1

Fenomena dan Prediksi Masa Depan Perangkat Jam Tangan Pintar

21 Nov 2013 12:30 3183 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jam tangan pintar kini menjadi primadona.  Perangkat yang  yang digunakan di pergelangan tangan ini menjadi trend baru dunia gadget. Betapa tidak, smartwatch ini telah berkembang menjadi sebuah perangkat yang dibutuhkan dan akan menjadi primadona.

Kini jam tangan pintar kini menjadi primadona. Perangkat yang  yang digunakan di pergelangan tangan ini menjadi trend baru dunia gadget. Betapa tidak, smartwatch ini telah berkembang menjadi sebuah perangkat yang dibutuhkan dan akan menjadi primadona. Tren ini sendiri muncul ketika Apple berencana membuat sebuah jam tangan bernama iWatch. Samsung pun tidak mau kalah. Perusahaan asal Korea tersebut telah berhasil meluncurkan jam tangan dengan nama Samsung Galaxy Gear. Jika iWatch menjalankan sistem operasi iOS maka Samsung Galaxy Gear ini menjalankan sistem operasi Android.

Pada Artikel sebelumnya, Paseban membahas sejarah dan perkembangan jam tangan pintar atau smartwatch. Nah, bahasan kali ini Paseban akan memaparkan beberapa prediksi tentang perangkat ini.

Fenomena Smartwatch

Fenomena jam tangan pintar ini lantas membuat perusahaan lain menjadi “panas” Tidak sedikit perusahaan-perusahaan yang sedang mengembangkan jam tangan pintar ini. Bahkan beberapa sudah meluncurkannya terlebih dahulu. Perusahaan pembuat barang pendukung olahraga seperti Nike dan Adidas pun mengeluarkan smartwatch. Hanya saja tujuan dibuatnya bukanlah untuk bernavigasi semata melainkan untuk kebutuhan olahraga.

Lain cerita dengan perusaahaan penyedia ponsel. Mereka lebih fokus menghadirkan jam tangan pintar khas mereka untuk menyaingi dominasi Samsung yang lebih dulu menggebrak pasar dengan perangkat jam tangan pintar mereka. Sebut saja perusahaan semacam Sony dari Jepang dan Goophone dari Cina. Apple sendiri tampaknya akan meluncurkan jam tangan pintarnya pada tahun depan. Entah apa yang membuat perkembangan jam tangan pintar dari Apple ini diluncurkan lama sekali. Qualcoomm saja sebagai perusahaan pembuat chipset tidak banyak gembar-gembor akan segera mengeluarkan jam tangan pintar mereka yang bernama Torq pada Desember 2014 ini.

Tidak mau kalah dengan perusahaan-perusahaan tersebut, ZTE selaku produsen dari Cina pun sedang mengembangakan jam tangan pintar miliknya. Jam tangan tersebut akan meluncur pada awal tahun 2014. Langkah membuat jam tangan pintar ini merupakan salah satu langkah dari ZTE untuk terus bersaing dengan perusahaan lain.

Masa Depan Jam Tangan Pintar

Langkah ZTE yang akan meluncurkan jam tangan pintar ini bisa dijadikan tanda bahwa jam tangan pintar merupakan perangkat masa depan. Tidak hanya ZTE perusahaan lain tampak menyadari hal ini. Jika saat ini ada wacana PC akan tergantikan dengan tablet maka mungkin suatu waktu smartphone akan digantikan dengan smartwatch. Hal tersebut bisa saja terjadi namun bisa juga tidak.

Ada beberapa hal yang membuat smartphone tetap lebih unggul jika dibandingkan smartwatch. Salah satunya adalah tentu layar yang lebih besar. Sangat tidak mungkin jika jam tangan pintar memiliki dimensi layar yang besar. Sangat aneh bukan jika seseorang memakai jam tangan dengan layar yang memanjang?  Selain masalah layar, jam tangan pintar juga memiliki kemungkinan kecil bisa mengalahkan fungsi kamera pada smartphone. Seperti yang diketahui, smartphone saat ini banyak yang memiliki sensor kamera yang tidak kalah dengan kamera profesional. Sedangkan jika hal ini diterapkan pada smarthwatch, hal tersebut terasa tidak mungkin. Kecuali sekali lagi jika pengembang mau berinovasi dengan menghadirkan kamera bidik ala jam tangan pada cerita-cerita dalam film detektif. Paling banter untuk saat ini, kamera pada smartwatch dapat disimpan pada bagian depan untuk keperluan video chatinng. Tentunya komunikasi video ini dilakukan dengna layar yang kecil.

Jika ingin benar-benar menjadi sebuah perangkat primer, maka prangkat jam tangan pintar haruslah mempunyai desain dan varian lain yang inovatif. Bisa saja bukan pada masa mendatang layar jam tangan pintar meluas dan memanjang sampai siku? Namun tentu masa depan jam tangan pintar ini juga bergantung pada masyarakat, Jika masyarakat menganggap jam tangan pintar merupakan kebutuhan primer, ada kemungkinnan pula jam tangan pintar merupakan perangkat masa depan.

Kesimpulan

Terlepas dari semua itu, pada masa yang akan datang, sangat mungkin jam tangan pintar akan memiliki varian yang menarik. Terbukti banyak perusahaan yang ramai mengeluarkan produk yang satu ini. Mungkin pada beberapa bulan kedepan, perusahaan seperti Asus, Acer, bahkan Microsoft sendiri bisa jadi ada kemungkinan membuat perangkat ini. Namun tentu saja ada kemungkinan pula jam tangan pintar ini hanyalah fenomena sesaat. Jika hasil pasar menunjukan hasil yang tidak bagus tentu bukan mustahil perangkat ini akan menjadi salah satu perangkat canggih yang akan mejeng di museum. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel