Bagaimana Cara Memperkuat Sinyal Modem GSM/CDMA

25 May 2012 12:30 30604 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Akses internet menggunakan jaringan kabel fibre optic memang serasa stabil kinerjanya. Karena memang kabel tidak terpengaruh dengan berbagai kendala yang mengganggu transmisi seperti cuaca, ketinggian, rintangan gunung, gedung, pepohonan, dan sebagainya. Namun, yang akan dibahas pada artikel Plimbi kali ini bukan membahas koneksi kabel fixed, tetapi ...

Akses internet menggunakan jaringan kabel fibre optic memang serasa stabil kinerjanya. Karena memang kabel tidak terpengaruh dengan berbagai kendala yang mengganggu transmisi seperti cuaca, ketinggian, rintangan gunung, gedung, pepohonan, dan sebagainya.

Namun, yang akan dibahas pada artikel Plimbi kali ini bukan membahas koneksi kabel fixed, tetapi lebih menjelaskan cara memperkuat sinyal modem GSM/CDMA yang lebih banyak digunakan pengguna karena lebih praktis, tidak ribet, serta kemudahan berpindah-pindah akses internet di mana saja selama masih berada di area jaringan operator GSM/CDMA.

Terkadang masalah yang timbul sering kali terjadi dikeluhkan pengguna internet mobile yakni susahnya sinyal atau lambatnya koneksi internet. Plimbi akan mengupas hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dan dilakukan.

Perhatikan sebelum Anda melakukan cara memperkuat sinyal, bila diabaikan akan percuma hasil yang diharapkan:

  • Lokasi jaringan GSM/CDMA harus bagus minimal sudah tercakup sinyal 3G/UMTS, sebab level 3G ini memang jadi tujuan trik kali ini hingga penguatan sinyal sempurna menjadi full bar atau naik status sinyal menjadi HSDPA/HSUPA, percuma jika sudah memperkuat sinyal ternyata hasil maksimalnya EDGE.
  • Halangan sinyal seperti gedung, pohon, dan sebagainya. Pastikan lokasi Anda berada bebas dari rintangan tersebut.
  • Spesifikasi perangkat komputer dan modem, semakin canggih spesifikasi komputer dan modem Anda, pasti dijamin cara memperkuat sinyal akan semakin mudah dicapai.

Sekarang setelah poin-poin diatas diperhatikan, saatnya Anda melakukan hal-hal penting untuk memperkuat sinyal modem GSM/CDMA. Ada beberapa model memperkuat sinyal yang bisa Anda pilih.

ANTENA Coil/ Induktansi

Prinsip yang diterapkan sebenarnya memperkuat arus yang lewat berupa elektromagnetik, karena sinyal cdma/gsm itu adalah sinyal elektromagnetik yang dipancarkan dengan kecepatan super cepat. Semakin dekat jarak antar transmitter dan receiver semakin kuat medan elekteromagnetik yang ditangkap.

koil

Caranya cukup buat lilitan dari kawat tembaga diameter 2-3mm, lilitkan pada media koneksi sebanyak 4-5 lilitan kemudian ujung satunya biarkan menjulang ke atas kira-kira 10-20cm.

ANTENA Telescopic

Banyak orang menyebut antena pecut (cambuk). Karena dari sisi bentuk mirip semacam cambuk dengan panjang. 100-150cm. Hampir sama dengan antena coil tetapi lebih diperkuat dengan lilitan yang diperhitungkan sesuai rumus medan elektromagnetik frekuensi GSM/CDMA.

eleskopic

Tersedia beragam pilihan di pasaran mulai panjang 50-150cm penguatan mulai sebesar 10-25dB dengan bentang kabel sepanjang 15 meter. Antenna ini bisa ditempatkan indoor atau outdoor sesuai kebutuhan.

ANTENA Yagi

Professor Yagi berasal dari negara sakura Jepang, menemukan rumusan untuk memperkuat sinyal yang terbukti efektif sekali. Antena yagi banyak digunakan pesawat televisi dan radio komunikasi antar penduduk. Penguatan sinyal menggunakan antena Yagi sangat baik sekali hingga maksimal mencapai 25dB. Semakin panjang boom dan semakin banyak direction akan semakin baik penangkapan sinyal.

yagi

Harga yang tersedia untuk antena yagi masih dibilang mahal ketimbang jenis antena penguat sinyal lainnya. Antena Yagi sanggup menagkap sinyal 10-30Km tergantung spesifikasi antena yagi yang dibuat. Pasang pada ketinggian di luar rumah, jauhkan dari rintangan agar tidak mengganggu sinyal, hadapkan arah antena pada BTS yang terdekat.

ANTENA Kaleng

Kaleng susu ukuran 1kg atau kaleng bulat bekas kue asal diameternya tidak kurang dari 10cm, bisa dijadikan alternatif cara memperkuat sinyal.

kaleng

Cara membuatnya pun terbilang mudah, bahan material: kaleng diameter 10cm panjang 10-15cm, cutter besar, kabel antena. Lubangi bagian sisi kaleng sebesar modemnya berjarak 5cm dari dasar kaleng, sambungkan dengan kabel USB sebagai penghubung ke komputer desktop jangan sampai lebih dari 5 meter.

ANTENA Obat Nyamuk

Terdengar cukup aneh memang. Tapi ini ampuh terbukti untuk cara memperkuat sinyal modem GSM/CDMA. Peralatan yang disediakan juga mudah ditemukan, yaitu botol semprot anti nyamuk dan kepingan cakram (CD) bekas.

nyamuk

Caranya letakkan modem di atas CD bekas dengan sisi transparan menghadap ke atas, dekatkan tabung semprot obat nyamuk, cara memperkuat sinyal ini terbukti bisa menaikkan 2 bar sinyal. [TR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel