1

4 Google Chrome Extension yang Memberikan Anda Keamanan dalam Berselancar

14 Sep 2012 13:00 3179 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tidak diragukan lagi bahwa Google Chrome merupakan browser yang paling cepat dan teraman saat ini. Namun tidak ada salahnya Anda memperkuat sistem keamanan pada Google Chrome menggunakan beberapa Google Chrome Extension yang mampu menambah ketat sistem keamanan Anda.

Tidak diragukan lagi bahwa Google Chrome merupakan browser yang paling cepat dan teraman saat ini. Namun tidak ada salahnya Anda memperkuat sistem keamanan pada Google Chrome menggunakan beberapa Google Chrome Extension yang mampu menambah ketat sistem keamanan Anda. Dari banyaknya ekstensi Google Chrome yang disediakan, ada beberapa eksistensi yang mana mampu menambah dinding keamanan Chrome Anda.

Seperti empat Google Chrome Extension berikut ini yang dapat Anda gunakan untuk memperkuat sistem keamanan Anda dalam berselancar di dunia maya.

WOT

WOT merupakan sebuah alat keamanan yang mampu mengamankan aktifitas berselancar Anda. Tool ini berbeda dengan tool yang lainnya, eksistensi ini memberikan Anda rating keamanan dengan enam warna yang berbeda layaknya lampu traffic light. Jika suatu halaman yang Anda kunjungi memiliki warna hijau, maka halaman yang Anda kunjungi tersebut aman, jika kuning, maka cukup berbahaya, dan merah, maka halaman yang Anda kunjungi sangat berbahaya untuk keamanan.

Rating yang diberikan ini merupakan hasil penilaian secara global yang diberikan oleh para pengguna yang berpengalaman dan juga didasarkan pada hasil pengalamannya. WOT juga memberikan reputasi untuk hasil pencarian bila Anda menggunakan Google, Yahoo!, Bing, Wikipedia dan situs populer lainnya yang akan membantu Anda melindungi komputer dan informasi lainnya seperti Google Mail, Yahoo! Mail dan Hotmail Anda dari serangan malware. Setelah menginstal eksistensi ini, Anda akan mendapatkan lingkaran warna yang berada pada susdut kanan atas browser Anda. Untuk mendapatkan eksistensi ini, Anda bisa mendapatkannya di sini.

View Thru

Kita semua tahu bahwa dewasa ini banyak link pendek yang bertebaran di dunia maya setelah diperkenalkannya URL Link di dunia internet. Hal ini memiliki sisi positif yang dapat mempersingkat sebuah link dan juga memiliki sisi negatif yang mana kita tidak tahu apa yang berada dibalik link tersebut, apakah berisi link jahat atau link yang aman untuk Anda kunjungi.

Maka untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa menggunakan eksistensi Chrome satu ini yang bernama View Thru. Eksistensi ini akan memperluas atau menjabarkan link yang berada pada URL yang akan Anda kunjungi. Jadi Anda bisa mengetahui destinasi halaman yang akan dikunjungi, apakah aman atau tidak eksistensi ini mendukung URL pendek dari bit.ly, cli.gs, ff.im, goo.gl, is.gd, nyti.ms, ow.ly, post.ly, su.pr dan tinyurl.com. Eksistensi ini wajib Anda miliki untuk mengamankan sistem kemanan pada sistem Anda. Kita tidak tahu apa yang dibawa oleh link pendek yang disuguhkan kepada kita. Untuk mendapatkan eksistensi ini Anda bisa mengunduhnya di sini.

McAfee Site Advisor

Jika Anda tidak terlalu yakin dengan eksistensi WOT dan tidak terlalu yakin dengan rating-nya, Anda mungkin harus menggunakan eksistensi McAffe Site Advisor. Eksistensi ini berbasis pada antivirus McAffe yang mana akan memberikan Anda peringatan tentang rating halaman yang dikunjungi. Tidak seperti WOT, Site Advisor tidak akan menampilkan peringkat atau rating pada semua link yang terdapat pada halaman yang Anda kunjungi dan hanya akan mencegah ke situs yang tidak terpercaya.

Jika Anda tidak memilih untuk memuat atau mengeksplor URL pendek, maka akan secara otomatis diarahkan kembali ke Site Advisor, di mana Anda dapat melihat rincian lengkap tentang website yang dikunjungi. Eksistensi ini bisa menjadi alternatif lainnya untuk mengamankan sistem Anda dari sistem jahat lainnya. Anda bisa mendapatkan eksistensi di sini.

FlashBlock

Eksistensi ini akan memblokir secara otomatis konten flash terhadap website yang Anda kunjungi. Jika Anda membutuhkan flash, maka Anda bisa membuat daftar putih dari website yang Anda izinkan untuk melakukan akses flash melalui panel konfigurasi. Setiap elemen flash digantikan dengan placeholder yang memungkinkan Anda untuk hanya memuat elemen yang dipilih pada halaman tertentu. Eksistensi ini juga membantu dengan menurunkan penggunaan memori, mengurangi siklus CPU dan dapat digunakan sebagai alternatif untuk AdBlock. Eksistensi ini bekerja sepenuhnya secara lokal, dan tidak membaca, menggunakan, memuat atau mengirim data apapun, sehingga menjamin privasi penggunaan dan keamanan. Untuk mendapatkan eksistensi ini, Anda bisa mengunjungi link ini. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel