Perkembangan Pembayaran Mobile E-Payment di Dunia Perekonomian

29 Dec 2011 18:00 5960 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sekarang ini dunia perekonomian menjadi lebih elektronik, dimana pembayaran dari aplikasi mobile mulai memainkan peran lebih besar dalam dunia keuangan. Hari ini, melakukan pembayaran dari handphone, laptop dan komputer *tablet* telah menjadi umum.

Sekarang ini dunia perekonomian menjadi lebih elektronik, dimana pembayaran dari aplikasi mobile mulai memainkan peran lebih besar dalam dunia keuangan. Hari ini, melakukan pembayaran dari handphone, laptop dan komputer tablet telah menjadi umum.

Sebagai contoh, kita telah terbiasa untuk menggunakan sms-banking atau internet banking (e-banking) untuk keperluan pembayaran rekening listrik, telepon atau bahkan hanya membeli pulsa handphone. Oleh karenanya peralatan pembayaran mobile ini harus dirancang secara khusus untuk bekerja dengan digital interface untuk mencapai efektifitas maksimum.

Pembayaran mobile atau dikenal dengan e-payment atau mobile-payment melibatkan pemindahan dana secara elektronik. Biasanya pembayaran e-payment menggunakan kartu kredit dan transfer Bank.

Sejak penemuan internet mobile, alat e-payment pun turut mengikuti kehadirannya. Anda dapat menggunakan berbagai jenis handphone untuk mengunjungi website konvensional dan menggunakan setiap fungsi di dalamnya. Tablet PC memiliki kemampuan pengolah kata dan spreadsheet yang menyaingi desktop penuh. Dan alat seperti mobile PayPal memungkinkan Anda untuk mengirim ribuan dolar dari laptop atau handphone Anda dengan hanya mengirimkan pesan teks tunggal.
Pembayaran Mobile Via Laptop

Pembayaran mobile via laptop ini menggunakan situs dan alat yang sama yang Anda gunakan seperti pada saat menggunakan desktop. Hanya saja Anda mengaksesnya melalui komputer mobile atau laptop. Laptop membantu mempopulerkan layanan hotspot, Anda dapat menemukan hotspot di perpustakaan, kedai kopi atau mall untuk sekedar surfing dan berkomunikasi. Alat yang digunakan di arena ini adalah website yang aman, hotspot mobile dan jaringan area lokal wireless.
Pembayaran Mobile Via Handphone

Handphone menghadirkan tantangan yang unik dalam dunia pembayaran mobile. Handphone memiliki layar jauh lebih kecil dibandingkan komputer, selain itu handphone harus memiliki website yang dirancang khusus untuk diakses via mobile. Handphone ini juga memerlukan pengawasan ekstra karena seseorang bisa saja menggunakan handphone curian untuk mengakses rekening bank orang lain. Alat untuk mengakses pembayaran pada handphone adalah aplikasi finansial bank, koneksi internet wireless dan situs mobile Internet payment.

Pembayaran Mobile via Komputer Tablet

Tablet PC atau komputer tablet cenderung menggunakan banyak alat-alat online yang sama seperti yang laptop gunakan, tetapi dengan beberapa perbedaan penting. Layar tetap adalah masalah beberapa komputer tablet. Perusahaan seperti Apple dan BlackBerry telah bekerja keras untuk mengatur resolusi situs web agar masalah ini tidak relevan, namun beberapa tablet PC lain masih memerlukan website khusus yang disesuaikan untuk resolusi layar sebelum melakukan pembayaran. Alat yang diperlukan untuk jenis komputer ini adalah situs web financial mobile, internet wireless dan mobile hotspot. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel