galaxy Gear. Dan tahun 2014 ini, langkah Samsung diikuti oleh banyak vendor lain yang mulai fokus di segmen wearable gadget. Beberapa nama vendor gadget raksasa seperti LG, Sony, Nike, hingga Apple pun mulai memperkenalkan produk wearable gadgetnya. Tak heran bila tahun ini wearable gadget akan menjadi tren baru. Selain itu, Google Glass dari Google pun akan mulai dipasarkan resmi tahun ini. Perangkat besutan Google yang fenomenal initelah mendorong perusahaan atau pengembang lain untuk mengembangkan prosuk yang sama namun dengan inovasi teknologi terbaru yang berbeda-beda.

3. Smart Car

Sebelumnya tak banyak pabrikan otomotis yang meramaikan ajang CES, tapi tahun ini berbeda. Hadirnya Toyota yang dikenal sebagai produsen otomotif terbesar ini memperkenalkan smart car dengan kode nama “FCV”. Toyota FCV diklaim sebagai mobil pintar pertama yang dapat dioperasikan tanpa memerlukan adanya bahan bakar. Inovasi teknologi terbaru sel bahan bakar sendiri yang dimiliki FCV disebutkan mampu merubah hidrogen menjadi tenaga listrik. Selain FCV, ada mobil dari beberapa pabrikan otomotif yang terintegrasi dengan sistem operasi mobile iOS milik Apple dan Android dari Google.

4. Sensor Biometrik

Sensor Biometrik sebenarnya sudah menjadi tren kala digunakan oleh Apple untuk perangkat smartphone anyarnya iPhone 5S dan iPhone 5C yang menggunakan teknologi keamanan peminda sidik jari. Nantinya Samsung pun dikabarkan akan menggunakan pemindai retina mata untuk Galaxy S 5 yang segera dirilis pada kuartal pertama 2014. Bahkan, nantinya tidak hanya sidik jari atau mata saja yang digunakan sebagai media sensor biometrik pada perangkat. Fitur kemanan asis suara ataupun gestur pun mungkin akan muncul tahun ini sebagai inovasi teknologi terbaru.

5. Virtual Game

Penggunaan inovasi teknologi terbaru Augmented Reality akan semakin marak dan banyak digunakan oleh para gamer sebagai pengganti game konsol biasa. Teknologi Augmented Reality (AR) sebenarnya memang bukan inovasi baru dijagat teknologi. Teknologi ini sempat diperkenalkan pada publik di ajang CES 2013 awal tahun ini yang dikembangkan Oculust VR. Mereka menciptakan sebuah perangkat headset virtual reality bernama 'Oculus Rift' yang dapat terkoneksi dengan konsol game, PC, atau bahkan perangkat mobile. [HMD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel