5 Tips Untuk Tidak Bergantung Pada Smartphone

10 Aug 2015 08:01 5803 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tips untuk Anda yang ketergantungan pada smartphone 

5 Tips untuk Tidak Bergantung Pada Smartphone

Smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia saat ini. Dengan jumlah pengguna yang sangat besar, kebutuhan bersosial media dan internet yang besar, membuat smartphone menjadi barang tak tergantikan. 

Bahkan, tidak sedikit ketika bangun tidur, orang lebih banyak melihat smartphone terlebih dulu dibandingkan aktivitas lainnya. Tidak sedikit pula, ketika dalam suatu kumpulan, orang lebih asyik dengan smartphone dibandingkan mengobrol di dunia nyata. 

Tentu saja hal-hal tersebut menandakan bahwa banyak orang (barang termasuk Anda) sudah bergantung pada smartphone. Rasanya, ketinggalan uang lebih baik dibandingkan smartphone ketika Anda berpergian. 

Fenomena ini jelas menunjukan bahwa smartphone bukan lagi menjadi alat yang membantu manusia. Manusia malah justru lebih banyak tergantung pada smartphone. 

Mau cari jalan? Tinggal panggil Google Maps. Bingung terhadap istilah tertentu? Anda cepat-cepat lakukan Googling. Ingin ajak reuni? Tinggal posting di media sosial. 

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan smartphone. Tetapi, sebagai manusia seharusnya kita lebih mengendalikan pengunaannya. Jangan sampai tergantung apda smartphone. 

Nah, jika Anda termasuk salah satu yang sangat bergantung pada smartphone, barangkali, tips-tips berikut ini bisa membantu Anda agar tidak terlalu bergantung pada smartphone. 

Apa saja tips-tipsnya? 

 

1. Matikan Jaringan Data Saat Beraktivitas 

Ketika Anda beraktivitas, sebaiknya Anda mematikan jaringan data pada smartphone Anda. Selain berguna untuk menghemat kuota dan baterai smartphone, Anda juga tidak akan terlalu bergantung untuk melihat terus smartphone Anda. 

Misalnya, ketika  Anda bekerja, Anda nyalakan saja data ketika jam istirahat dan saat pulang kerja. Tips ini sekaligus juga membuat Anda tidak khawatir untuk mengecek chat siapa yang masuk. 

Anda bisa lebih fokus dan produktif ketika bekerja dan beraktivitas. 

 

2. Matikan  Smartphone Saat Kumpul dengan Teman  atau Rapat 

Ketika Anda sedang reuni dengan teman atau sedang rapat di kantor, sebaiknya Anda mematikan smartphone Anda. Ini akan membuat orang-orang di sekeliling Anda nyaman karena Anda peduli dengan mereka. 

Tips ini juga bermanfaat untuk Anda yang sedang kencan. Pedulikan kekasih Anda karena Anda  masih punya waktu banyak dengan smartphone di rumah. 

Anda mungkin bisa menyiasatinya dengan mode ‘sunyi” atau silent. Tetapi cara ini kurang ampuh karena tetap akan membuat Anda khwatir untuk melihat layar smartphone. 

 


3. Bermainlah di Dunia Nyata 

Anda bisa bermain game sepuanya di smarpthone. Tetapi, jangan sampai Anda ketergantungan dengan game-game tersebut.  

Sesekali lakukan permainan dengan teman-teman di dunia nyata. Ajak teman untuk bermain basket atau futsal dibandingkan Anda sibuk memainkan Lets Get Rich atau Clash of Titan. 

Bukankah lebih menyenangkan pula main aktivitas fisik dibandingkan duduk dan menggerakan tangan? Selain sehat, tentu ini membuat Anda jadi terbiasa dan tidak terlalu bergantung pada smartphone. 


4. Miliki Ponsel Biasa  

Tips ini bermanfaat untuk Anda yang tidak mau kehilangan relasi bisnis. Anda sebaiknya memiliki ponsel biasa atau tipe featured phone. Lebih jelasnya, ponsel yang hanya untuk menelepon dan SMS. 

Anda mungkin memiliki dua smartphone tapi alangkah baiknya jika Anda punya satu smarpthone dan satu lagu featured phone. 

Apa kegunaannya? 

Tentu ini bertujuan agar Anda bisa memanfaatkan telepon dan SMS dari orang-orang penting, termasuk keluarga. 

Memiliki ponsel biasa juga akan membuat Anda tidak khawatir karena baterai habis mengingat ponsel ini tergolong hemat baterai. Anda bahkan tidak perlu repot membawa power bank. 


5. Tidak  Banyak Menginstal Aplikasi 

Ada banyak aplikasi yang beredar di toko aplikasi. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki ragam dari mulai hiburan, buku, aplikasi yang membantu Anda, aplikasi untuk internetan dan sebagainya. 

Anda bebas memiliki aplikasi-aplikasi tersebut tapi sebaiknya Anda jangan terlalu menginstal banyak aplikasi. Menginstal banyak aplikasi selain memenuhi memori smarpthone Anda, juga akan membuat Anda mencoba semuanya. 

Anda akan tergantung pada semua aplikasi. Bahkan mungkin,  ada beberapa aplikasi yang mirip yang Anda pasang. Tentu saja ini kurang efektif. 

Instal saja aplikasi yang Anda butuhkan bukan yang  Anda inginkan. Lain cerita jika Anda hanya untuk coba-coba kemudian Anda hapus kembali aplikasi tersebut. 

 

Demikianlah lima tips mudah agar Anda tidak bergantung pada smarpthone. Semoga bermanfaat dan baca untuk Anda yang bergangunt pada smartphone. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel