5 Tips Sehat Agar Tidak Terlalu Lama Duduk Menatap Komputer

3 Jul 2015 10:00 2377 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Terlalu banyak duduk depan komputer kurang baik karena itu perlu dihindari

Tips Sehat Agar Tidak Terlalu Lama Duduk-Tips kali ini adalah lanjutan dari tips menghindari bahaya terlalu lama duduk. Bisa dibilang tips ini masih satu kesatuan dengan artikel sebelumnya.

Disebutkan sebelumnya, jika duduk terlalu lama bisa mengkaibatkan timbul banyak penyakit. Duduk terlalu lama dan kurang bergerak juga bisa mendatangkan gangguan kesehatan kronis, peningkatan gula darah, dan juga membuat tubuh memiliki banyak lemak karena banyaknya energi yang tidak terbakar. Karena itu, duduk terlalu lama perlu dihindari demi kesehatan.

5 Tips Sehat Agar Tidak Terlalu Lama Duduk Menatap Komputer

Untuk menghindari bahaya penyakit atau gangguan kesehatan bagi tubuh, sebaiknya lakukan tips-tips berikut agar Anda bisa terhindari dari bahaya terlalu banyak duduk. Apalagi buat Anda yang sering bekerja depan komputer. Berikut lima tips yang perlu Anda ketahui agar Anda bisa sehat, lebih banyak bergerak, dan tak hanya duduk menatap komputer.

 

1. Gunakan Tangga

 

5 Tips Sehat Agar Tidak Terlalu Lama Duduk Menatap Komputer

Lift, eskalator, atau tangga? Pilihan utama tentunya lift atau eskalator. Siapa sih yang ingin repot-repot dan capek-capek naik tangga? Ini juga pemikiran yang perlu dibalik. Berpindah lantai dengan menggunakan tangga memang melelahkan, tapi itu berarti Anda memanfaatkan otot dan membakar kalori lebih banyak daripada sekadar pencet-pencet tombol lalu “ting-tong”, tiba di lantai atas.

 

2. Dance, Dance!

5 Tips Sehat Agar Tidak Terlalu Lama Duduk Menatap Komputer

Tidak perlu kursus atau menyewa pemandu aerobik mahal untuk bisa menjaga tubuh tetap bagus. Menari adalah hobi yang bagus untuk kesehatan karena banyak menuntut gerak tubuh. Tari apa saja bisa dilakukan untuk membakar kalori. Tari tradisional, break dance, tango, apapun. Buat pemain game, mencoba memainkan game arcade bergenre dance juga bagus. Selain melatih gerakan tubuh, permainan ini juga menuntut kesigapan dan kecermatan koordinasi antara mata dengan tubuh. Plus, permainan ini bisa melatih kepercayaan diri untuk tampil di depan umum. Buat Anda yang terlalu banyak duduk depan komputer, latihan aerobik atua menari bisa menjadi penyeimbang yang baik

 

3. Meeting atau Rapat Sambil Jalan

 

5 Tips Sehat Agar Tidak Terlalu Lama Duduk Menatap Komputer

Seringkali meeting atau rapat dilakukan di sebuah ruangan tertutup, dengan peserta rapat duduk melingkar atau saling berhadapan. Ini adalah konsep lama yang perlu direvolusi. Mengapa tidak mencoba rapat atau meeting sambil berjalan di taman. Meskipun terkesan terlalu kasual, konsep seperti ini bisa memberikan suasana berbeda yang lebih aktif. Bahkan mungkin inspirasi bisa didapat lebih mudah dengan melihat suasana luar kantor daripada terkurung di dalam ruangan.

 

4. Datangi Orangnya

5 Tips Sehat Agar Tidak Terlalu Lama Duduk Menatap KomputerTerutama di kantor, jika Anda bisa menemui orang tersebut secara langsung, usahakan datangi saja secara langsung. Hindari penggunaan pesan singkat, chat, atau telepon untuk memanggil seseorang yang bisa Anda jangkau secara fisik. Selain mengurangi kegiatan tubuh, fenomena seperti ini kalau dipikir-pikir lagi sebenarnya konyol.

 

5. Jangan Lupa Air Putih

 

5 Tips Sehat Agar Tidak Terlalu Lama Duduk Menatap Komputer

Terakhir, jangan lupa air putih. Air putih adalah minuman yang paling sehat. Jadi, selalu minum air putih, dan perbanyak air putih. Kurangi minuman berperisa buatan, hindari minuman bersoda, jangan tergoda minuman suplemen. Selalu sedia air putih ke manapun Anda pergi.

Demikianlah tips kami untuk menjaga kesehatan tubuh apabila Anda masih sering atau terlalu lama duduk dalam sehari. Kesehatan hanya bisa dijaga olehh diri sendiri. Tanggung jawab terhadap diri sendiri adalah bentuk mensyukuri kehidupan dan kesehatan. Semoga kesehatan itu selalu bisa kita nikmati. [SN]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel