Kisah Pengusaha Sukses William Tanuwijaya, Ingin Membangun Indonesia Lebih baik

2 Jun 2013 15:00 24981 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ia memulai karirnya saat kuliah sebagai pekerja. Saat itu ia magang sebagai seorang penjaga warnet. Alasannya karena William ingin internetan gratis. Karena seringnya bekerja sebagai operator, ia seringkali bolos kuliah. Namun tahun pada tahun 2013, William akhirnya lulus kuliah.
Kisah pengusaha sukses yang akan dibahas kali ini adalah William Tanuwijaya.  Sosok William dikenal sebagai co-founder  dari situs jual beli yang sedang populer,  tokopedia.  Bersama kawannya, Leontinus Alpha Edison, tokopedia menjadi  sebuah online marketplace.yang kini tumbuh besar.  Pengguna situs ini pun sudah mencapai ribuan dengan total transaksi  mencapai miliaran rupiah per tahunnya.
 
Kisah pengusaha sukses seorang William Tanuwijaya dimulai saat ia masih kuliah. Saat itu ia duduk di bangku kuliah Bina Nusantara pada tahun 1999. Ia memulai karirnya saat kuliah  sebagai pekerja. Saat itu ia magang sebagai seorang penjaga warnet. Alasannya karena William ingin internetan gratis. Karena seringnya bekerja sebagai operator, ia seringkali bolos kuliah. Namun tahun pada tahun 2013, William akhirnya lulus kuliah.
 
Kisah William Tanuwijaya  memang tidak serumit kisah pengusaha sukses lainnya. Tapi sebelum menjadi seperti sekarang, dia pun merangkak terlebih dulu sebagai pekerja. Setelah lulus kuliah, William  bekerja sebagai game developer di PT Boleh Net Indonesia. Setelah itu karirnya berlanjut ketika  ia menjadi software developer di beberapa perusahaan ternama di Jakarta. Sekitar tahun 2007-2008, William pernah menjadi super moderator di situs forum kafegaul yang menginspirasinya untuk membuat sebuah situs jual beli online. 
 
Awal Berdirinya Tokopedia 
 
Kisah pengusaha sukses ini ternyata cukup menarik karena toko yang ia bangun berasal dari perenungan dan kejadian yang ada di sekitarnya. Ceritanya saat itu William berpikir tentang banyaknya kasus penipuan  jual beli yang terjadi  di forum tersebut. Ia ingin sekali  membantu  orang yang tertipu tersebut, namun ia tidak dapat melakukan apa-apa. Terlintas di kepala William bahwa pembeli harus percaya kepada situs penyedianya. Situs penyedialah yang bertanggung jawab jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Kisah pengusaha sukses ini ternyata cukup menarik karena toko yang ia bangun berasal dari perenungan dan kejadian yang ada di sekitarnya.Akhirnya pada tahun 2009, William bersama temannya Leontinus Alpha Edison mendirikan situs tokopedia. Situs yang didirikan pada tangal 6 Februari 2009 tersebut mulai dibuka ke publik pada 17 Agustus 2009, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia Raya.
 
Kisah William Tanuwijaya tergolong kisah orang sukses yang perjalanan bisnisnya cukup lancar. Awal berdiri, tokopedia sudah mendapatkan investor. Pada tahun yang sama pula, tokopedia mendapatkan penghargaan dari Bubu Awards v.06  sebagai perusahaan e-commerce terbaik. Sebuah pencapaian yang bagus  untuk sebuah situs yang pada tahun pertamanya. 
 
Setelah penghargaan tersebut, tokopedia menjadi semakin terkenal. William dan Leon pun menjadi bahan perbincangan para pengguna internet. Kisah pengusaha sukses bernama William Tanuwijaya ini mungkin terdengar biasa dan jalan hidupnya terlalu mudah untuk mencapai kesuksesan. Jangan salah duga dulu,  di balik kesuksesan tokopedia, selalu ada hambatan dan cobaan, contohnya banyaknya  orang yang pesimi terhadap mereka. Memang ada yang terus mendukung tokopedia tetapi tidak sedikit yang menyindir mereka. Beberapa orang beranggapan bahwa meskipun situs ini telah mendapatkan  penghargaan, satu atau dua tahun situs tokopedia akan punah. Tentu saja  pendapat orang-orang tersebut  salah besar. Tokopedia tetap hidup sampai sekarang. William dan Leon  pun mulai dikenal sebagai pengusaha startup yang cukup sukses.
 
Baca juga :
               8 Perusahaan Siap Membeli Yahoo!
               Lima Rekomendasi Laptop Intel Core i5 Enam Jutaan
 
 
Semakin Populer 
 
William dan Leon kini terus membuat tokopedia lebih baik. Kerja keras mereka pada akhirnya membawa mereka terus bergerak maju di dunia startup. Hasilnya adalah prestasi pada tahun 2013 ini. Pada 11 April 2013 lalu, tokopedia menempati posisi ke-54 sebagai situs yang paling banyak dikunjungi orang Indonesia. Data tersebut dirilis oleh  Alexa, situs penyedia informasi internet yang cukup kredibel. Alexa juga merilis bahwa posisi tokopedia berada di atas situs transaksi online asing lainnya seperti qoo10  yang berada di posisi 299 dan rakuten  yang berada jauh di posisi 577. Sebuah prestasi yang cukup membanggakan untuk sebuah situs marketplace yang  sudah memasuki tahun keempatnya pada tahun 2013 ini.   Prestasi pun patut diacungkan kepada William dan leon kisahnya merupakan  kisah pengusaha sukses yang inspiratif
 
Kisah pengusaha sukses bernama William Tanuwijaya ini benar-benar menarik. Kisahnya bersama tokopedia yang telah ia bangun bersama rekannya sungguh menarik dan memberikan banyak pelajaran penting. Tidak ada yang tidak mungkin untuk seseorang yang meu berusaha dan mau berdedikasi.  Pria yang hobi membaca buku dan nonton ini pun memiliki cita-cita agar tokopedia bisa terus bertahan dan berkontribusi dalam membangun Indonesia kedepannya. [HMN]
Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel