Tips Cara Merawat Baterai Pada MacBook

15 Feb 2013 21:00 6792 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Baterai adalah komponen vital pada sebuah perangkat jenis portabel, tapi sudah tahukah Anda mengenai cara merawat baterai merupakan hal penting untuk menjaga MacBook Anda agar tetap awet? Dengan perawatan yang tepat dan juga dengan kalibrasi, Anda dapat menyimpan baterai komputer secara optimum.

Baterai adalah komponen vital pada sebuah perangkat jenis portabel, tapi sudah tahukah Anda mengenai cara merawat baterai merupakan hal penting untuk menjaga MacBook Anda agar tetap awet? Dengan perawatan yang tepat dan juga dengan kalibrasi, Anda dapat menyimpan baterai komputer Anda untuk digunakan secara optimum dan juga maksimal, selain itu baterai Anda akan lebih tahan lama ketika akan digunakan untuk bepergian. Kali ini Plimbi akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara yang benar untuk dapat menjaga serta merawat baterai Mac Anda.

Perawatan Standar

Sebuah perangkat komputer portabel Mac dirancang untuk dapat dipasang (plugged) dan juga untuk dapat dilepaskan (unplugged)? untuk memungkinkan baterai melakukan proses discharge dan juga recharge pada siklus normal sebuah baterai. Dengan demikian, jika Anda menggunakan komputer dengan baterai yang terpasang di sepanjang waktu, maka penting bagi Anda untuk melakukan discharge atau mengkalibrasi sebuah baterai secara berkala. Jika Anda jarang menggunakan atau melepas baterai saat sedang digunakan, maka Apple menyarankan sepenuhnya pemakaian baterai dan pengisian (charging) lagi setidaknya sebulan sekali.

Long-term Storage

Jika Anda tidak berencana untuk menggunakan Mac portabel selama lebih dari jangka waktu enam bulan, maka usahakan isi baterai pada Mac Anda dalam kondisi 50%. Hal Ini akan memastikan bahwa baterai Anda akan selalu dalam kondisi optimal. Selain itu suhu atau temperatur juga merupakan faktor terbesar ketika menyimpan komputer Anda. Pastikan baterai Mac Anda disimpan dalam suhu atau temperatur antara 50 º F dan 95 º F.

Battery Calibration

Setiap baterai memiliki sebuah chip kecil yang memberikan rincian tentang informasi serta siklus sebuah baterai yang terhubung ke komputer. Agar baterai dapat beroperasi pada kemampuan yang maksimum dan juga untuk memastikan bahwa kondisi pada baterai sesuai dengan waktu tampilan yang ditampilkan pada Mac tersebut akurat, Anda juga perlu untuk melakukan kalibrasi baterai secara rutin. Kalibrasi ini harus dilakukan ketika pertama kali membeli komputer Mac Anda, dan melakukannya kembali setiap beberapa bulan kemudian. Jika Anda jarang menggunakan baterai saat menggunakan MacBook, maka Anda harus melakukan proses ini setidaknya sekali per bulan.

MacBook ada yang memiliki baterai built-in, makaproses kalibrasi pada baterai tidak memerlukan kalibrasi pada baterai, karena baterai sudah dikalibrasi sesaat sebelum dibuat. Berikut ini adalah mesin-mesin yang telah memiliki fitur baterai built-in: MacBook (13-inch, Late 2009) dan versi di atasnya, semua versi MacBook Air, MacBook Pro 13 ", 15", dan 17 "yang dirilis pada awal ke pertengahan 2009, MacBook ProRetina.Sebelum memulai proses kalibrasi, sebaiknya Anda menyimpan semua pekerjaan Anda serta menuutup semua aplikasi, dan lepaskan semua periferal dari komputer Anda untuk menghindari kehilangan data.

Checking Battery Cycles

Ada beberapa cara untuk memeriksa status baterai pada Mac. Pertama dengan mengklik ikon di menu bar OS X, hal ini akan memberikan informasi mengenai waktu baterai yang tersisa atau saat Anda sedang mengisi baterai Mac. Anda dapat menampilkan tampilan persentase baterai di menu bar dengan cara mengklik ikon, dan kemudian memilih pilihan Show Percentage.

Jika Anda menekan tombol Option pada keyboard , lalu mengklik ikon menu bar baterai, maka Anda akan melihat pilihan menu mengenai kondisi baterai. Kondisi baterai dapat di salah satu dari empat pilihan, Normal, Replace Soon, Replace Now, atau Service Battery.

  • Normal berarti kondisi beterai sedang berjalan normal.

  • Replace Soon berarti kondisi baterai berjalan normal namun memerlukan pengisisan (charge), atau bahkan baterai harus diganti.

  • Replace Now berarti kondisi baterai berjalan normal namun baterai Mac Anda tersebut kekurangan daya dan membutuhkan pengisian dan juga membutuhkan penggantian baterai saat ini juga yang mungkin jika tidak diganti maka akan membahayaan perangkat keras pada Mac Anda.

  • Service Battery berarti kondisi baterai Mac tidak berfungsi dengan baik dan terdapat perubahan dalam baterai tersebut. Anda harus melepas baterai dan melakukan perbaikan pada baterai tersebut.

Anda dapat melakukan dan juga mendapatkan informasi secara detail mengenai kondisi baterai pada Mac Anda tersebut dengan mengklik logo Apple yang berada dipojok kiri menu bar pada sistem operasi Mac OS X Anda, kemudian pilih menu About this Mac, kemudian pilih More Info lalu pilih System Report. Pada system report pilih menu power pada sisi kiri side bar, Anda akan mendapatkan informasi terperinci mengenai kondisi baterai Mac Anda tersebut. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel