1

Mengadu Kelebihan FireWire VS USB - Hebat yang Mana?

13 Apr 2014 10:00 14720 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Setelah beberapa saat yang lalu Paseban mengulas tentang USB dengan berbagai keunggulannya. Tidak adil jika tidak mengulas FireWire yang sudah lama dianggap lebih unggul dibandingkan USB. Meski demikian tetap saja USB lebih populer penggunaannya. Dan simak selengkapnya tentang kelebihan FireWire vs USB dibawah ini.

Setelah beberapa saat yang lalu Paseban mengulas tentang USB dengan berbagai keunggulannya. Tidak adil jika tidak mengulas FireWire yang sudah lama dianggap lebih unggul dibandingkan USB. Meski demikian tetap saja USB lebih populer penggunaannya. Dan simak selengkapnya tentang kelebihan FireWire vs USB dibawah ini.

FireWire bisa berarti merujuk pada jenis kabel data yang dapat melakukan proses pengiriman data dengan kecepatan sangat cepat. Lebih lanjut lagi, FireWire juga merupakan sebuah merek dagang milik perusahaan Apple.Inc sekaligus menjadi nama yang paling populer bagi kabel data standar antar-muka dari seri IEEE 1394. Selain Apple yang memiliki FireWire, ada pula Sony yang juga pernah merancang kabel daya seri IEEE 1394 yang diberi nama i.Link.

Kecepatan luar biasa mampu dilakukan oleh FireWire untuk mentransfer data, sampai pada kecepatan rata-rata hingga 400 megabit per detik (Mbps). Bahkan banyak kalangan yang menganggap FireWire sebagai saluran penghantar data yang tercepat dan yang paling stabil di antara saluran lain seperti USB. Banyak pula yang menganggap FireWire lebih cepat dibanding USB. Itulah mengapa banyak orang yang sering membanding-bandingkan kelebihan FireWire vs USB dan beberapa fitur USB memang kalah.

 

  • Penggunaan

Sampai saat ini FireWire sudah lazim dipergunakan sebagai salah satu standar koneksi interface dari perangkat audio-visual digital dengan komputer. Beberapa perangkat yang dimaksud diantaranya adalah seperti kamera digital, termasuk juga kamera video digital. Pada umumnya, jika ada perusahaan yang menyematkan teknologi FireWire pada berbagai produk digitalnya, maka bisa dipastikan produk tersebut mampu menyediakan proses pemindahan data dengan kecepatan koneksi tinggi.

Lagipula saat ini kebanyakan produk komputer dan Laptop keluaran terbaru, juga sudah memiliki perlengkapan fasilitas port FireWire built-in sehingga dapat disinkronisasi dengan perangkat lain yang memiliki teknologi FireWire juga. Bahkan sudah sejak lama, kamera video digital kontemporer memanfaatkan FireWire sebagai salah satu standar alat input-outputnya terhitung sejak hampir 20 tahun yang lalu.

  • History

Pertama kali FireWire dikembangkan oleh perusahaan Apple dengan tim bernama IEEE P1394 sebagai High Speed ​​Serial Bus tahun 1994. Pada perkembangannya FireWire generasi yang dianggap paling muktahir hadir dengan nama FireWire 800 atau disebut IEEE 1394b pada tahun 2003. Banyak yang mengagumi FireWire 800 karena disinyalir memiliki kecepatan dua kali lipat dibandingkan FireWire IEEE 1394 awal.

Disebut sebagai FireWire 800 karena pada seri sebelumnya dikenal FireWire 400. Apple mengklaim FireWire 800 sanggup menghantarkan data sampai dengan kecepatan rata-rata 800 Mbps. Tidak hanya kecepatan yang bertambah, IEEE 1394b juga bisa digunakan dari jarak yang lebih jauh. Sangat berbeda dengan pendahulunya yang dibatasi oleh jarak

Praktis, dengan kabel FireWire 800 pengguna dapat melakukan perpanjangan kabel antara komputer dengan perangkat digital lain maupun perangkat digital dengan sesama perangkat digital sampai hampir sejauh 100 meter. Lebih lanjut lagi, optical repeater FireWire 800 memungkinkan untuk menyambungkan kabel hingga sejauh 1000 meter. Meski demikian, kecepatan serta jarak yang bisa digunakan tetap bergantung pada jenis kabel serta kualtas kabel yang digunakan. Jika kabel bermasalah tentu akan ada masalah yang timbul, seperti melambatnya proses transfer data.

 

  • Kelebihan lain FireWire vs USB

Kecepatan tentu saja menjadi modal utama FireWire. Kemudian ada kemudahan  lain yang disebut “Plug and Play” seperti USB, yang berarti OS dapat secara langsung dan otomatis mendeteksi alat berbasis FireWire yang tersambung dan siap untuk digunakan. Pada proses kerjanya, FireWire ternyata tidak berhubungan langsung dengan perangkat prosesor. Inilah yang membuatnya stabil sehingga tidak berpengaruh akan “hang” komputer. Dengan fleksibilitas kabelnya, juga mampu untuk membawa energi listrik hingga 45 watt. Hal ini tentu saja dapat meringkas penggunaan kabel. Kelebihan yang terakhir adalah tidak ada suara bising yang ditimbulkan.

Perbandingan dengan USB 2.0 yang saat ini masih populer dengan kecepatan480, maka FireWire 800 unggul jauh karena sanggup menawarkan kecepatan hingga pada 800 Mbps. Ditambah USB 2.0 yang masih melibatkan sistem kerja prosesor yang mungkin saja bisa mengakibatkan komputer “Hang”. Kekurangan lain USB 2.0 juga karena hanya dapat bekerja langsung pada komputer (Hot Based).

Hingga saat ini FireWire masih dikembangkan, dan kemungkinan pada masa depan teknologi ini akan mampu mencapai kecepatan hingga 3.2 GB per detik. Dengan segala kelebihannya, tentu perangkat yang memiliki fasilitas FireWire dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan USB. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel