Cara Membuat Baterai Android Menjadi Hemat

1 Jun 2012 13:00 9492 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Seperti yang kita ketahui, bahwa konsumsi baterai di Android memang terkenal boros. Apalagi jika para pengguna terus mengaktifkan koneksi data internet dan penggunaan aplikasi yang terus menerus akan menambah daya tahan baterai pada Android menjadi menurun dan tentunya akan cepat habis yang belum lagi juga melakukan update software setiap ...

Seperti yang kita ketahui, bahwa konsumsi baterai di Android memang terkenal boros. Apalagi jika para pengguna terus mengaktifkan koneksi data internet dan penggunaan aplikasi yang terus menerus akan menambah daya tahan baterai pada Android menjadi menurun dan tentunya akan cepat habis yang belum lagi juga melakukan update software setiap waktu Pemanfaatan saranan konektivitas serta kegiatan streaming pun turut andil menyedot daya tahan dari baterai Android itu sendiri.

Selain menggunakan aplikasi untuk menghemat baterai pada Android Anda, sebaiknya Anda juga pintar-pintar untuk memanajemen penggunaan baterai Android Anda agar Android Anda dapat bertahan lebih lama. Pada rubrik ini, Plimbi akan memberikan tips bagaimana cara membuat baterai Android menjadi lebih hemat dalam penggunaannya dan tidak cepat habis, berikut ini tips sederhananya:

GPS

Cara membuat baterai Android Anda menjadi hemat adalah manfaatkan fitur GPS yang tertanam pada ponsel Anda ketika Anda benar-benar membutuhkannya. Pasalnya fitur ini menyedot resource baterai yang cukup besar. Karena GPS akan terus berusaha terkoneksi dengan satelit melalui internet yang itu artinya Anda harus selalu terkoneksi dengan internet setiap waktu. Untuk mengetahui apakah fitur GPS Anda aktif atau tidak, Anda bisa melihat statusnya di bar notifikasi yang bisa Anda temukan dengan hanya Anda tinggal menarik saja layar Android Anda ke bawah. Untuk pengaturannya sendiri, Anda tinggal masuk ke dalam menu Settings > Location and Security > My Location.

Bluetooth

Salah satu cara membuat baterai Android Anda menjadi boros adalah akibat Anda lupa mematikan fitur Bluetooth pada ponsel Anda. Karena fitur Bluetooth juga turut andil dalam menyedot daya tahan baterai Anda. Jika Anda sudah tidak menggunakan fitur ini Anda bisa menonaktifkan Bluetooth ini pada menu Settings > Wireless and network settings > Bluetooth settings > Bluetooth.

WiFi

Konektifitas WiFi pun mempengaruhi kinerja daya tahan baterai Anda, jika Anda tidak menggunakan WiFi, sebaiknya Anda mematikan fitur ini sebagai salah satu cara membuat baterai Anda menjadi lebih hemat penggunaannya. Atau jika Anda tetap ingin menggunakannya, Anda bisa melakukan sedikit pengaturan dengan cara masuk ke menu Settings > Wireless and network settings > Wi-Fi settings, tap pada tombol Menu > Advanced > Wi-Fi sleep policy > Never.

Mobile Network

Selain bakal terus menerus terkoneksi dengan data internet, yang tentunya juga akan menguras pulsa, mengaktifkan fitur ini juga akan menyedot daya tahan baterai Anda. Untuk melakukan pengaturan fitur ini Anda bisa masuk ke dalam menu Settings > Wireless and network setting > Mobile networks > Enable always on mobile data.

Screen Timeout

Selain beberapa fitur yang menggunakan konektivitas internet, tampilan pada homescreen ponsel Anda juga mempengaruhi daya tahan dari baterai Anda. Untuk itu, cara membuat baterai Android Anda menjadi hemat lakukan sedikit pengaturan seperti berikut ini: masuk ke dalam menu Settings > Display > Screen timeout. Untuk rekomendasi maka Anda bisa memilih 30 detik untuk penggunaan screen timeout.

Screen Brightness

Atur juga tingkat kecerahan pada layar Anda yang dimana secara tidak langsung kecerahan cahaya ini juga mempengaruhi daya tahan baterai Anda. Agar tidak terlalu menyedot daya tahan baterai terlalu berlebihan, Anda bisa mengaturnya dengan masuk ke dalam Settings > Display > Brightness.

Wallpaper

Tidak hanya tingkat kecerahan pada layar saja, wallpaper juga mempengaruhi daya tahan baterai Anda. Untuk rekomendasi sebaiknya Anda menggunakan wallpaper biasa bukan yang bersifat Live Wallpaper. Untuk melakukan pengaturan ini, tekan menu di modus homescreen > wallpaper. Di beberapa ponsel pengaturan seperti ini berbeda.

Update

Menu ini sejatinya membantu Anda untuk memantau beragam fasilitas maupun fitur, termasuk notifikasi penting lain. Namun, ada baiknya lakukan pengaturan secara periodik. Masuk ke menu Settings > Account & Sync.

Demikian tadi ulasan bagaimana cara membuat baterai Android Anda agar menjadi hemat dalam penggunaannya. Semoga tips sederhana ini dapat membantu Anda. Selamat mencoba!

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel