1

Sony Core SmartBand - Penemuan Teknologi Terbaru dari Sony yang Dipamerkan pada CES 2014

10 Jan 2014 15:00 4320 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sony memperkenalkan lagi penemuan teknologi terbaru hasil ciptaannya yang masih berada dalam lingkup teknologi yang wearable pada ajang pameran teknologi terbesar di dunia, CES 2014.

Sony memperkenalkan lagi penemuan teknologi terbaru hasil ciptaannya yang masih berada dalam lingkup teknologi yang wearable pada ajang pameran teknologi terbesar di dunia, CES 2014. Penemuan teknologi terbaru dari Sony ini dinamai SmartBand, sebuah gelang tahan air yang pada dasarnya adalah tracker yang juga memungkinkan pengguna mengontrol media, panggilan dan pesan pada tablet Android atau smartphone.

Perangkat ini akan mendeteksi pola tidur Anda, gerakan metrik dan kalori yang terbakar, dan getaran lembut yang akan mengingatkan Anda akan panggilan masuk dan teks yang masuk. Tentu saja ada beberapa elemen dari perangkat seperti Galaxy Gear dan Sony SmartWatch 2 yang ditemukan di dalam SmartBand, dan Sony pada ajang CES 2014 ini mengatakan bahwa perangkatnya ini lebih dari tracker kebugaran.

Gadget dengan layar minim ini menggunakan tali seperti apa yang dikenakan Pebble, Gear dan Neptune Pine yang juga hadir dalam CES 2014 sebagai perangkat yang bertajuk smartwatch. Ingin tahu lebih dalam seperti apa perangkat baru besutan Sony ini? berikut ulasan Paseban.

Memusatkan Daya pada Core

Sebagian besar rincian spesifikasi untuk SmartBand ini masih tersembunyi. Sony mengatakan akan meluncurkan spesifikasi perangkatnya ini lebih detail pada gelaran acara MWC 2014, tapi setidaknya untuk saat ini ada satu penemuan teknologi terbaru dari Sony yang kian meramaikan gadget canggih di tahun 2014 ini. Jantung dari SmartBand Sony ini terletak pada Core-nya, , sebuah chip kecil yang dirancang untuk dapat menyesuaikan diri dengan sejumlah teknologi wearable. Rencananya, ketika pengguna membeli perangkat dari Sony ini, pengguna akan menerima dua ukuran SmartBand yang berbeda. Tujuannya agar pengguna dapat menggunakan salah satunya tanpa menggunakan tali.

Untuk mengisi daya dari perangkat ini, pengguna dapat mengisinya menggunakan USB di bagian belakang kapsul  Core dengan unit pengisian terpisah. Kapsul ini memiliki bentuk sedikit melengkung, sehingga dapat dengan mudah mengikuti kontur pergelangan tangan.

Inti membantu SmartBand untuk melakukan sekedar lebih dari  menghitung kalori. Dengan menggunakan aplikasi bernama Lifelog yang menyertai perangkat ini, pengguna dapat mengawasi berbagai elemen kehidupan mereka di luar kegiatan olahraga atau kegiatan lainnya, seperti  lagu apa yang sedang pengguna dengarkan.

Aplikasi ini dapat didownload pada perangkat Android, dan seluruh perangkat yang membawa sistem operasi Android 4.3 dan yang lebih tinggi. Tampilan aplikasi ini sangat berwarna-warni, dengan grafis penuh pada tampilan antarmuka, dan Sony menjanjikan tampilan dari aplikasi ini akan membuat penggunanya merasa nyaman.

Tidak ada spesialisasi untuk gadget ini, yang berarti tidak hanya perangkat Sony saja yang dapat menggunakan gadget canggih ini. Pengguna dengan perangkat lain yang membawa  Android 4.3+ akan dapat menggunakan SmartBand juga.

Bahan Material

Tali dari SmartBand ini terbuat dari bahan karet silikon. Terasa sangat lembut dan ringan di kulit dan tidak memiliki tepian yang tajam. Satu-satunya yang diunggulkan Sony akan perangkatnya ini adalah berat dari perangkat ini yang sangat ringan.

Tetapi, perangkat ini tidak terlihat seimbang ketika melihat di mana Core ini terletak. Ada benjolan besar di mana Core terletak, tapi bagian band yang lainnya terasa lebar dan sama berat. Mungkin pada penggunaan awalnya ini sangat mengganggu, namun apabila sudah terbiasa, maka hal ini tidak akan menjadi masalah. Hal yang menjadikan gadget ini tampak lebih menarik adalah disematkannya gesper mengklip yang tertanam di dalam karet band Sony yang berwarna hitam.

Fitur

Mengetuk bagian atas band akan memungkinkan Anda untuk mengontrol fungsi media, seperti play, pause dan memilih lagu berikutnya. Ini sangat membantu, karena kita tidak harus melihat ke arah layar untuk melakukan kontrol pada fungsi media.

Kesimpulan awal

Jika membawa harga yang tepat, Sony SmartBand bisa menciptakan kesuksesannya sendiri dalam pasar teknologi wearable. Meskipun ada beberapa kekurangan dalam desainnya, namun perangkat ini tetap terlihat ringan ketika digunakan.

Produk Sony ini dapat memimpin revolusi dalam industri konsumen dan industri dalam teknologi wearable. Sayang Sony masih enggan membocorkan beberapa fitur unggulan dalam perangkatnya ini pada CES 2014. Sony akan mengungkapkan detail keseluruhan dari perangkat ini pada ajang pameran WMC 2014 di bulan Februari mendatang. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel