Modul Xposed Framework yang Layak Ada di Gadget Android Anda

20 May 2015 10:00 51832 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Modul-modul Xposed framework yang layak ada di ponsel Android Anda untuk penambahan fitur dan pengaturan UI

Xposed saat ini sedang berjuang untuk mengintegrasikan framework ini ke Android Lollipop. Banyak modul yang pada versi sebelumnya berjalan dengan baik di Lollipop sama sekali tidak bisa berjalan. Untuk itu, pada pembahasan kali ini diperuntukkan bagi orang-orang yang menggunakan Android KitKat karena di KitKat Xposed lebih stabil dan juga modul-modulnya. Bagi pengguna Lollipop Anda harus bersabar, biarkan developer menguji Xposed di berbagai ponsel agar bisa digunakan dengan mudah dan risiko yang kecil. Baerikut Modul Xposed Framework yang layak ada di ponsel Anda.

 

GravityBox

Ini adalah modul yang paling penting dan paling berguna. Modul ini juga yang saat ini paling sering diuji coba developer karena banyak sekali penggemarnya. Untuk beberapa perangkat yang menjalankan Lollipop GravityBox sudah bisa dijalankan, tetapi masih sangat sedikit. Tetapi untuk pengguna KitKat dan Jelly Bean, modul yang satu ini sudah stabil. Bila Anda sudah menginstal Xposed, ini adalah modul pertama yang seharusnya Anda pasang karena fiturnya sangat banyak dan tentunya berguna untuk Android Anda. GrivityBox merupakan modul open source, jadi Anda bisa mendapatkannya secara gratis.

Fitur-fitur andalannya seperti Expanded Desktop yang berguna untuk memperluas layar Anda dengan menyembunyikan kontrol navigasi yang berada di bagian bawah layar dan juga notification bar di atas layar. Anda juga bisa mengubah style indikator baterai, menggeser jam di bar notifikasi, mengatur menu power-off (reboot, masuk ke recovery, profil), mengubah fungsi tombol volume, mengubah style notifikasi, lockscreen dan masih banyak lagi. Bisa dibilang Gravity box menggabung berbagai aplikasi ke dalam satu modul tetapi tidak akan memberatkan kinerja Android Anda. Ukurannya pun kecil, hanya 1,31 MB.

Versi KitKat

Versi Jelley Bean

Versi premium ada di Play Store

 

System Tuner

Ini merupakan aplikasi wajib untuk ponsel Android yang sudah di root. Ada tujuh fungsi besar System Tuner yaitu Aplication Manager, Task Manager, System Monitoring, Status Bar Notification, mengonfigurasi widget, terminal emulator dan terakhir untuk menyimpan logcat atau kernel. Pada menu Aplication Manager, selain fungsi dasar seperti restore, backup, uninstall Anda juga bisa mem-freez/unfreez aplikasi. Jadi, bila ada sebuah aplikasi yang jarang Anda gunakan tetapi masih dibutuhkan di kemudian hari Anda bisa menggunakan fitur ini. Fitur Andalan lain adalah System control. Fitur ini berguna untuk Anda yang menggunakan kernel custom. Fungsi-fungsinya seperti mengatur mode CPU (Governor, frekwensi, voltage, mengatur GPU dan lainnya. Guna dari konfigurasi ini mempengaruhi baterai Anda. Pengaturan yang sesuai Akan membuat baterai lebih irit dari sebelumnya.

System Tuner free

System Tuner Pro

 

Greenyfy

Ini menjadi aplikasi favorit yang pengguna Android saat ini karena aplikasi ini bisa menghemat baterai Anda secara drastis. Andalah aplikasi ini adalah meng-hibernasi aplikasi Anda sehingga dia tidak akan berjalan. Berbeda dengan freez/unfreez aplikasi seperti yang ada di Titanium Beckup atau GravityBox, Greenfy hanya menon-aktifkan aplikasi ketika Anda tidak menggunakannya. Ketika Anda membukanya, aplikasi tersebut otomatis akan berjalan lagi. Kalau freez dan unfreez, Anda perlu masuk ke aplikasi Titanium dan meng-unfreez aplikasi yang sudah Anda freez. Target utama Greenfy untuk di hibernate adalah aplikasi yang berjalan di background karena aplikasi aplikasi ini memang cukup memakan baterai dan juga RAM perangkat Anda. Greenify berjalan di background aplikasi ini Anda tetapi dengan ringan, dan mulus. Sudah banyak sekali pengguna Android yang terbantu menghemat baterainya dengan aplikasi yang satu ini. Tak heran jika Greenify sudah di download lebih dari 1 juta kali di Google Play. Greenfy kali ini bisa digunakan tanpa Xposed tetapi untuk versi yang sebelumnya, Xposed masih dibutuhkan karena tidak semua versi Greenify berjalan baik di setiap versi Android.

Greenify

Fourm Greenify

Modul-modul lainnya

Untuk melengkapi modul Xposed Anda bisa menambahkan seperti XBatteryThemer untuk mengubah ikon baterai. Yang lainnya misalnya  BBM Theme Engine yang berfungsi untuk mengubah tampilan BBM atau DoubleTapToSleep  untuk yang Androidnya hanya bisa di upgrade ke KitKat.

Anda bisa melihat daftarnya di forum XDA ini atau langsung ke website resmi Xposed. Perlu dicatat, tidak semua modul ini bisa bekerja dengan baik pada setiap smartphone. Carilah informasi di website resmi Xposed terlebih dahulu dan jangan lupa untuk mem-beckup data Anda sebelum instalasi modul. [RIC]

Tags Framework

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel