Ternyata Mozilla vs Firefox itu Berbeda? Cari Tahu Perbedaanya di Sini

18 Nov 2011 12:00 9550 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Selama ini, Anda mungkin sering menyebut salah satu *browser* yang satu ini dengan sebutan Mozilla Firefox. Tetapi sebenarnya, terdapat perbedaan antara Mozilla vs Firefox. Ingin tahu bedanya? Simak ulasan di bawah ini.

Mozilla vs Firefox, dua kata yang selalu berdampingan namun terlihat terpisahkan. Tapi kali ini mengapa ditulis secara terpisah?

Selama ini, Anda mungkin sering menyebut salah satu browser yang satu ini dengan sebutan Mozilla Firefox. Tetapi sebenarnya, terdapat perbedaan antara Mozilla vs Firefox. Ingin tahu bedanya? Simak ulasan di bawah ini.

Mozilla

Nama Mozilla dari dua istilah Mozilla vs Firefox dapat diidentifikasi dari banyak hal. Hal ini dapat merujuk kepada Mozilla Organization, Mozilla Foundation, Mozilla Corporation, Mozilla Messaging Inc. dan semua ekstensi serta item lainnya yang terkait. Item terkait ini dapat berhubungan dengan produk yang dikembangkan dan diproduksi oleh Mozilla Corporation and Mozilla Messaging di samping proyek-proyek perusahaan yang melakukan korporasi.

Mozilla diciptakan oleh Netscape untuk membuat paket aplikasi yang disebut Mozilla Application. Mozilla Foundation sendiri merupakan sebuah organisasi non-profit, sementara anak perusahaannya Mozilla Corporation dan Mozilla Messaging Inc., merupakan dua organisasi profit yang dikenakan pajak. Anak perusahaan lainnya adalah Mozilla Online Ltd. Selain itu, ada juga kesatuan Mozilla yang menjadi sumber di negara tertentu. Contohnya termasuk Mozilla Cina, Mozilla Jepang dan Mozilla Eropa. Mereka semua adalah organisasi non-profit yang membantu distribusi produk Mozilla dalam pengaturan global. Sementara ada juga Mozilla mascot yang merupakan nama yang terkait dengan logo perusahaan Netscape Communications yang digambarkan sebagai Tyrannosaurus Rex.

Firefox

Firefox merupakan nama spesifik bagi open source, aplikasi browser internet yang dihasilkan Mozilla Corporation. Firefox sebelumnya dikenal sebagai Firebird dan Phoenix lalu ia diluncurkan pada tanggal 5 Juni 2002 dengan nama Mozilla Firefox Navigator, yang kemudian menjadi Firefox pada tanggal 9 November 2004.

Firefox adalah salah satu browser Internet yang paling populer dan paling dimanfaatkan. Saat ini, Firefox memegang posisi kedua dalam pangsa pasar browser Internet dan merupakan browser kedua yang paling banyak digunakan di antara pesaingnya.

Firefox juga mencirikan sebagai web browser open source dan sebuah proyek open source. Hal ini menunjukkan bahwa Firefox dapat di-download dan di-upgrade secara gratis. Alasan lain mengapa Firefox populer adalah bahwa ia sesuai dengan standar internet dan protokol. Web browser ini juga dikenal ramah konsumen dengan menanggapi dan mengoreksi kesalahan serta memiliki banyak fitur dan dapat diakses di berbagai platform serta versi dari sistem operasi seperti Microsoft Windows dan Macintosh. Saat ini, Firefox versi terbaru adalah Firefox 8.0, dan ada juga tersedia juga Firefox versi mobile yang tersedia untuk smartphone Anda.

Sejak tahun 2005-2008, Firefox telah penerima berbagai penghargaan dari banyak majalah serta situs web yang melayani dan mengkhususkan diri dalam komputer dan industri teknologi. Dan Firefox secara konsisten menerima penghargaan sebagai produk terbaik, browser internet terbaik dan Editor's Choice Award.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan perbedaan Mozilla dengan Firefox? Jangan salah menyebutnya lagi ya! [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel