Tips Merawat Handphone: Langkah Membersihkan Debu yang Menempel Pada Ponsel

2 May 2013 17:00 37619 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Simak beberapa tips merawat handphone berikut, terutama langkah sederhana namun aman saat membersihkan ponsel

Sebagai sebuah kebutuhan utama, ponsel perlu dijaga dan dirawat. Seperti orang tua yang menyayangi anaknya, ponsel pun membutuhkan “kasih sayang”. Tidak hanya digunakan untuk komunikasi ataupun menggunakan aplikasi, ponsel pun perlu dijaga agar daya tahannya dapat lebih panjang. Apalagi kini ponsel selalu dibawa-bawa kemana-mana. Mobilitasnya yang tinggi karena selalu ada dalam genggaman membuat kita kadang lupa jika ponsel rentan terkena debu. Sayang kan ponsel pintar Anda tidak optimal hanya karena debu? Untuk itu kali ini akan dibahas tips merawat handphone agar perangkat ponsel Anda bebas dari debui.

Tips merawat handphone kali ini akan sangat berguna karena menurut beberapa penelitian, debu atau kotoran dapat merusak perangkat smartphone. Debu yang masuk ke bagian dalam ponsel ataupun melekat pada bagian luar ternyata tidak hanya mengganggu tampilan ponsel tapi ada kemungkiknan berakibat rusak atau error. Untuk itu tips merawat handphone berikut akan bermanfaat dan membuat Anda lebih menjaga gadget kesayangan Anda.

Pembersihan Bagian Luar

Tips merawat handphone agar bersih dari debu dapat dimulai dengan cara membersihkannya. Jika ponsel Anda sudah terkena debu, usahakan terlebih dahulu untuk membersihkan bagian-bagian luaran. Jangan dulu langsung membersihkan pada bagian yang sulit dijangkau! Bagian tersebut dapat dilakukan belakangan. Untuk membersihkan bagian-bagian yang dijangkau ini, dapat digunakan sejenis handuk ataupun kain yang bertekstur lembut. Kain tersebut sebaiknya mempunyai kelembaban yang cukup.

Penggunaan tissue basah pun diperbolehkan. Sebaiknya gunakan tisssue basah yang sudah dilumuri antibakteri yang sudah hampir kering. Hal ini akan sangat bermanfaat karena bakteri dan virus yang menempel di handphone akan terbunuh. Bakteri dan virus yang menempel di ponsel tidak akan disadari dari mana datangnya dan kapan berkembangbiaknya. Untuk itu perawatan pada tahap ini sangat penting dilakukan. Untuk yang ingin kebersihan sempurna pada bagian luar ponselnya, dapat digunakan gel yang memiliki tekstur basah. Alat ini banyak dijual di toko aksesoris komputer dengan pelbagai macam merek.

Pembersihan Bagian Dalam

Langkah kedua tips merawat handphone agar debu dan kotoran hilang adalah dengan pembersihan bagian yang sulit dijangkau. Sama dengan pada pembersihan pada langkah pertama, pembersihan bagian ini juga menggunakan atau tissue basah. Berhubung pembersihan ini dilakukan pada bagian dalam ponsel, sebaiknya hal pertama yang perlu dilakukan tentu membuka casing handphone terlebih dahulu.

Pembersihan pada bagian tersembunyi sebaiknya menggunakan penyedot debu yang berukuran kecil ataupun dapat memanfaatkan alat bantu lain yang sejenis. Lubang speaker, lubang charger, lubang earphone, serta sudut-sudut sempit lainnya dapat dilakukan dengan alat pembersih seperti lidi ataupun tusuk gigi. Untuk hasil lebih baik dapat digunakan sikat gigi kecil untuk membersihkan bagian-bagian yang memiliki sudut-sudut rumit. Penggunaan alat-alat bantu tersebut merupakan saran utama yang seharusnya dilakukan. Tips merawat handphone pada langkah ini akan sangat menjaga kestabilan komponen-komponen hardware di dalamnya.

 

Baca juga : 

                Cara Merawat Handphone dan Tablet Agar Terhindar Dari Goresan

                Mengulik perbedaan Iphone SE (Spesial Edition) dan Iphone 5S

 

Pembersihan Debu Yang Menempel

Tips merawat handphone dari debu dan kotoran pada langkah berikutnya adalah membersihkan kotoran yang menempel kuat pada ponsel. Cara pembersihan debu yang merekat kuat pada perangkat ini digunakan alat bantu semacam selotip. Pergunakanlah isolatip bening untuk menganggkat debu-debu tersebut. Keunggulan dari isolatif bening adalah cara kerjanya yang dapat merekatkan kotoran dan debu yang menempel di bagian-bagian ponsel. Ketika ditarik, kotoran dan debu akan ikut menempel pada selotif dan kotoran pun terlepas dari ponsel.

Alat penyedot debu dengan koneksi usb pun dapat dipergunakan untuk menmbersihkan kotoran atau debu semacam ini. Vacuum cleaner berukuran kecil tersebut dapat diperoleh di toko-toko komputer terdekat. Tips merawat handphone pada langkah menggunakan penyedot debu, sebaiknya dilakukan sembari dikorek-korek menggunakan kuas kecil atau alat bantu lainnya lagi. Hal ini dilakukan agar kotoran atau debu lebih cepat terlepas sehingga mudah masuk ke dalam penyedot debu.

Selain itu ada pula alat yang disebut dengan Blower. Alat ini berfungsi untuk menghilangkan debu dengan cara mengeluarkan angin yang cukup kuat. Tips merawat handphone dengan menggunakan blower, sangat disarankan untuk menghilangkan debu-debu pada lubang atau slot tertentu pada sebuah ponsel. Bagian lubang atau slot yang dimaksud yaitu slot kartu sim, slot charger, slot headphone dan slot kartu memori (memory card). Blower pun dapat digunakan untuk pembersihan baterai ponsel Anda.

Rata-rata pembersihan debu pada ponsel banyak menggunakan alat-alat sederhana dan murah. Untuk itu tidak ada alasan perangkat ponsel Anda tidak dibersihkan. Apalagi bagi Anda dengan mobilitas sangat tinggi. Luangkan waktu sejenak dan bersihkan ponsel Anda sesuai tips merawat handphone yang dijelaskan pada artikel ini. [BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel