1

Tablet VS Laptop, Perangkat Mana yang Terbaik untuk Produktivitas?

15 Nov 2013 14:00 21930 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tablet yang hebat seperti iPad Air Apple atau Samsung Galaxy Note 10.1 memiliki biaya yang hampir sama dengan anggaran laptop saat ini. Namun bagaimana jika laptop dengan harga murah dibandingkan dengan tablet mahal berdasarkan kinerjanya sehari-hari? 

Tablet yang hebat seperti iPad Air Apple atau Samsung Galaxy Note 10.1 memiliki biaya yang hampir sama dengan anggaran laptop saat ini. Namun bagaimana jika laptop dengan harga murah dibandingkan dengan tablet mahal berdasarkan kinerjanya sehari-hari? Haruskah Anda membeli tablet high-end atau laptop dengan harga murah untuk melakukan pekerjaan sehari-hari Anda? Berikut ulasan Paseban Tablet VS Laptop.

Email

Email saat ini adalah salah satu komponen terpenting dari pekerjaan sehari-hari, ada sedikit perbandingan tablet VS laptop. Pada PC Windows, Anda memiliki banyak klien email seperti Thunderbird dan Outlook yang akan memenuhi setiap kebutuhan email, belum lagi klien berbasis web seperti Gmail. Pada Android dan iOS, tidak ada kekurangan yang berarti, klien email juga bekerja dengan baik.

Perbedaannya, push notification pada tablet selalu mengingatkan Anda jika ada email yang baru masuk, yang sangat baik jika Anda ingin selalu update. Keuntungannya adalah mampu memeriksa pesan dengan cepat, tanpa perlu membuka tutup laptop atau menunggu PC untuk boot.

Pengguna email yang intens akan mendapat manfaat dari menggunakan laptop, terutama jika Anda bergantung pada banyak ekstensi yang tersedia untuk Gmail di Chrome dan Firefox, serta Thunderbird.

Menulis (Mengetik)

Secara default, tablet memiliki keyboard on-screen virtual, sedangkan laptop memiliki keyboard fisik, sehingga tidaklah mengejutkan jika laptop memenangkan bagian ini. Tapi bagaimana dengan tablet seperti ASUS Transformer atau HP SlateBook x2, yang memiliki dock keyboard?

Pengalaman menulis pada perangkat ini cukup baik jika Anda menggunakan aplikasi yang sebanding. Misalnya, jika Anda menggunakan Google Docs pada laptop dan Google Docs pada tablet, maka tidak ada perbedaan antara keduanya (terutama jika Anda beralih ke versi desktop di tablet).

Work Suite

Ketika mengetik pada umumnya berjalan dengan baik pada tablet dan laptop, kekurangan dari Microsoft Word membuat beberapa hal sedikit rumit. Namun Microsoft Office tetap menjadi office suite yang terbaik. Memang, tidak ada office suite pada Android atau iOS yang cocok dengan Microsoft.

Microsoft Office begitu penuh dengan fitur yang berbeda, dan bekerja dengan begitu baik dengan semua format file, dan tidak diragukan lagi untuk memilih laptop daripada tablet. Ada pengolah kata yang bagus untuk sistem operasi tablet, namun jika sebagian besar pekerjaan Anda melibatkan PowerPoint atau Excel, maka tidak ada penawaran yang cocok selain MS Office.

Mengedit Gambar

Yang perlu Anda lakukan adalah menjalankan Adobe Photoshop di laptop dan tablet di samping satu sama lain untuk melihat keterbatasan aplikasi pengedit gambar pada tablet. Gunakan Aviary, Photoshop Touch, Snapseed atau aplikasi lain yang Anda inginkan, mereka tidak akan cocok dengan program desktop, dan ada banyak editor gambar lainnya yang dapat Anda gunakan.

Aplikasi tablet cukup baik untuk tugas-tugas yang dasar, seperti memotong foto atau menerapkan touch-up dasar, tetapi Anda tidak akan dapat menggunakannya untuk mengedit gambar yang serius.

Portabilitas

Laptop yang terjangkau biasanya dibanderol sekitar $500 atau $600, dan Anda tidak akan mendapatkan laptop yang ramping dan ringan dengan harga tersebut. Bahkan jika Anda mempertimbangkan memilih netbook, itu tidak akan cukup baik untuk melakukan pekerjaan Anda. Secara umum, laptop dengan harga murah memang berat dan besar, sehingga akan sulit membawanya kemana-mana. Di sisi lain, tablet lebih ringan dan portabel.

Daya Baterai

Anda biasanya tidak menemukan daya baterai yang baik pada laptop harga murah. Rata-rata, Anda dapat mengharapkan antara 4 jam hingga maksimal 5,5 jam masa pakai baterai.

Ini kebalikan untuk tablet high-end. iPad Air baru memiliki daya baterai yang bagus sekitar 10 jam, dan jika Anda mempertimbangkan tablet dengan HP SlateBook x2, mereka berlangsung antara 14 dan 16 jam untuk sekali pengisian.

Aplikasi Profesional

Tablet tidak begitu baik untuk melakukan tugas profesional seperti mengedit video, gambar, mendesain website, coding, dan sebagainya. Sementara Anda bisa melakukannya di laptop.

Mana yang Akan Anda Pilih?

Walaupun laptop lebih unggul, namun semuanya tergantung kebutuhan Anda. Terutama jika Anda menggunakan email, menginginkan perangkat yang dapat Anda bawa dengan mudah dan dapat bertahan sepanjang hari, tablet menjadi pilihan yang lebih daripada laptop. Bagi kebanyakan kebutuhan lain, laptop adalah pilihan yang lebih baik. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel