Mengenal Pengertian dan Seluk Beluk dari ARP di Teknologi Jaringan Komputer

23 Mar 2013 13:00 4648 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Selain dari IP addressing, ada juga pengalamatan dari MAC Address. Alamat MAC ini disimpan di dalam hardware dan menjadi nomor yang sangat unik tergantung dari vendor hardware jarngan masing - masing. Alamat MAC ini akan menjadi sumber informasi bagi PC untuk saling mengirim frame packet data. ARP menjadi protocol yang melakukan transalasi dari IP Address ke MAC Address.

Kita mengenal sistem pengalamatan dari Jaringan Komputer menggunakan sistem pengalamatan dari IP Address. Dan kita sudah mengenal ini karena penggunaan IP addressing cukup mudah dalam implementasi dan gampang di ingat oleh manusia. Karena penggunaan dari IP address sudah sangat berkembang dan hasilnya IP Addressing sudah mencapai versi 6. Dengan versi 6 ini, sistem penomoran dari alamat IP menjadi lebih panjang, karena menggunakan 128 bit. Tetapi dengan versi 6, pemberian nomor akan lebih gampang karena nomor yang tersedia di dalam versi 6 ini sangat banyak.

Selain dari IP Addressing, ada juga pengalamatan dari MAC Address. Alamat MAC ini disimpan di dalam hardware dan menjadi nomor yang sangat unik tergantung dari vendor hardware jaringan masing - masing. Alamat MAC ini akan menjadi sumber informasi bagi PC untuk saling mengirim frame packet data.

Alamat MAC dan Alamat IP bekerja bersamaan, karena di dalam sistem pengiriman dari frame paket mengandung kedua alamat ini. Tetapi keduanya menggunakan sistem bilangan yang berbeda. Untuk menterjemahkan keduanya diperlukan protocol ARP dan Protocol R-ARP. Protocol ARP berfungsi untuk menterjemahkan dari IP Address di layer 3 ke dalam MAC Address di layer 2.

Pada sistem TCP/IP, ARP di definisikan berada pada Link layer atau ada di antara layer 2 dan layer 3. Sedangkan di OSI Layer, tidak disebutkan secara sepesifik berada dimana karena itu definisi ARP tidak di sebutkan. Tetapi ARP ini juga dipakai oleh OSI layer.

Resolusi Alamat (Address Resolution) merujuk pada proses pencarian alamat komputer dalam jaringan. Alamat tersebut "diselesaikan" menggunakan protokol di mana sepotong informasi dikirim oleh proses klien mengeksekusi pada komputer lokal ke proses server mengeksekusi pada komputer remote. Informasi yang diterima oleh server memungkinkan server untuk secara unik mengidentifikasi sistem jaringan untuk alamat yang diperlukan dan oleh karena itu untuk memberikan alamat yang diperlukan. Prosedur resolusi alamat selesai ketika klien menerima respon dari server yang berisi alamat yang diperlukan.

Alamat Ethernet ini berada di Alamat Link Layer dan di tergantung pada antar muka kartu jaringan yang dipakai. Jika alamat IP beroperasi di layer Network dan tidak bergantung pada alamat Link Layer yang dipakai oleh setiap node jaringan. Dan ARP atau Address resolution Protocol berfungsi untuk menterjemahkan IP address ke dalam Link Layer Address atau lebih dikenal dengan MAC Address. Protokol ARP baik di klien dan server beroperasi melalui IP Over Ethernet. Biasanya ARP di implementasikan sebagai bagian dari software dari antarmuka kartu jaringan.

Ada 4 macam Pesan yang di sampai kan oleh protokol. Dan setiap pesan di bedakan menurut operasi yang dilakukannya.
1. ARP request
2. ARP reply
3. RARP request
4. RARP reply

Penggunaan ARP bisa berbagai macam mulai dari tindakan yang biasa saja sampai tindakan hacking. Karena dengan mengetahui cara penggunaan ARP ini, beberapa informasi bisa kita dapatkan mulai dari MAC Address dan IP Address. Dengan mengetahui 2 informasi ini saja, sudah banyak tindakan yang bisa dilakukan.

Untuk Konfigurasi network ARP bisa digunakan untuk Gratuitous ARP dan Proxy ARP.

Gratuitous ARP

Gratuitous ARP, biasanya digunakan untuk mempertahankan alamat IP yang sudah didapatkan. Biasanya Gratuitous ARP digunakan di awal konfigurasi lokal network.

Proxy ARP

Proxy ARP adalah nama yang diberikan ketika sebuah node merespon permintaan ARP atas nama node lain. Biasanya digunakan untuk mengarahkan lalu lintas yang dikirim ke satu alamat IP ke sistem lain.

Proxy ARP juga bisa didapatkan untuk men-down-kan taffic dari koneksi internet dari target. Dengan menggunakan Proxy ARP, seseorang bisa berpura - pura menjadi orang lain dengan mengalihkan node sendiri menjadi node orang lain. Dengan begini si Penipu bisa mengarhkan lalu lintas koneksi ke arahnya. Penyalahgunaan dari Proxy ARP ini bisa menyebabkan kebocoran dalam keamanan jaringan dan untuk menanggulangi hal ini network administrator selalu menangkap MAC Address yang ada didalam jaringannya dan mendeteksi penggunaan proxy ARP. Dengan menggunakan Gratuitous ARP kita bisa mempertahankan IP Address yang sudah kita dapatkan, dengan hal ini penyalahgunaan dari Proxy ARP bisa ditanggulangi. Karena dengan Gratuitous ARP akan melakukan kaitan antara IP dan MAC Address.
[ENJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel