Solusi Jika Google apps pada Android Anda Bermasalah

18 Dec 2011 11:00 9524 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Memiliki akses cepat dan mudah untuk aplikasi Gmail adalah salah satu fitur terbaik yang terdapat pada Android. Namun hal ini juga dapat menjadi salah satu fitur yang paling bermasalah dari Android. Pada saat ini, aplikasi Gmail dapat mengalami masalah koneksi yang membuat Anda tidak mungkin untuk menggunakan **Google apps** ini.

Memiliki akses cepat dan mudah untuk aplikasi Gmail adalah salah satu fitur terbaik yang terdapat pada Android. Namun hal ini juga dapat menjadi salah satu fitur yang paling bermasalah dari Android. Pada saat ini, aplikasi Gmail dapat mengalami masalah koneksi yang membuat Anda tidak mungkin untuk menggunakan Google apps ini. Tapi jangan khawatir, ketika ini terjadi, sebuah *update* yang sederhana dapat mengatasi masalah tersebut.

Verifikasi Setting Agar Google apps bekerja pada Android Anda, Anda memerlukan koneksi internet yang aktif pada ponsel Anda dan *log-in* dengan memasukkan nama dan password yang tepat. Seringkali, jika tidak terjadi proses load ketika mengakses aplikasi Gmail atau itu tidak bekerja dengan benar, maka nampaknya ada masalah dengan koneksi internet Anda.

Coba periksa koneksi Internet Anda dan kekuatan sinyal pada menu bar di bagian atas layar ponsel. Jika Anda tidak memiliki sambungan koneksi, hubungi operator selular Anda untuk memecahkan masalah.

Tapi jika Anda memiliki koneksi, pastikan bahwa Anda telah memasukkan nama dan *password log-in* yang sesuai yang disimpan dalam *setting* telepon Anda. Update dan Re-Install Apps Jika Anda memiliki masalah koneksi, Anda mungkin memiliki versi Google apps yang *out-of-date*. 

Akses Android Market kemudian cari *update* yang tersedia untuk aplikasi Gmail. Jika aplikasi tidak memiliki *update*, coba Anda *download* versi terbaru dari aplikasi tersebut.

Jika Anda memiliki versi terbaru dari aplikasi dan memiliki masalah koneksi, menginstal ulang aplikasi dapat membantu.

*Uninstall* versi terbaru dari Android Anda sepenuhnya. Setelah Anda meng-*uninstall*, kunjungi kembali Android Market lalu *download* aplikasi Gmail kembali.

Tes koneksi Anda setelah menginstal aplikasi. Perbarui Software Android Versi lama dari operating system Android dapat menyebabkan gangguan di telepon Anda dan dapat mencegah aplikasi Gmail untuk bekerja dengan benar.

Kebanyakan penyedia layanan wireless mengirim pembaruan atau *update* ke Android Anda ketika mereka telah tersedia. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah untuk mendapatkan *update* secepat Anda bisa.

Anda juga dapat membawa perangkat Anda ke toko untuk meminta *update* terbaru. Instalasi update OS tidak akan menghapus salah satu aplikasi atau informasi yang tersimpan, tetapi Anda mungkin perlu memasukkan kembali *password* Gmail Anda.

**Reset Telepon** Jika semuanya gagal, Anda dapat me-*reset* Android ke *factory setting* atau pengaturan pabrik, tapi melakukan *hard reset* akan menghapus data telepon Anda sepenuhnya. Oleh karenanya simpan gambar, video atau pesan ke kartu memori Anda sebelum Anda me-*reset* telepon Anda.

Proses *reset* bekerja secara berbeda tergantung pada Android yang Anda miliki. Periksa panduan manual Anda untuk instruksi yang lebih spesifik. Setelah perangkat Anda di reset, Anda mungkin harus menginstal ulang aplikasi Gmail. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel