Teknologi Canggih Near Field Communication Ubah Smartphone Menjadi Alat Pengontrol Akses di Masa Depan

20 Mar 2012 18:30 3250 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Era Teknologi Canggih NFC atau Near Field Communication sudah seringkali diaplikasikan sebagai alat untuk komunikasi data, baik itu transaksi pembayaran keuangan atau komunikasi antar dua perangkat. Mungkin untuk pengaplikasian seperti ini sudah banyak digunakan oleh penyedia pembayaran kartu kredit seperti, VISA dan Paypal.

Era Teknologi Canggih NFC atau Near Field Communication sudah seringkali diaplikasikan sebagai alat untuk komunikasi data, baik itu transaksi pembayaran keuangan atau komunikasi antar dua perangkat. Mungkin untuk pengaplikasian seperti ini sudah banyak digunakan oleh penyedia pembayaran kartu kredit seperti, VISA dan Paypal. Teknologi canggih ini, bisa merubah ponsel pintar yang Anda miliki menjadi semakin pintar. Hanya berbekal sebuah smartphone yang tertanamkan Chip NFC, Andapun bisa melakukan berbagai hal dengan mudah.

Teknologi Near Field Communication ini beroperasi pada pita frekuensi dengan standar berlisensi 13.56MHz dengan jarak lebih dari sekitar 20 cm. NFC Menawarkan kecepatan transfer data 106kbit/s, 212kbit/s dan 424kbit/s. Perkembangan dan inovasi baru kembali muncul seiring dengan semakin berkembangnya teknologi canggih ini, yaitu sebuah iClass Card berteknologi NFC.

iClass Card tersemat di dalam smartphone yang Anda miliki untuk menggantikan kartu akses yang biasa dipakai untuk mengakses absensi dan akses pintu masuk untuk karyawan. Dengan kecanggihan yang ada ini, keberadaan kartu akses bisa tergantikan hanya dengan sebuah smartphone yang Anda miliki.

iClass Card ini tidak hanya memiliki fungsi dasar sebagai pembuka akses pintu dan absensi saja, akan tetapi juga memiliki akses lainnya seperti pembayaran kartu kredit menggunakan ponsel. Teknologi Near Field Communication ini dikembangkan oleh salah satu developer bernama HID, kedepannya iClass Card ini akan difungsikan secara utuh di dalam satu gedung perkantoran. Sehingga nantinya efek kemudahan dan kepraktisan bisa didapatkan untuk setiap karyawan tanpa harus membawa-bawa ID-card dan kartu untuk bisa masuk ke dalam gedung perkantoran.

Keuntungan lain yang dimiliki oleh iClass Card berteknologi canggih Near Field Communication ini adalah akses independen dan portable credential serta lebih bersifat praktis tanpa perlu lagi membawa kartu ID tersebut kemana-mana. Jadi, bukan tidak mungkin kelalaian terhadap ID-card ini dapat diminimalisir. Akses kemanapun juga ikut tertunjang dengan kehadiran iClass Card ini, semua karyawan yang keluar masuk pintu akses ini akan direkam jejak identitasnya. Jadi keamanan perusahaan tersebut bisa dikontrol dengan baik secara real time.

Sayangnya, iClass Card berteknologi canggih Near Field Communication ini masih belum bisa digunakan secara optimal, karena dukungan smartphone yang mendukung chip NFC masih sedikit. Hanya ada beberapa smartphone yang sudah mendukung seperti Blackberry dengan OS versi 7.0 , Google Nexus, Samsung Galaxy S II, BlackBerry Dakota dan Nokia C7. [AD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel