4 Cara Mendapat Feedback Customer

5 Jul 2011 12:28 5066 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pelaku bisnis yang sukses haruslah mengetahui pentingnya *feedback customer* tentang produk miliknya. Mengetahui pendapat *customer* tentang produk dan layanannya tidak hanya bisa membantu perusahaan untuk mengembangkan kualitas, tetapi juga memberi perusahaan mengenai gambaran tentang bagaimana produk dan layanan yang diinginkan oleh *customer*. Nilai plus lain adalah *customer* akan merasa dihargai dengan adanya komunikasi dan pendapat mereka yang didengarkan perusahaan tersebut.

Pelaku bisnis yang sukses haruslah mengetahui pentingnya feedback customer tentang produk miliknya. Mengetahui pendapat customer tentang produk dan layanannya tidak hanya bisa membantu perusahaan untuk mengembangkan kualitas, tetapi juga memberi perusahaan mengenai gambaran tentang bagaimana produk dan layanan yang diinginkan oleh customer. Dari feedback customer, perusahaan juga bisa tahu apakah yang dilakukan sudah benar dan berkembang, atau justru yang dilakukan itu suatu kesalahan. Nilai plus lain adalah customer akan merasa dihargai dengan adanya komunikasi dan pendapat mereka yang didengarkan perusahaan tersebut.

feedback customer pada umumnya terbatas hanya kotak dan form saran pada situs resmi. Hanya menggunakan strategi ini, fungsi feedback customer sebenarnya kurang mencapai tujuan seperti apa yang disebutkan di atas. Apabila efektivitas feedback customer di atas ingin tercapai, pelaku bisnis harus lebih aktif.

Saat ini terdapat banyak alternatif media lain yang lebih efektif, komunikatif, dan gratis untuk dimanfaatkan sebagai media pengumpul feedback customer. Berikut 4 cara untuk mendapatkan feedback customer yang bisa Anda, sebagai pelaku bisnis, manfaatkan.

1. Adakan Online Survey
Dapatkan alamat email setiap customer Anda, dan kirimkan online survey pada setiap periode tertentu untuk mendapatkan feedback customer.

Kita sering menemukan keluhan customer akan suatu produk yang terbit di media. Tentu saja hal ini akan menurunkan citra produk tersebut di mata masyarakat. Sebelum hal ini terjadi, kirim lah online survey via email yang bersifat pribadi. Hal ini digunakan untuk mengetahui masalah yang dikeluhkan customer lebih awal, dan mengatasi masalah tersebut lebih awal pula sehingga akan akan menjadi upaya baik untuk menjaga citra produk kita.

2. Ciptakan komunitas online customer produk Anda
Perusahaan sebaiknya melihat pengalaman customer menggunakan produk atau layanan miliknya, serta masukan dari mereka sebagai hal yang penting. Dengan menciptakan komunitas online untuk custumer, komunikasi dapat terjalin lebih baik antar customer dan perusahaan.

Sebagai contoh, satu customer memiliki masalah dengan produk atau layanan Anda. Pemecahan masalah ini bisa Anda dapatkan dari customer lain karena komunikasi dalam komunitas bersifat terbuka untuk semua anggota.

3. Pantau situs forum
Feedback customer bisa banyak Anda temukan di situs forum. Disini Anda bisa menemukan banyak pembahasan tentang berbagai produk. Selain untuk menemukan masalah yang perlu dipecahkan pada produk atau layanan Anda, disini juga bisa ditemukan klarifikasi resmi dari perusahaan akan suatu pembahasan atau tanggapan miring yang memperburuk citra produk atau layanan bisa langsung Anda terapkan.

4. Dapatkan feedback melalui jejaring sosial
Survey mengatakan sebagian besar pengguna banyak menghabiskan waktu melakukan aktivitas internet pada situs jejaring sosial. Manfaatkan media yang sedang mendapat banyak perhatian ini untuk menjaring banyak feedback customers. RY

ADTECH;loc=300

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel