Kenapa Hardware dan Software OEM Lebih Murah?

31 Jan 2013 14:00 5817 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda sedang berjalan-jalan di sebuah pertokoan komputer, pasti Anda pernah menemukan software atau hardware yang memiliki label OEM. Satu hal yang harus Anda ketahui adalah bahwa produk yang berlabel OEM akan memiliki perbedaan tertentu dengan produk yang biasa.

Jika Anda sedang berjalan-jalan di sebuah pertokoan komputer, pasti Anda pernah menemukan software atau hardware yang memiliki label OEM. OEM merupakan singkatan dari *Original Equipment Manufacturer* dan biasanya ditempelkan pada hardware atau software yang memiliki harga yang lebih murah dari harga normalnya. Hal tersebut tentu akan menimbulkan pertanyaan apakah Anda akan mendapatkan masalah jika membelinya? Sebelum menjawabnya, satu hal yang harus Anda ketahui adalah bahwa produk yang berlabel OEM akan memiliki perbedaan tertentu dengan produk yang biasa.

Apa sebenarnya OEM itu? Original atau bajakan? Seperti disebutkan di atas, OEM merupakan singkatan dari *Original Equipment Manufacturer. Software dan hardware yang berlabel OEM merupakan perangkat yang dijual khusus untuk perusahaan pembuat perangkat teknologi.

Oleh karena itu, kebanyakan perangkat OEM ini hanya dibungkus oleh sebuah kardus biasa tanpa perlu bungkus yang sama seperti barang yang lain. Hal tersebut tentu wajar karena barang OEM ini tidak seharusnya dijual untuk umum. Oleh karena itu, barang-barang OEM ini otomatis akan jarang Anda temui di toko-toko komputer yang biasa.

Namun jika Anda mencari barang-barang tersebut di toko online, maka pasti Anda kan menemukan banyak sekali barang tersebut. Hal tersebut juga dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku bisnis online karena mereka tahu pasti jika para pencari barang murah tidak akan terlalu memperdulikan bungkusnya. Sehingga jika Anda mencari barang OEM, maka carilah di toko-toko online. Beberapa orang banyak yang menanyakan apakah OEM software tersebut legal atau tidak. Ya, barang-barang tersebut legal dan tentunya original, namun ada syarat-syarat tertentu yang harus Anda setujui jika Anda membeli barang-barang tersebut.

Software Software OEM mungkin tidaklah sebanyak hardware OEM, namun terdapat juga beberapa produk penting yang dijual bebas dalam versi OEM. Salah satu contoh yang paling umum tentu adalah produk-produk Windows, namun terdapat pula berbagai produk lain yang sering dijual dalam bentuk OEM seperti anti virus, system utilitie, dan lainnya. Jika Anda membeli software-software tersebut biasanya Anda hanya akan mendapatkan software tersebut dibungkus dengan dus biasa beserta license key di dalamnya. Bahkan untuk beberapa produk mungkin Anda hanya akan menerimanya dalam sebuah plastic dengan beberapa catatan kecil di dalamnya. hal tersebut sangat wajar karena software-software tersebut tidak disertai dengan buku panduan dan kelengkapan lainnya. Software OEM biasanya memiliki lisensi tertentu yang mengharuskan Anda untuk menginstalnya di satu komputer saja. Sehingga otomatis software tersebut tidak akan diinstal di komputer lainnya. hal ini merupakan lisensi yang sering diimplementasikan pada produk Windows OEM sehingga terkadang Anda harus membeli software yang baru jika Anda ingin berganti komputer.

Hardware Berbeda dengan software, hardware OEM akan banyak Anda temui di pasaran. Hardware tersebut tentunya lebih murah dari produk retail, namun memiliki kualitas dan performa yang sama. Sayangnya, hardware-hardware tersebut biasanya tidak dilengkapi dengan komponen-komponen pendukung walaupun komponen tersebut adalah sebuah komponen penting. Sebagai contoh, prosesor OEM biasanya tidak dilengkapi oleh kipas dan video card atau hard disk OEM tidak dilengkapi oleh kabel atau adapter yang dibutuhkannya. Selain itu, masalah lainnya biasanya terdapat di technical support. Pasalnya Anda akan mengalami kesulitan ketika mengklaim garansi dari perangkat tersebut. Perangkat yang biasanya dijual dalam bentuk OEM ini adalah hard drive, optical drive, dan beberapa PCI expension card. Namun terdapat pula beberapa perangkat lain yang tersedia dalam bentuk OEM.

Pantaskan barang OEM untuk dibeli? Membeli berbagai barang OEM memang memiliki resiko tersendiri termasuk masalah garansinya. Namun jika Anda memang menginginkan barang berkualitas dengan harga murah, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk membelinya. Sebagai contoh, harga sebuah Windows Home Premium versi retail adalah $179, namun jika kita membeli versi OEM maka harganya hanya sekitar $99, hampir setengah dari harga aslinya. Oleh karena itu, barang OEM merupakan salah satu pilihan terbaik jika Anda memiliki dana yang terbatas. Apalagi berbagai barang OEM ini merupakan barang legal dan original, dan bukan sebuah barang bajakan. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel