Beberapa Cara Memperbaiki Play Store yang Error

21 Apr 2015 10:00 5037 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beberapa cara memperbaiki Play Store Google Play yang error atau stop working untuk Anda pengguna Android

Cara Memperbaiki Play Store yang Error-Pernahkah Google Play Store Anda mengalami error? Ketika Anda sedang mencari aplikasi yang menarik dan men-download-nya,  muncul pesan yang sangat mengganggu (pesan error). Ini tentu pengalaman yang tidak nyaman. Beberapa perangkat kemungkinan mengalami masalah ini dan bahkan ketika Anda meng-update Aplikasi Google Play, masalah ini tetap saja muncul.

Sebenarnya, banyak faktor yang memuat masalah ini muncul, bisa karena aplikasi, masalah setting, atau Google Play Service. Ada beberapa cara memperbaikinya, tergantung pesan error yang muncul. Berikut cara memperbaiki Play Store yang error.

 

Google Play Store Error DF-BPA-09 “Error Processing Purchase”

Error Processing Purchase DF-BPA-09 Google Play cukup sering terjadi untuk pengguna Android ketika mencoba men-download aplikasi. Masalahnya tidak akan hilang bila Anda mencoba men-download ulang, jadi Anda butuh masuk ke pengaturan. Mengingat masalahnya bukan dari pengguna, melainkan dari Google Play, mudah-mudahan ini akan diperbaiki dalam waktu dekat. Ini cara memperbaiki Play Store untuk masalah ini:

 

  • Masuk ke Setting perangkat Anda
  • Tap Applications atau App Manager (terkadang nama berbeda untuk setiap perangkat)
  • Swipe ke kolom All
  • Scroll ke bawah sampai Anda melihat “Google Service Framework”
  • Pilih Clear Data dan tap OK

Jika cara ini tidak berhasil, buka situs Google Play pada PC dan Instal aplikasi yang tadinya tidak bisa Anda instal. Lihat Android Anda, seharusnya aplikasi sedang terinstal.

 

Google Play Store Error 495

Masalah

Error ketika sedang men-download atau update aplikasi dari Play Store

Solusinya

Hapus data Google Play Store anda. Untuk melakukannya masuk ke Setting > Apps > All >Google Play Store > Clear Data. Selain menghapus data Play Store, hapus juga data dari Google Service Framework (catatan: Ini akan meminta untuk memasukkan ID Google lagi karena ID sebelumnya di hapus, kemungkinan aplikasi Google Anda akan sedikit bermasalah).

Setelah itu, hapus akun Google Anda, reboot handphone Anda dan kembali masukkan ID Google ke Setting > Accounts > Add Account > Google Account.

 

Google Play Store Error 941

Masalah

Gangguan ketika meng-update

Solusinya

Masuk ke Setting > Apps > All > Google Play Store dan Clear Cache and Data. Masih ditempat yang sama, scroll ke bawah hingga menemukan Download Manager dan Clear Cache and Data juga di sini. Coba update kembali aplikasi Anda.

 

Google Play Store Error 504

Masalah

Tidak bisa mendownload aplikasi karena error

Solusi

Seperti biasa. Buka Setting > Apps > All >Google Play Store dan bersihkan cache dan data. Jangan lupa clear cache dan data untuk Google Service Framework.

 

Baca juga :

                    5 Tips dan Trick Google Play yang Perlu Diketahui Pengguna Android

                     6 Tips Membeli Laptop di Tahun 2016

 

Google Play Store Error 491

Masalah

Tidak memungkinkan untuk mendownload dan update

Solusinya

Hapus akun Google Anda dengan masuk ke pengaturan perangkat. Tap remove account. Reboot Android dan sekali lagi tambahkan akun Google Anda. Selanjutnya, masih di dalam pengaturan masuk ke Apps dan swipe ke All. Scroll ke bawah dan cari Google Service, tap clear data dan terakhir force stop.

Google Play Store Error 498

Masalah

Gangguan ketika mendownload

Solusi

Masalah ini muncul karena cache diperangkat Anda penuh. Hapus aplikasi dan file yang tidak dibutuhkan. Restart perangkat Anda ke mode recovery dengan menekan tombol Volume Down + Down + Home (untuk perangkat Samsung) atau Volume + Power untuk beberapa perangkat lain (cara ini terkadang berbeda untuk setiap perangkat).

Anda akan disajikan dengan beberapa pilihan menu. Saat ini kita hanya perlu menghapus cache. Pilih menu recovery dengan menekan tombol Volume Down dan Volume Up untuk memilih. Hati-hati menggunakan mode recovery ini, jangan sekali-sekali pilih yang Anda tidak tahu. Pilih Wipe Cache Partition kemudian OK.

 

Google Play Store Error 919

Masalah

Download berjalan, tetapi tidak bisa membuka yang di download

Solusi

Ini simple, ruang penyimpanan Anda tidak cukup lagi. Hapus data yang tidak dibutuhkan entah itu musik, video, Foto atau aplikasi yang memakan penyimpanan.

 

Google Play Store Error 413

Masalah

Tidak bisa mendownload atau update aplikasi. Jika Anda menggunakan proxy, ini adalah masalah utamanya dengan Play Store.

Solusi

Pada Setting cari Apps, swipe ke All. Scroll ke bawah hingga Anda menemukan Google Service kemudian tap clear data kemudian Force Stop. Lakukan hal yang sama untuk aplikasi Google Play Store dan hapus cache dari browser internet Anda.

 

Kesimpulan

Mungkin ada beberapa pesan error dari Google yang tidak masuk dalam daftar ini, tetapi kebanyakan masalahnya adalah dengan cache. Untuk itu, cara membenahi Play Store Anda harus akrab dengan recovery android. Bagi yang sudah me-root androidnya ini tentu bukan masalah besar dan memang lebih mudah menggunakan kostum recovery daripada recovery bawaan Android.[RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel