Tips Menghindari Jeratan dari Maraknya Penjualan iPhone Palsu

18 Jan 2012 17:05 6824 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Produk keluaran Apple, iPhone 4S merupakan *smartphone* yang memiliki harga dan fitur premium. Namun berhati-hatilah karena kini sedang marak penjualan iPhone Palsu. Simak tips berikut ini untuk menghindarinya.

Produk keluaran Apple, iPhone 4S merupakan "smartphone" yang memiliki harga dan fitur premium. Dengan tampilan impresif yang didukung dengan teknologi mutakhir, banyak sekali penggemar "smartphone" yang menginginkan perangkat ini meski hargnya tergolong cukup mahal.

Alasan itulah yang menyebabkan banyaknya pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dan memanfaatkan produk iPhone dengan cara yang membajaknya. Salah satu yang banyak dijumpai adalah peredaran ponsel produksi Cina berbentuk "iPhone palsu". Dengan permintaan iPhone 4S yang terus meningkat, oknum-oknum pembajak dapat mengais keuntungan yang cukup besar. Alih-alih membuat senang, bisa jadi *smartphone* yang Anda incar malah iPhone palsu. Tampilan "iPhone palsu" ini tidak jauh berbeda dengan produk aslinya.

Tetapi tentu saja berbanding terbalik dengan harga yang dipatok jauh lebih murah untuk produk bajakan ini. Istilah 'harga mahal tidak menjamin kualitas' seperti tidak berlaku untuk kasus yang satu ini. iPhone 4S memang termasuk 'gadget' yang mahal, namun kualitas performanya tidak perlu diragukan lagi. Bandingkan dengan iPhone palsu yang kerap beredar saat ini. Penawaran harga yang miring harus mengorbankan banyak hal, termasuk kualitas, spesifikasi, serta ketahanan produk tersebut.

Jika Anda memang tengah menaruh minat untuk membeli iPhone 4S ini, sudah sepatutnya Anda berhati-hati. Dengan begitu banyaknya peredaran iPhone palsu saat ini, hal tersebut dapat mempersulit Anda untuk mengenali bagiamana rupa iPhone 4S asli dan yang palsu. Semakin Anda teliti dalam membeli barang, akan memberikan keuntungan sendiri secara materi. Namun, apabila Anda tidak sigap menanggapi masalah iPhone palsu ini, maka kerugianlah yang akan Anda terima.

Berikut ini adalah tips menghindari jeratan dari maraknya penjualan iPhone palsu:

- Banyak sekali pembeli yang sering terburu-buru ketika membeli iPhone. Sifat terburu-buru inilah yang seringkali mengakibatkan Anda tidak mencermati dengan teliti spesifikasi produk yang hendak dibeli. Walaupun tampilan iPhone palsu serupa dengan produk aslinya, tetapi jika dicermati ada banyak sekali spesifikasi yang berbeda. Ada produk yang mengurangi fitur yang seharusnya terdapat di produk aslinya. Adapula yang malah menambahkan fitur baru didalamnya. Maka karena itulah Anda perlu mencermati dulu iPhone 4S yang hendak Anda beli.

- Bila telah mencermati spesifikasi iPhone dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah mengenali harga perangkat tersebut. iPhone palsu yang banyak beredar kerap dijual dengan harga yang murah. Anda harus mulai skeptis bila hal tersebut terjadi. Anda pun jangan langsung percaya apabila 'reseller' ponsel menawarkan iPhone dengan diskon yang tinggi dan tidak wajar alias tidak masuk akal.

- Setelah dua langkah tersebut dilakukan, cobalah bertanya tentang garansi yang "reseller" tawarkan. Seluruh perusahaan "smartphone" selalu menawarkan garansi yang meliputi produk, "software" dan aksesoris. Bila "reseller" tidak menawarkan hal serupa, bisa jadi mereka menawarkan produk iPhone palsu.

- Penawaran kebijakan pengembalian barang kerap dilakukan oleh "reseller" yang terpercaya. Langkah berikutnya adalah mempertanyakan apakah pihak "reseller" memiliki kebijakan pengembalian barang. Anda patut lebih waspada apabila beberapa "reseller" tidak menawarkan hal tersebut.

Langkah sederhana kelima adalah melakukan pengecekan akun sosial media yang dimiliki oleh *reseller*. Cari tahu reputasi mereka di akun terkait. Periksa juga komentar-komentar yang konsumen berikan. Jangan langsung percaya terhadap penawaran menarik yang mereka tawarkan. [MS]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel