Tablet atau Phablet? Mana yang Anda Pilih?

16 Jul 2015 10:00 5010 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada banyak gadget menarik yang bisa Anda pilih, dua di antaranya adalah tablet dan phablet.

Di era teknologi yang semakin maju ini, orang semakin dibingungkan untuk memilih antara dua jenis gadget yang populer saat ini, yaitu tablet dan phablet. Mengapa? Hal membingungkan tersebut bisa terjadi karena saat ini fitur antara tablet dan phablet hampir sama dan mendekati. Ukuran layar phablet yang semakin besar, bisa mencapai lebih dari 5,2 inchi dan ukuran tablet yang sudah ada dalam ukuran lebih kecil serta mampu melakukan panggilan suara.

Konsumen akan merasa bingung mau memilih yang mana, apakah tablet atau phablet. Untuk sedikit mengeluarkan Anda dari rasa bingung tersebut, berikut uraian perbedaan tablet dan phablet dari beberapa sisi yang bisa membantu Anda memutuskan ingin menggunakan yang mana yang memang sesuai dengan kebutuhan.

 

Perbedaan Tablet dan Phablet dari Sisi Penyimpanan Data

Untuk masalah kapasitas penyimpanan data pada tablet dan phablet perbedaannya tidak begitu mencolok. Perbedaan kapasitas antara tablet berukuran mini dengan phablet tidak begitu jauh, tetapi umumnya kapasitas penyimpanan data pada phablet lebih besar sedikit jika dibandingkan dengan tablet mini.

Tablet atau Phablet? Mana yang Anda Pilih?

Perbedaan Tablet dan Phablet dari Sisi Harga

Ada perbedaan yang cukup mencolok dari sisi harga antara tablet dan phablet. Untuk jenis phablet, umumnya perbedaan harganya dengan jenis handphone lainnya baik yang berlayar kecil atau besar tidak begitu jauh. Akan tetapi untuk jenis tablet, perbedaan harga akan sangat terlihat.

Perbedaan harga tablet mini dengan tablet berukuran 9 inchi atau sedang bisa dikatakan cukup tinggi. Begitu juga jika dibandingkan dengan tablet yang berukuran besar atau 12 inchi, maka perbedaan harganya akan lebih tinggi lagi. Sedangkan berdasarkan beberapa data, ada perbedaan yang cukup tinggi antara harga phablet dengan tablet mini. Harga phablet umumnya berada di kisaran harga 397 USD, sedangkan harga tablet umumnya berada di kisaran 304 USD.

Tablet atau Phablet? Mana yang Anda Pilih?

Perbedaan Tablet dan Phablet dari Sisi Ketahanan Baterai

Pertimbangan dalam membeli sebuah gadget terutama tablet atau phablet salah satunya adalah ketahanan baterai yang dimilikinya. Seseorang tentunya menginginkan sebuah gadget yang memiliki daya tahan baterai yang lama. Lalu bagaimana dengan tablet dan phablet?

Untuk jenis phablet, umumnya, smartphone yang memiliki ukuran layar yang lebih besar dari smartphone biasa ini memiliki ketahanan baterai yang lebih tinggi. Contohnya seperti pada dua produk Samsung. Untuk phablet Samsung Galaxy Note 3, ditanami baterai yang mampu bertahan sampai dengan 21 jam. Sedangkan produk samsung lainnya yang berukuran lebih kecil seperti Samsung Galaxy S4 hanya ditanami baterai yang mampu bertahan sampai 17 jam.

Contoh lainnya terdapat pada produk Apple yaitu iPhone 6 Plus dengan iPhone 6. iPhone 6 ditanami dengan baterai yang hanya mampu bertahan sampai 14 jam saja, sedangkan iPhone 6 Plus ditanami dengan baterai yang mampu bertahan selama 24 jam.

Berbeda degan phablet, tablet tidak memiliki daya tahan yang setingi phablet. Untuk jenis tablet mini saja hanya ditanami baterai yang mampu bertahan selama 8,3 jam. Sedangkan untuk tablet berukuran sedang ditanami dengan baterai yang mampu bertahan selama 8,6 jam. Begitu juga dengan tablet berlayar besar, hanya ditanami dengan baterai yang mampu bertahan selama 10,8 jam.

Semua perbedaan antara tablet dan phablet di atas bisa menjadi pertimbangan untuk Anda. Masing-masing produk memiliki kelebihan dan kekurangannya, semua kembali bergantung pada kebutuhan Anda. Baik tablet ataupun phablet saat ini hampir memiliki fungsi yang sama, ditambah dengan ukuran layar yang saling menyesuaikan.

Tidak lupa juga, masalah persaingan harga. Kenyamanan dan kepercayaan Anda pada sebuah produk akan berbeda dengan orang lain, hanya saja kegiatan membaca terlebih dahulu review serta saran-saran atau juga tulisan perbandingan produk seperti dalam artikel ini, bisa banyak membantu Anda untuk keluar dari perasaan bingung dalam memilih produk-produk tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang produk mana yang lebih akan Anda pilih anatara tablet dan phablet. Semoga informasi yang disajikan dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda. [DIA]

Tags versus

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel