Enam Game Matematika Gratis yang Menyenangkan

21 Jul 2015 11:00 7369 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Enam game matematika gratis yang membuat pelajaran yang tidak disukai orang banyak ini menjadi lebih seru

Game Matematika Gratis -Mungkin banyak anak yang tidak suka belajar matematika karena membutuhkan logika dan ketekunan dalam pengerjaannya. Bahkan mungkin Anda sendiri yang tidak suka, padahal ilmu ini berguna di kehidupan sehari-hari. Bagi pelajar memecahkan persamaan kuadrat atau trigonometri mungkin membuatnya menjadi bosan. Namun, itu merupakan pelajaran yang penting dan semua orang butuh matematika. Jika Anda ingin memperkuat pengetahuan untuk matematika atau ingin menanamkan kepada anak Anda kalau matematika itu asyik, Anda perlu media yang baik agar pelajaran ini tidak membosankan. Salah satu jalannya adalah dengan game. Berikut enam game yang bisa mengajari Anda matematika.

 

Countdown Maths Game

Konsepnya mungkin sudah populer. Permainan ini didasarkan pada game pada acara TV di Inggris sejak tahun 1982. Game ini akan memberikan Anda tiga angka secara acak dan enam angka yang lebih kecil yang harus dibuat menjadi total dari angka tersebut. Anda hanya diperbolehkan menggunakan angka sekali saja dan hanya bisa menggunakan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Ada beberapa tingkat kesulitan mulai dari yang paling mudah dan sampai yang menguji mental Anda. Permainan ini juga bisa dimainkan dua orang untuk menyajikan game yang lebih menantang. Bermain game ini dalam beberapa minggu akan mempertajam kemampuan aritmetika Anda.

 

2Vars

2Vars adalah game untuk mendapatkan mental aritmetika. 2Vars merupakan singkatan dari Two Variable dan Anda bertugas mengisi dua kotak kosong dari opsi yang diberikan. Soal pada awalnya diberikan yang sederhana dan akan terus semakin sulit. Untuk belajar matematika, keindahan yang ditawarkan game ini membuat kita ingin terus menjawab benar karena merasa tertantang. Perkalian dan persamaan semakin panjang, lokasi kotak kosong juga terus berubah ubah setiap pertanyaan. Game ini juga memiliki leaderboard dan achievements yang membuat Anda tahu Anda ada kemajuan.

 

Simply Sudoku

Sudoku merupakan game legendaris walau saat ini sudah agak berkurang penggemarnya, tetapi game ini sangat baik untuk melatih kemampuan matematika Anda. Bagi yang belum tahu, game ini awalnya muncul di era Belle Epoque di Perancis dan kemudian yang moderennya dikembangkan di Amerika Serikat pada akhir tahun 1970-an. Mengingat game ini pernah meledak, tidak mengherankan ada ratusan versi game Sudoku di Play Store, tetapi bisa dibilang Sudoku versi ini yang paling baik. Hampir seperti game Sudoku lainnya ada beberapa tingkatan kesulitan, hints, mode pensil dan grafis yang bagus. Dia juga menawarkan fitur yang unik yaitu keyboard cerdas yang menunjukkan jawaban potensial dalam sebuah kotak kosong, pensil yang akan mengisi semua kotak kosong dengan solusi yang memungkinkan.

 

Algebra Tutor

Jika Anda sudah sering belajar aritmetika dasar mungkin Anda siap untuk yang lebih menantang, belajar aljabar kompleks. Apakah Anda tahu bagaimana mencari variable linear tunggal? Atau sudah mengenal istilah polynomial dengan ketentuan-ketentuannya? Mungkin Anda ingin belajar bagaimana mengonversi perhitungan berulang (expanded forms) eksponen. Algebra tutor bukan untuk orang yang masih setengah-setengah, tetapi bila Anda serius ingin belajar hal yang baru ini adalah pilihan yang bagus. Aplikasi ini akan memberikan Anda berlatih dengan 35 bentuk aljabar yang berbeda-beda dan menawarkan langkah demi langkah solusinya sehingga Anda tahu di bagian mana Anda salah. Aplikasi ini juga melacak kinerja Anda di semua masalah. Ini berarti Anda dapat terus belajar dan bisa melihat di mana titik lemah Anda dalam aljabar.

 

Math Effect

Matematika Effect adalah kebalikan dari game Countdown yang sebelumnya sudah dibahas. Anda akan diberikan soal persamaan dan juga solusinya. Yang perlu Anda putuskan adalah apakah solusi yang diberikan aplikasi ini benar atau salah. Kedengarannya mudah, tetapi setiap pertanyaan di waktu. Jika Anda salah, permainan selesai. Ada beberapa mode permainan, termasuk time mode, mode persamaan dan mode unlimited, ada juga halaman statistik yang sangat rinci untuk memantau seberapa akurat dan cepat Anda. Karena terdengar mudah, kita semakin tertantang untuk menyelesaikan soal yang diberikan game yang satu ini.

 

Threes!

Ini mungkin yang paling dikenal pemilik Android dan sempat meledak. Konsepnya sederhana; game mode, tingkat kesukaran dan ketepatan. Untuk mendapatkan skor setinggi mungkin Anda terlebih dahulu harus mengisi kotak 4x4. Caranya dengan menggeser grid untuk menambahkan angka yang sama, namun saat Anda menggeser grid game akan memberikan angka yang baru. Terdengar rumit? Harusnya tidak, Anda hanya perlu menambahkan angka yang sama, bila tidak ada angka yang sama Anda boleh mengambil yang terdekat agar angkanya menjadi sama. Untuk lebih jelasnya lihat video di bawah ini.


Demikianlah pembahasan tentang enam game matematika gratis. Semoga membantu Anda yang memang sedang mencari game matematika di perangkat Android [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel