1

Akhirnya Koneksi Internet Cepat 4G LTE Sudah Bisa Dinikmati di Indonesia

19 Nov 2013 08:00 17729 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Belum lama ini 4G LTE ramai dibicarakan oleh masyarakat, apa sebenarnya dan bagaimana pengaruhnya terhadap pertumbuhan dunia digital di Indonesia? Paseban akan memaparkannya dalam artikel ini.

Belum lama ini 4G LTE ramai dibicarakan oleh masyarakat, apa sebenarnya dan bagaimana pengaruhnya terhadap pertumbuhan dunia digital di Indonesia? Paseban akan memaparkannya dalam artikel ini.

Pengguna Internet di Indonesia Mencapai 126 juta Orang

Kebutuhan akan koneksi internet cepat memang sudah tidak bisa dilepaskan lagi dari kehidupan masyarakat Indonesia. Semakin tahun, pengguna koneksi internet cepat di Indonesia kian merambat naik dan menunjukkan hasil yang signifikan bahwa di masa yang akan datang pengguna internet di Indonesia akan makin merambat naik sejalan dengan makin banyaknya informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat kita. Kehadiran internet dan perangkat teknologi pendukung membuat sebagian besar orang-orang di dunia khususnya di Indonesia, bekerja lebih praktis, cepat tanpa mengenal jarak. Hal ini juga diimbangi dengan pertumbuhan internet dan penggunanya berkembang terus menerus.

Pada kuartal kedua tahun 2013 lalu, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) secara resmi telah menyatakan bahwa pengguna internet di Indonesia tidak hanya berjumlah 63 juta orang. Menurutnya, bila dilakukan survei dan perhitungan yang lebh detail, pengguna Internet di Indonesia sebenarnya sangat luar biasa, bahkan bisa mencapai dua kali lipat atau lebih.

Indonesia Aktif Menggunakan Sosial Media

Selain itu, berdasarkan data Telkomsel, pengguna Internet dari kalangan pengguna data operator itu saja sudah mencapai 50 juta pelanggan, belum jumlah pengguna operator lainnya. Indonesia merupakan negara yang paling aktif dalam mengakses situs jejaring sosial, ini terbukti dengan Indonesia menempati urutan keempat terbesar di dunia yang sering mengakses media jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter.          

Dengan kebutuhan masyarakat yang selalu terikat dengan internet, salah satu perusahaan telekomunikasi PT Internux memperkenalkan akses koneksi internet cepat 4G LTE (Long Term Evolution) di Indonesia guna memenuhi hasrat masyarakat Indonesia yang ingin menikmati akses internet kencang.

Tentang Koneksi Internet Cepat 4G LTE

Kehadiran 4G LTE ini tentu disambut baik oleh masyarakat Indonesia memang karena koneksi internet cepat ini sudah dinantikan kehadirannya di tanah air. Penerapan koneksi intenret cepat 4G LTE ini juga telah diamini oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) sendiri.

PT Internux sebagai pembawa koneksi internet cepat 4G LTE di Indonesia memperkenalkan perangkatnya yang bernama BOLT! sebagai perangkat yang membawa koneksi internet cepat di Indonesia yang diklaim mampu membawa kecepatan internet 10 kali lebih cepat dari internet biasa yang sudah ada di Indonesia.

BOLT! sendiri dikabarkan akan membawa akses internet dengan kecepatan hingga 75 Mbps. Untuk menyediakan koneksi internet cepat ini, PT Internux sudah menanamkan investasi sebesar 550 juta dollar AS atau sekitar Rp 6,3 triliun, untuk menyewa menara BTS hingga menyediakan perangkat mobile wi-fi di pasar.

Chief Technology Officer Internux Devid Gubiani mengatakan, jaringan 4G LTE Internux berjalan di pita frekuensi 2,3 GHz dengan menerapkan teknologi time division duplex long term evolution (TDD LTE). Di frekuensi tersebut, Internux menggunakan lebar pita 15 GHz untuk menggelar 4G LTE.

Ketersediaan Koneksi 4G LTE

Jaringan internet yang dibawa oleh PT Internux saat ini masih mencakup wilayah Jabodetabek saja yang pada tahap awalnya masih menggunakan 1.500 menara BTS untuk menghantarkan koneksi intetnet 4G dan target yang ingin dicapainya akan mencakup 3.500 menara BTS pada tahun 2015.

Untuk paket yang ditawarkannya, PT Internux saat ini adalah paket prabayar Thunder Bolt yang dibanderol dengan harga Rp299 ribu dengan perincian  Rp25 ribu untuk kuota 8GB ditambah pembelian mobileWi-Fi 4G seharga Rp274 ribu. Dengan harga tersebut, para pengguna akan menapatkan paket kuota sebesar 8GB serta Chief Technology Officer Internux Devid Gubiani mengatakan, jaringan 4G LTE Internux berjalan di pita frekuensi 2,3 GHz dengan menerapkan teknologi time division duplex long term evolution (TDD LTE). Di frekuensi tersebut, Internux menggunakan lebar pita 15 GHz untuk menggelar 4G LTE. Agar memudahkan para konsumen untuk membeli perangkatnya, PT Internux menjalin kerjasama dengan Oke Shop, Sentra Ponsel, Erafone, Wellcomm dan Pazia serta BOLT! berencana untuk mengekspansi toko ponsel untuk makin memudahkan para calon penggunanya untuk menggunakan jasa koneksi internet cepatnya.

Paket internet ini bisa Anda gunakan untuk konektivitas laptop dan smartphone dan bahkan mampu melayani hingga delapan perangkat dalam satu waktu.

Pada saat tulisan ini ditulis, sejauh ini koneksi internet cepat 4G LTE ini belum bisa digunakan. Bahkan ketika Anda mengunjungi situs resmi mereka di http://www.boltsuper4g.com/ Anda akan disambut dengan pesan "Under Construction." Padahal aktivasi untuk paket internet ini dilakukan pada situs resmi mereka.

Setidaknya kita sudah menerima kabar baik tentang hadirnya koneksi internet cepat 4G di tanah air. Dan untuk Anda yang berada di luar jangkauan Jabodetabek, harus menunggu dengan sabar untuk mendapatkan jangkauan koneksi ini. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel