Enam Langkah Cara Membuat Aplikasi BlackBerry dengan Mudah

3 Mar 2012 10:00 18351 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Diakui atau tidak, kemampuan dalam membuat aplikasi untuk berbagai platform seperti BlackBerry, Android, iPhone, dan lainnya merupakan dambaan banyak orang. Betapa tidak, telah tak terhitung jumlahnya orang, kelompok atau bahkan badan usaha yang kemudian dikenal banyak orang dan mendapatkan keuntungan materi pasca mereka mampu membuat aplikasi.

Diakui atau tidak, kemampuan dalam membuat aplikasi untuk berbagai "platform" seperti BlackBerry, Android, iPhone, dan lainnya merupakan dambaan banyak orang. Betapa tidak, telah tak terhitung jumlahnya orang, kelompok atau bahkan badan usaha yang kemudian dikenal banyak orang dan mendapatkan keuntungan materi pasca mereka mampu membuat aplikasi. Lantas, sulitkah "cara membuat aplikasi BlackBerry", iPhone, atau Android tersebut? Sebenarnya persoalan susah atau gampang hanya berkutat pada cara pandang.

Kalau sedari awal Anda berpikir bahwa membuat aplikasi itu susah, maka jangan harap akan mudah dalam mengerjakannya. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya. Kali ini [Paseban](http://www.plimbi.com/ "Portal Paseban Berita Informasi dan Teknologi") akan mempersembahkan cara membuat aplikasi BlackBerry.

Patut diketahui, bahwa "cara membuat aplikasi BlackBerry" sebenarnya tak terlalu repot. Anda cukup belajar sedikit ihwal bahasa pemrograman Java. Dan inilah langkah demi langkah cara membuat aplikasi tersebut. "Munculkan Ide atau Gagasan" Bagaimanapun bahwa ide merupakan bahan baku awal ketika ingin membuat sesuatu, begitu juga ketika hendak melakukan *step by step* cara membuat aplikasi BlackBerry.

Maka langkah pertama, Anda harus menentukan dulu aplikasi seperti apa yang akan Anda buat. "Belajar Bahasa Pemrograman Java" Kalau Anda sudah mendapatkan ide, maka langkah selanjutnya dalam cara membuat aplikasi BlackBerry adalah mempelajari bahasa pemrograman Java. Untuk hal ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan, bisa belajar dari buku, menyewa mentor, atau mencari sumber di internet dan dipelajari secara otodidak.

Beberapa tutorial bahasa pemrograman bisa Anda telusuri di internet, dan salah satu tutorial resminya Anda bisa masuk ke sini. "Download Java Development Kit (JDK)" Software yang satu ini berfungsi dalam melakukan kompilasi dan menjalankan Program bahasa Java. Dalam langkah-langkah cara membuat aplikasi BlackBerry ini, Anda dipastikan memerlukan software yang satu ini versi 1.6/6.0 yang bisa di-download di sini. "Download Eclipse" Eclipse akan membantu Anda dalam membuat pemrograman Java menjadi lebih mudah.

Lebih mantapnya lagi, ternyata BlackBerry sudah memiliki "plugin" yang bekerja langsung dengan Eclipse. "Install" Eclipse dan Anda bisa mendapatkan tutorial resmi di sini. Andapun tinggal meng-install-nya.

"Pelajari Tutorial Sederhana Dari BlackBerry" Ternyata BlackBerry juga menyediakan tutorial sederhana untuk membantu Anda dalam cara membuat aplikasi BlackBerry. Anda bisa mendapatkan di sini. Meskipun terbilang sederhana, namun merupakan konsep dasar untuk membuat sebuah aplikasi BlackBerry yang canggih. Publikasikan Aplikasi Anda Untuk apa sebuah karya kalau tak bisa dinikmati oleh banyak orang.

Anda akan mendapatkan manfaat dengan mempublikasikan hasil karya aplikasi BlackBerry Anda sehingga semua orang bisa mengaksesnya. Andapun kemungkinan besar akan mendapatkan bayaran dari kerja keras Anda membuat sebuah aplikasi, terlebih jika apa yang Anda buat disenangi dan dipakai banyak pengguna BlackBerry. "Nah" untuk itu, Anda perlu mendaftarkan karya aplikasi Anda ke AppWorld di sini. Selamat berkreasi dan berkarya! [EH]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel