6 Alasan Mengapa Samsung Galaxy S6 Lebih Baik dari S6 Edge

11 Jul 2015 15:00 13826 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Enam alasan mengapa Samsung Galaxy 6 lebih baik dibandingkan dengan Samsung Galaxy S6 Edge

Ketika Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge diluncurkan, semua mata tertuju pada kedua perangkat perusahaan asal Korea tersebut. Ada yang menyukai Galaxy S6 dan tidak sedikit juga menyukai Galaxy S6 Edge. Namun, secara keseluruhan Galaxy S6 dinilai lebih baik dari saudaranya padahal harganya cukup jauh berbeda. Desain dan ukuran kedua perangkat ini juga tidak jauh berbeda, begitu juga dengan spesifikasi dan fitur-fiturnya. Yang membuat perbedaan mencolok adalah lengkungan layar Edge yang lebih besar dari S6. Baterai? Tidak terlalu karena S6 berkapasitas 2.550 mAh sedangkan Edge lebih besar sedikit, 2.600 mAh. Namun perbedaan harganya cukup mencolok. Untuk S6 32 GB sekitar Rp10 juta sedangkan Edge dengan kapasitas penyimpanan yang sama berkisar Rp12,2 juta. Untuk lebih mengetahui keunggulan Galaxy S6 Edge, lihat pembahasan berikut ini.

 

1.Lengkungan layar sebenarnya tidak melakukan apa-apa

Semua orang terpukau dengan layar melengkungnya Galaxy S6 Edge, namun mereka tidak menyadari seberapa melengkung layarnya. Bila Anda lihat dari samping, Anda akan tahu itu lebih seperti kaca transparan dengan area layar yang sangat sedikit untuk bisa dilihat. Anda bisa membandingkannya dengan Note Edge yang layarnya terpisah di bagian sampingnya, tetapi S6 Edge hanya sebuah kaca transparan yang melengkung. Apakah Anda layak untuk membayar lebih dari dua juta untuk hal ini. Ini keputusan Anda, perbedaan desain dengan layar melengkung memang berbeda dari kebanyakan handphone.

 

2. Harga S6 Edge

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, harga Samsung Galaxy Edge lebih mahal sekitar Rp2 juta. Untuk membuat beberapa fitur S6 Edge bisa bekerja dengan baik, Anda harus menghadapkan layarnya ke bawah. Memang Anda bisa menggunakan fiturnya tanpa harus membalikkan layarnya, tetapi akan sedikit sulit. Harga yang harus Anda bayar untuk bisa mendapat fitur Edge dengan membalikkan layar sekitar Rp2 juta rupiah. Kembali lagi kepada Anda, apakah Anda merasa pantas untuk mendapatkan fitur seperti itu dengan harga yang tidak murah? Mungkin desain menjadi pertimbangan Anda membeli Edge.

 

3. Anda bisa mendapatkan fitur Edge di S6

Selain dari bedtime clock di sisi layar Galaxy S6 Edge, semua fitur tepinya bisa diterapkan pada Galaxy S6 biasa. Di Edge, Anda bisa mengatur warna bar untuk kontak favorit Anda sebagai short cut. Kurang dari 30 menit setelah Glaxy S6 Edge diluncurkan, forum terbesar Android, XDA membuat fitur-fitur Galaxy S6 Edge. Edge Lightening, trik face-down untuk mengurangi kecerahan layar bisa didapatkan pengaturan LED. Fitur-fitur lainnya pun segera menyusul yang membuktikan tidak ada yang istimewa dari fitur Samsung Galaxy S 6 Edge.

6 Alasan Mengapa Samsung Galaxy S6 Lebih Baik dari S6 Edge

 

4.Galaxy S6 terlihat lebih baik

Anda mungkin tidak sependapat dengan yang satu ini, tetapi tepi layar Samsung Galaxy S6 Edge terasa sedikit Aneh. Anda merasa salah memegang S6 Edge ketika menggenggamnya. Galaxy S6 Edge lebih terasa nyaman di tangan karena ujungnya dibuat membulat, tidak tajam seperti S6 Edge. Penempatan tombol pada S6 juga terasa lebih alami dari pada S6 Edge yang berdesakan di bagian bawah ponsel karena bagian tepinya melengkung. Tetapi, ini mungkin karena belum terbiasa memegangnya karena selama ini kita memegang ponsel dengan layar yang standar dan ukuran area untuk tombol yang besar.

 

5.Layar ujung depan S6 Edge terkadang menyebalkan

Ketika Anda melihat ujung depan layar Galaxy S6 Edge, Anda akan mendapat pantulan layar yang aneh dari tepi layar. Memang, Anda akan mendapat pengalaman menonton yang lebih mendalam karena layar melengkungnya saat full screen, tetapi pantulan yang berasal dari ujung layar tersebut terkadang menjengkelkan dan mengurangi pengalaman mendalam saat menonton video. Isu lain adalah dengan menempatkan layar S6 Edge menghadap ke bawah ini akan mempercepat layar Anda mendapat goresan di sudut-sudutnya. Layar S6 baik Edge dan S6 biasa dilindungi Corning Gorilla Glass 4, tetapi tentu gesekan keras ketika layar menghadap ke bawah masih berbahaya bagi pelindung layar ini.

 

6. Edge sepertinya lebih rentan ketika terjatuh

Kita belum terbiasa memegang desain seperti Galaxy S6 Edge, itu salah satu faktor yang memungkinkan dia terjatuh saat kita pegang. Bila terjatuh, Edge sepertinya akan lebih mudah rusak karena layar melengkungnya. Bila Edge jatuhnya miring atau mendarat dengan salah satu sudutnya, tentu layarnya yang akan pertama menyentuh lantai. S6 biasa yang layarnya datar ketika terjatuh dengan miring atau salah satu sisinya (kiri atau kanan), yang terlebih dahulu terkena lantai adalah bodinya. Ini salah satu keuntungan dari ponsel berlayar datar. Kita tentu tidak ingin ponsel kita jatuh, tetapi kecelakaan tidak tahu kapan terjadinya.

Demikianlah bahasan tentang enam alasan untuk memilih Samsung Galaxy S6 daripada S6 Edge> Semoga artikel ini berguna untuk Anda yang memang berencana membeli produk Galaxy S6 tetapi bingung memilih varian yang mana. [RIC]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel