Inilah 5 Makanan Penjaga Kesehatan Jantung!

19 Jun 2015 18:00 2620 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjaga asupan makanan 

Makanan untuk Kesehatan Jantung-Jantung yang sehat adalah jantung yang berdetak dengan normal atau stabil. Denyut jantung yang terlalu cepat atau bahkan terlalu lemah tidak baik untuk kesehatan. Bahkan terlalu cepatnya denyut jantung bisa menyebabkan adanya serangan jantung. Salah satu penyebab tidak stabilnya denyut jantung adalah stres akibat rasa lelah, aktivitas yang terlalu padat, beban pekerjaan, berbagai masalah hidup, dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi hal tersebut, maka sebaiknya mulailah untuk bersikap tenang dan mengonsumsi makanan yang bisa menjadi penjaga kesehatan jantung.

Ada beberapa makanan tertentu yang ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Seseorang mungkin tidak bisa menghindari kesibukan atau masalah yang datang yang bisa menyebabkan stres yang berakhir dengan denyut jantung yang tidak stabil, hanya saja jika tubuh tetap diasupi dengan makanan sehat yang baik juga untuk jantung, maka akan banyak membantu untuk tetap menstabilkan denyut jantung.

Makanan-makanan yang baik untuk jantung tersebut bukanlah makanan yang sulit dicari atau mahal. Makanan tersebut adalah makanan yang mudah ditemui, harganya terjangkau, dan rasanya tetap lezat di lidah. Berikut 5 jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

 

1. Makanan dengan Kalsium Tinggi

Makanan dengan kandungan kalsium di dalamnya sangat bagus untuk jantung. Kalsium merupakan jenis nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan jantung salah satunya adalah untuk mentasbilkan denyut jantung. Makanan dengan kandungan kalsium tersebut di antaranya seperti susu, brokoli, tahu, kubis, keju, dan lain-lain.

 

2. Makanan dengan Kandungan Lemak Omega-3

Makanan dengan kandungan asam lemak omega-3 juga sangat bagus. Asam lemak omega-3 merupakan kandungan makanan yang bisa membantu agar jantung tetap seha. Jantung yang sehat akan terhindar dari adanya serangan jantung serta memperkecil kemungkinan terjadinya ketidakstabilan pada denyut jantung. Makanan yang mengandugn asam lemak omega-3 di antaranya ikan sarden, tiram, ikan tuna, dan beberapa jenis kacang-kacangan.


3. Makanan dengan Kandungan Serat

Jantung juga sangat bagus jika banyak menerima asupan makanan dengan kandungan serat. Serat tidak hanya bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan kesehatan kulit, tetapi juga bisa membantu untuk menjaga kesehatan jantung. Makanan denga kandungan serat yang baik di dalamnya di antaranya seperti buah-buahan (anggur, pepaya, kurma, dan apel) serta sayur-sayuran.

 

4. Makanan dengan Kandungan Kalium

Makanan dengan kandungan kalium pun memiliki fungsi yang sama. Kalium memiliki banyak fungsi untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah untuk menjaga kestabilan denyut jantung. Makanan yang mengandung kalium tersebut di antaranya adalah ikan salmon, air kelapa, kacang kedelai, buah alpukat, tomat, jeruk, dan pisang.

 

5. Makanan dengan Kandungan Magnesium

Makanan dengan kandungan magnesium juga sangat bermanfaat. Magnesium ternyata memiliki peran yang aktif untuk menjaga dan menstabilkan denyut jantung. Makanan yang mengandung magnesium di antaranya adalah buah kurma, gandum, dan berbagai jenis sayuran hijau.

Demikianlah pembahasan tentang beberapa jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Semoga bermanfaat untuk semua. [DIA]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel