1

Mari Berkenalan dengan Tiga Kartu Grafis AMD Radeon R7 Series

22 Nov 2013 13:00 8677 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

AMD merupakan perusahaan penyedia prosessor dan kartu grafis. Perusahaan ini selalu memiliki solusi alternatif dalam menghadirkan produk yang terjangkau dibandingkan pesaingnya. Termasuk pada ranah kartu grafis.

AMD merupakan perusahaan penyedia prosessor dan kartu grafis. Perusahaan ini selalu memiliki solusi alternatif dalam menghadirkan produk yang terjangkau dibandingkan pesaingnya. Termasuk pada ranah kartu grafis. Pada ranah ini, AMD harus bersaing dengan perusahaan Nvidia yang juga cukup superior dalam hal performa kartu grafis yang ditelurkannya. Persaingan tiap tahunnya tentu semakin memanas. Termasuk untuk tahun ini. Baru-baru ini AMD baru saja mengeluarkan kartu grafis AMD Radeon R7 dan R9. Kedua seri ini dihadirkan oleh AMD sebagai langkah untuk menjegal produk Nvidia pada kelas yang sama. Tentu AMD punya keuntungan karena produknya dihadirkan dengan harga yang lebih terjangkau.

AMD Radeon R7 dan R9 sendiri mempunyai harga yang berbeda. Untuk seri R9, AMD menyasar target pasar kelas atas. Pada seri ini, terdapt seri R9 270. R9 280, dan  R9 290,. Sedangkan untuk seri R7, terdapat jajaran produk Radeon R7 240, R7 250, dan R7 260X. Seri R7 ini dihadirkan lebih terjangkau dibandingkan R-9. Bisa dikatakan seri ini lebih ditujukan kepada pengguna entry-level. Untuk itu, membahas produk seri  R7   tampak lebih menarik dibandingkan dengan seri R9. Barangkali pada lain kesempatan, seri R9 akan dibahas secara terpisah. Lalu bagaimanakah detail produk AMD Radeon R7 ini? Untuk mengetahuinya spesifikasinya, simak penjelasan ketiga produk ini.

AMD Radeon R7 240

Produk pertama adalah AMD Radeon R7 240. Seri ini merupakan seri paling rendah dari jajaran  R7. Meskipun paling rendah, bukan berarti seri ini tidak mempunyai kemampuan yang baik. Seri ini mampu menghadirkan tampilan yang memukau. Untuk keperluan penejelajahan internet dan editing video, kartu grafis ini dapat diandalkan.

Untuk bermain games pun, kartu grafis ini bisa dijadikan senjata utama meskipun pengguna harus menurunkan sedikit kualitas grafis pada games dengan grafis berat. AMD Radeon R7 240 sendiri ditenagai dengan 320 stream prosessor dengan engine clock sebesar 780 Mhz. Banderol untuk seri ini sendiri berada pada sekitaran harga 1 jutaan. Harga bervariasi tergantung vendor partner penyedia kartu grafisnya.

AMD Radeon R7 250

AMD Radeon R7 250 dihadirkan sebagai solusi kartu grafis yang lebih baik  untuk bermain games. Kartu grafis ini memiliki spesifikasi yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan AMD Radeon R7 240. Di dalam kartu grafis ini, terdapat 384 stream prosessor dengan engine clock hingga 1 GHz. Kesamaan produk ini dengan AMD Radeon R7 250  sendiri adalah bahwa kedua produk ini telah didukung AMD App Acceleration.

Fitur ini akan memberikan pengalaman yang baik dalam menjalankan berbagai aplikasi berat.  Yang lebih menarik, kedua seri AMD Radeoon ini telah mendukung penuh teknologi DirectX 11.2. Tentunya berkat dukungan ini, kartu grafis ini  akan optimal jika sistem operasi yang digunakan adalah Windows 8.1.  Untu urusan harga, kartu grafis ini dibanderol dengan harga di atas 1 juta, lebih sedikit dibandingkan R7 240.

AMD Radeon R7 260X

Jajaran terakhir dari seri R7 adalah AMD Radeon R7 260X.  Seri ini merupakan seri tertinggi dari jajaran R7. Kartu grafis ini dipatok dengan harga yang cukup tinggi, Harganya mendekati angka 2 juta,  bahkan ada vendor yang membanderol produk ini 2 juta lebih sedikit. 

Kartu grafis yang mengusung core "Bonaire" ini  dipersenjatai 896 stream processor yang dipadukan dengan kecepatan core hingga 1,1 GHz. Untuk keperluan games berat, kartu grafis ini sudah terbilang tangguh dan mumpuni. Kartu grafis ini sendiri dianggap sebagai rebrand dari Radeon HD 7790. Hanya terdapat teknologi terbaru didalamnya. Sebuh saja teknologi AMD TrueAudio yang dimiliki pada seri R9. Teknologi ini mampu menghadirkan kualitas suara yang baik  dan mendalam.bahkan bisa dibilang, pengguna tidak perlu menambahkan kartu suara jika menggunakan kartu grafis ini.

Itulah penjelasan singkat tentang jajran produk AMD Radeon R7 seris. Produk tersebut kini sudah beredar di pasar komputer di Indonesia. Di situs jual beli online atau toko online pun produk-produk ini sudah hadir dengan beragam merk dan harga. Umumnya perbedaan tersebut tergantung pada jenis memori yang digunakan serta fitur lain yang ditambahkan oleh vendor partner AMD. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel