Kisah Orang Sukses nan Inspiratif dan Membangun - Pierre Morad Omidyar

23 Apr 2013 20:30 10705 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kisah Orang Sukses kali ini mengangkat kisah pendiri Ebay, Pierre Morad Omidyar. Pria ini memulai Ebay dari sebuah niat baik menolong teman, berkahnya kini Ebay menjadi situs jual beli terbesar di dunia.

Berbicara tentang situs jual beli online, maka ada dua situs besar yang patut diperbincangkan, Amazon dan Ebay. Amazon memang jadi situs paling populer di dunuia tetapi pesainya Ebay bis saja mulai menyalipnya suatu saat nanti. Bagaimana Ebay bisa sepopuler sekarang dan mampu menyaingi Amazon? Kali ini akan dibahas kisah orang sukses yang menjadi pionir dari situs Ebay, Pierre Morad Omidyar.

Ada banyak kisah orang sukses yang inspiratif tetapi Pierre Morad Omidyar jarang sekali diekspos oleh media. Perre Omidyar begitulah nama populernya sekarang adalah pendiri dari Ebay. Pria yang lahir pada tanggal 21 Juni 1967 ini, merupakan anak kandung dari Elahé Mir-Djalali Omidyar, seorang ibu yang pintar lulusan program doktor bidnag linguistik dari Universitas Sorbonne. Ayahnya sendiri adalah seorang dokter bedah. Pierre Omdiyar yang lahir di Perancis, pindah ke Amerika saat berumur enam tahun. Ia tinggal di Washington dan masuk sekolah St Andrew.

Ketertarikannya pada bidang komputer, membuatnya ingin terus belajar dan belajar tentang perkomputeran. Beliau mulai menyukai bidang programming. Baik di sekolah maupun di luar sekolah, ia selalu melatih kemampuannya dalam bidang komputer. Kisah orang sukses ini dimulai saat Omdiyar melakukan proyek sukarela berupa penyusunan katalog online. Atas kinerjanya yang cukup baik ini, jalan menuju ahli pemrograman komputer semakin terarah.

Omidyar yang berdarah Iran kemudian mengasah kemampuannya dalam programming komputer disekolah dan diluar sekolah. Berawal dari keinginannya untuk membantu perpustakaan disekolah menengah tempatnya belajar, Omidyar menyusun katalog online, ia pun menuai keberuntungan. Rupanya, dari proyek sukarela inilah karir cemerlang Omidyar berawal. Katalog online ini kemudian memuluskan jalannya menuju profesi ahli pemrograman komputer. Jalan mulus karirnya mulai dirasa saat Omdiyar bergabung dengan salah satu anak perusahaan Apple, Claris. Karirnya mulai menanjak. Padahal dia baru lulus empat tahun sebelumnya yaitu tahun 1988 dari Universitas Tufts. Omdiyar menempati posisi sebagai consumer software engineer. Barangkali tidak pernah dipikirkan oleh Omdiyar bahwa kini ia teramsu salah tokoh yang patut ditulis sebagai kisah orang sukses yang menginspiratif. Bayangkan saja, baru tiga tahun bekerja, tepatnya tahun 1994, ia mulai harus melakukan sesuatu. Omdiyar lantas mendirikan Inc. Development Corporation. Sebuah perusahaan ekcil yang lantas berganti nama menjadi eShop. Ketika itu eShop sangat populer. Perusahaan ini menjadi pionir perdagangan di dunia maya yang fokus pada teknologi perangkat lunak.

Awal Kemunculan Ebay

Dua tahun setelah mendirikan eShop, perusahaan tersebut lantas diakusisi oleh Microsoft. Saat beliau mencapai usia 28, ia mulai menemukan cikal bakal perusahaan nomor dua dalam bisnis online tersebut. Saat itu, Omdiyar berkutat pada kode-kode komputer yang ia tulis sendiri. Hasilnya tentu saja sebuah perusahaan situs lelang dan jual beli online dengan nama Ebay. Kisah orang sukses seperti Omdiyar ini juga tak lepas karena fokusnya yang konsisten terhadap dunia yang ia geluti. Ebay adalah hasil kerja keras Omdiyar. Tetapi lucunya awal-awal mendirikan Ebay hanyalah idenya saat mencoba membantu keuangan temannya dengan mencari pembeli produk yanng dijual temannya.

 

Baca juga :

                5 Kebiasaan Orang-Orang Sukses

                PC Desktop Bergaya Unik Zotac Zbox Sphere OI520 Plus

 

Kesuksesan Omdiyar

Jika ada sebuah buku tentang kisah orang sukses bernama Omdiyar. patut dicatat kisahnya yang menolong teman. Niatnya yang baik itu malah membawa keberuntungan baginya. Situs Ebay makin dikenal oleh masyarakat pengguna internet saat itu. Omdiyar menetapkan tanggal 4 September sebagai tanggal lahirnya situs ini. Saat peluncuran situsnya itu, Omdiyar menuliskan informasi bahwa situsnya adalah "Lelang Web". Nama "Lelang Web” kemudian berubah menjadi "Ebay”. Awalnya Omdiyar ingin menamai situsnya sebagai 'echobay' tetapi nama tersebut telah terdaftar. Akhirnya dipilih nama Ebay sebagai nama resminya. Kini Ebay termasuk situs yang sering dikunjungi pengguna internet.

Kisah orang sukses bernama Pierre Morad Omidyar berlanjut saat salah satu yang kini jadi koleganya Jeffrey Skoll, menjadi bagian perusahaan. Dua tahun setelah Jeffrey bergabung, tepatnya 1998, Meg Whitman masuk sebagai petinggi di Ebay. Sampai awal tahun 2008, Whitman menjadi presiden dan CEO Ebay. Dan pada tahun itu ia mengundurkan diri dna memutuskan pensiun. Kesuksesan terbesar Ebay adalah pada bulan September 1998. Omidyar dan Skoll menjadi milyarder setelah melakukan penawaran umum yang cukup sukses.Setelah sekian lama, akhirnya Omdiyar melakukan inovasi dengan membuat layanan berita online di Honolulu. Layanan berita itu disebut Beat sipil dan berdiri tahun 2010.

Kisah orang sukses bernama Pierre Omidyar makin menunjukan gregetnya saat mendirikan Omidyar Network. Perusahaan yang fokus pada investasi filantropi ini ditujukan untuk menciptakan kesempatan bagi masyarakat untuk memperbaiki kehidupan mereka. Perusahaan ini didirikan tahun 2004 oleh Omdiyar bersama istrinya Pam. Hal yang dilakukan Omdiyar ini membuat kekayaannya terus meningkat Omdiyar lantas terpilih menjadi salah satu milyarder di abad 21.

Omdiyar adalah contoh tokoh isnpiratif, kisah orang sukses sang milyader ini patut dicontoh. Selain karena ketekunan, kebaikan dalam dirinya membuat ia menjadi seperti saat ini. Kisah orang sukses seperti Omdiyar tidak lepas karena kebaikannya terhadap sesama. Omdiyar percaya bahwa manusia pada dasarnya adalah orang-orang baik. Omidyar adalah pribadi yang memperlakukan semua orang termasuk anak buahnya layaknya manusia yang sebaik-baiknya manusia. Barangkalai kesuksesan Omdiyar tak lepas dari sifat baiknya yang terus konsisten.[MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel