Mengenal 9 Fitur Baru Android Lollipop 5.1

24 Apr 2015 09:00 6145 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Fitur-fitur baru di Android Lollipop 5.1 dari masalah keamanan, WiFi, Bluetooth, animasi dan masih banyak lagi yang bisa Anda nikmati

Android Lolipop  5.1 kini sudah hadir untuk perangkat mobile Google, Nexus. Ada beberapa fitur tambahan dan UI pada update kali ini seperti Device Protection, icon SIM card, mode volume dan beberapa modifikasi untuk mempermudah Anda, termasuk update bagian radio.

Bila dilihat, tidak ada perubahan yang besar pada update Android Lollipop 5.1 kali ini, Google hanya menambahkan beberapa fitur kecil, tetapi sangat berguna untuk mempermudah pengguna. Berikut fitur-fitur tambahan yang dimasukkan Google pada update kali ini.

 

Android Lollipop 5.1

Device protection

Salah satu fitur yang paling penting tidak ada di setiap perangkat. ‘Device Protection adalah fitur baru untuk anti-pencurian yang ditambahkan pada perangkat Nexus 6, Nexus 9 dan semua perangkat yang menggunakan Android Lollipop 5.1. Itu berarti Nexus 5, Nexus 4, Nexus 7 dan Nexus 10 belum mendapat fitur ini.

Dengan Device Protection, perangkat yang hilang atau dicuri akan tetap terkunci sampai memasukkan akun Google Anda bahkan ketika pencurinya melakukan factory reset. Fitur ini aktif jika Anda menggunakan lock screen seperti PIN atau pattern dan memasukkan paling tidak satu akun.

 

Baca juga :

                   Bersiaplah untuk Kehadiran Smartphone Android Bermerek Google

                   Review Laptop MSI Prestige PE60 2QE: Platform Multimedia Performa Gaming

 

WiFi lebih pintar

Sekarang perangkat yang menggunakan Android 5.1 akan mengingat koneksi WiFi yang limited atau tidak koneksi internetnya dan secara otomatis tidak akan terhubung kepada WiFi yang tidak memiliki internet nantinya. Ini sangat berguna ketika kita menggunakan jaringan nirkabel di hotel atau restaurant yang memiliki kecepatan internet jelek.

Peningkatan pada Priority Mode

Priority mode pertama kali diperkenalkan pada Android 5.0 dan dapat digunakan untuk membungkam alerts, fitur ini ditingkatkan sekarang. Sebelumnya ini mampu mengaktifkan fitur indefinitely (tidak terbatas) dan berdasarkan waktu. Kali ini, Priority Mode bisa diatur hingga alarm berikutnya berbunyi. Ini mempermudah Anda mengatur Priority Mode sebelum tidur dan ketika alarm berbunyi, mode prioritas yang dipilih otomatis menyala.

Menambah fungsi Volume

Saat memutar musik pada perangkat Android, menekan tombol volume akan mengganti lagu selanjutnya atau sebelumnya. Untuk mengubah tombol volume berfungsi ke notifikasi masuk ke menu Setting kemudian Sounds & notifacations. Di Android 5.1, tekan pada tombol volume akan memunculkan ikon lonceng. Cukup tekan ikon tersebut, itu dapat mengubah volume dering dan notifikasi ponsel Anda.

Mempermudah tersambung ke WiFi dan Bluetooth

Sebuah perbaikan kecil ke menu Quick Settings akan membuat kehidupan Anda lebih mudah. Tap pada ikon WiFi atau Bluetooth akan masuk ke fitur mematikan dan menghidupkan pada versi Android sebelumnya. Tap pada nama WiFi akan masuk ke menu Setting.

Di Android 5.1, panah kecil ditambahkan di bawah ikon WiFi dan Bluetooth pada notification bar. Tap pada ikon panah tersebut maka akan muncul layar Quick Settings yang memungkinkan Anda dengan mudah terhubung ke jaringan WiFi atau Bluetooth.

Volume alarm semakin mudah di ubah

Di versi Android sebelumnya, Anda harus masuk ke Setting, tap Sound  & notification dan geser bar volume alarm. Tidak terlalu jauh perbedaannya memang, hanya dipersingkat menjadi dua langkah. Yang harus Anda lakukan sekarang adalah masuk ke aplikasi jam dan tekan tombol volume.

Penambahan icon baru

Menekan tombol volume saat di home screen pada perangkat yang menjalankan Android 5.1 sekarang akan menampilkan set ikon penyesuaian volume.

Icon SIM card yang baru

Icon baru untuk SIM card akan Anda temukan di bar status. Bila Anda melepas SIM card sekarang akan menampilkan icon yang berbeda. Bila sebelumnya icon hilang ketika SIM card dicabut, kali ini icon SIM card di beri garis silang.

Kesimpulan

Fitur-fitur ini hanyalah fitur yang terlihat, sudah pasti Google juga membangun Lollipop 5.1 di balik layarnya. Mengapa memberikan fitur kecil seperti itu butuh waktu yang cukup lama? Karena semua sistem Android terhubung. Dan bila ada perubahan kecil di salah satu bagian maka perlu perubahan di bagian yang lain untuk menyesuaikan. Penambahan fitur pada Android Lollipop 5.1 memang kecil, tetapi itu membuat perubahan yang berguna pada penggunaan sehari-hari Anda. Saat ini memang Lollipop 5.1 masih terbatas untuk perangkat Nexus, hanya tinggal tunggu waktu menghampiri perangkat Anda. Bila Anda sudah me-root Android Anda, salah satu jalan merasakan Android 5.1 bisa menggunakan custom ROM seperti CM12.1 atau Ice Cold Project 9.0. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel