Seluk-beluk dan Evolusi dari Sony PlayStation

19 Nov 2013 15:00 12890 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Semuanya dimulai pada tahun 1988, salah satu perusahaan gaming tengah duduk di puncak kesuksesan untuk pasar video game rumah yakni Nintendo. 8-bit Nintendo Entertainment System (NES) telah menguasai pasar selama bertahun-tahun, dan tetap unggul meskipun menghadapi pesaing dari Sega dan Atari. Dan dengan Super NES pada tahun 1990, nampak Nintendo sangat mustahil untuk digulingkan. 

Semuanya dimulai pada tahun 1988, salah satu perusahaan gaming tengah duduk di puncak kesuksesan untuk pasar video game rumah yakni Nintendo. 8-bit Nintendo Entertainment System (NES) telah menguasai pasar selama bertahun-tahun, dan tetap unggul meskipun menghadapi pesaing dari Sega dan Atari. Dan dengan Super NES pada tahun 1990, nampak Nintendo sangat mustahil untuk digulingkan. Namun berbeda pada saat Sony mulai menjajah pasar dengan Sony PlayStation; faktanya, Sony merupakan mitra dari Nintendo sebelumnya.

Dengan pisahnya Sony dengan Nintendo, putus pula hubungan kerjasama di antara keduanya, dan keduanya mulai bersaing dengan game konsolnya masing-masing. Namun pasar berkata lain, ketika Sony menjadi raja game konsol hingga saat ini. Dan pada ulasan kali ini, Paseban akan merangkum tentang sejarah PlayStation dari versi pertama hingga terakhir yang saat ini sedang hangat diperbincangkan.

PlayStation

Setelah pisah dengan Nintendo, Sony mengalami beberapa kejadian: Sony bekerja sama dengan Philips untuk membuat game DVD pertama. Sony hampir mencapai kesepakatan untuk bekerja dengan Sega, namun ternyata harus mengulang kerja sama kembali dengan Nintendo. Dan Sony tidak pernah memproduksi lebih dari sekitar 200 konsol Play Station yang mana pada masa itu merupakan hasil formasi dari Sony Computer Entertainment (SCE) di Jepang pada bulan November 1993 dan Sony Computer Entertainment of America (SCEA) pada Mei 1994.

Pada saat itu era yang disebut generasi game konsol kelima telah tiba. Dimana telah hadir perangkat yang mampu mendukung file 32-bit, perangkat yang memiliki CD-ROM pada saat itu adalah 3D0 Atari dan Jaguar di tahun 1993. Akhirnya, para eksekutif Sony memberi lampu hijau untuk membangun penuh mesin PlayStation.

Di tahun 1994, mungkin menjadi titik balik terbesar ketika SCE memamerkan kemungkinan terciptanya permainan 3D dengan beberapa mitra yang berpotensial, seperti Electronic Arts dan Namco.

Persaingan yang sesungguhnya dimulai kemudian pada tahun 1994 ketika Sega Saturn dan Sony PlayStation memulai debutnya di Jepang dalam beberapa minggu. PlayStation tidak berhasil menembus pasar Amerika Utara hingga tahun berikutnya pada saat itu.

Namun tak lama, divisi SCE menjadi divisi yang paling sukses dari seluruh divisi Sony. Penjualan PlayStation di seluruh dunia dihentikan pada tahun 2005, yang mana berhasil mencatatkan 102 juta unit pada waktu 9.5 tahun. Dan pada tahun 2000, PlayStation mengalami re-design untuk portabilitas. Pada saat itu, Nintendo hanya mampu menjual sebesar  32.930.000. Bahkan kemudian Bill Gates, mengungkapkan kekagumannya untuk game konsol.

PlayStation 2 (PS2)

PlayStation dominan selama bertahun-tahun dan tidak menghadapi banyak kompetisi sampai generasi konsol keenam tiba. Masa itu tiba di Jepang pada tahun 1998 dengan Sega Dreamcast, konsol pertama untuk merangkul internet sebagai bagian dari game, bahkan ada browser Web yang terintegrasi, meskipun dengan koneksi melalui modem 56K. Keberhasilan Sega tampak menjanjikan setelah penjualan awal yang mencapai 500.000 unit hanya dalam waktu dua minggu pada awal penjualan di Amerika Serikat  pada bulan September 1999.

Sementara Dreamcast pasti melakukan banyak hal untuk mengembalikan reputasinya, ternyata itu tidak cukup, terutama ketika Sony mengumumkan  PlayStation 2 di Tokyo Game Show akhir bulan itu. Penjualan Dreamcast pada saat itu langsung terjun dan Sega menghentikan produksinya pada 30 Maret 2001. (Mesin Dreamcast yang diperbaharui terus dijual di Jepang hingga tahun 2007).

PlayStation 2 mencapai puncak keberhasilannya, dengan rekor penjualan 150 juta unit terjual hingga Februari 2011 – hanya mengambil waktu 10 tahun dan 11 bulan setelah rilis awal di Jepang pada tahun 2000.

Bukan berarti PS2 tidak memiliki beberapa masalah. Kesalahan dalam membaca cakram game telah banyak dikeluhkan oleh banyak pengguna. Tapi sebagai satus-satunya game konsol yang paling laris dan bisa memutar DVD, PS2 ini tetap laris manis diburu para penggemarnya.

PlayStation 3 (PS3)

Xbox 360 memimpin gelombang konsol game generasi ketujuh pada tahun 2005, dengan  jaringan Xbox Live untuk bermain online mendorong keuntungan besar Xbox tahun itu. PlayStation 3 yang diumumkan pada ajang  CES tahun 2005, tidak bisa segera diluncurkan baik di Jepang maupun di Amerika Utara hingga November 2006. Sony menghadapi masalah manufaktur pada saat itu, yang mana tidak bisa mendukung format Blu-Ray. Pada masanya, PS3 merupakan konsol pertama yang mendukungfull high-definition video pada resolusi 1080p.

Ketika menginjak pada harga, Sony PlayStation 3 membawa harga $499.99 untuk versi 20GB dan $599.99 untuk versi 60GB. Xbox 360 dan Nintendo Wii memiliki harga $100 lebih murah, meskipun memiliki kualitas grafis yang tidak sama.

Sama seperti PS2, PS3 juga memperkenalkan versi ramping dari mesinnya pada bulan Agustus 2009 dan tampak 33% lebih kecil yang beratnya sekitar 4,3 kilogram. Sony juga akhirnya meluncurkan game multiplayer online gratis dengan jaringan PlayStation Network yang mengumpulkan 90 juta pengguna pada awal 2012.

Pada bulan November 2013, PS3 telah terjual sebanyak 80 juta unit. Xbox 360 telah terjual dengan jumlah yang hampir sama. Lalu siapa pemenang nyata dari perang konsol game generasi ketujuh? Nintendo Wii, dengan 100 juta unit terjual di seluruh dunia.

PlayStation 4 (PS4)

Perang konsol game generasi kedelapan sudah berada di depan mata kita. Wikipedia mengatakan persaingan ini dimulai dengan dengan Nintendo Wii U dari tahun lalu, yang mana juga menandakan bahwa Nintendo mulai memimpin lagi seperti dahulu kala. Tapi semua mata tertuju pada dua raksasa: Xbox One dan PlayStation 4. Ini tidak mungkin 150 juta konsol akan pernah dijual seperti PS2, mengingat persaingan tidak hanya dari konsol, tetapi banjir handheld (seperti Sony PlayStation Vita sendiri) dan smartphone yang juga mendukung.

PS4 dan Xbox One memulai debut pertamanya di Amerika Utara dengan harga $399.99 dan $499.99. Keduanya menggunakan chip AMD untuk CPU dan grafis dan keduanya memiliki 500GB hard drive, Gigabit Ethernet dan Wi-Fi, dukungan video 4K, dan banyak lagi. Namun kedua konsol ini tidak mendukung game dari konsol game sebelumnya.

Akan sulit untuk menentukan mana dari kedua ini yang akan unggul untuk menarik perhatian para calon penggunanya ketika kedua perangkat ini memiliki fitur yang hampir sama mengesankannya. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel