Tips Memperkuat Daya Tahan Baterai Sony Xperia Z3

21 Apr 2015 09:00 13774 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips baterai untuk pengguna Sony Xperia Z3 agar lebih tahan lama dan juga menjaga kesehatan baterai

Sony Xperia Z3  merupakan smartphone dengan punya  fitur yang hebat dan daya tahan baterai yang luar biasa. Tetapi namanya juga smartphone, jika  Sony Xperia Z3  sering digunakan, baterai akan terkuras dengan cepat. Karena itulah, artikel kali ini akan membahas tentang tips baterai Sony Xperia Z3 agar baterainya lebih banyak dimanfaatkan serta membuat  Xperia Z3  terus dal;am mode ‘Aeroplane’ sepanjang waktu

Kenapa tips ini  dibutuhkan? Karena baterai adalah hal terpenting untuk smartphone, termasuk  Xperia Z3. Tanpa berlama-lama lagi, berikut tips  memperkuat daya tahan baterai Sony Xperia Z3

 

Pilih aplikasi untuk Sony Xperia Z3 anda dengan hati-hati!

Jumlah waktu yang bisa disediakan Xperia Z3 tergantung apa yang anda lakukan padanya; full creen, gaming mode fast-paced tentu akan menguras baterai lebih cepat di banding browsing di internet atau mendengarkan MP3. Jadi, bukan ide yang bagus anda terus bermain game ketika baterai tinggal sedikit. Anda juga harus memperhatikan aplikasi yang berjalan background. Jika anda tidak membutuhkan mereka berjalan terus untuk memeriksa update-an. Baterai anda akan sedikit lebih ringan pekerjaannya bila anda mematikan aplikasi tersebut sementara atau menonaktifkan aplikasi yang terus mengupdate di background.

Turunkan kecerahan!

Layar adalah sumber penguras baterai yang pertama. Bila anda melihat penggunaan baterai di pengaturan, lihatlah, layar berada di barisan paling depan. Bila anda menggunakan aplikasi lain seperti DU Battery atau GSam Batery Monitor System dan Kernel adalah pemakan baterai no.1, sayangnya tentu kita tidak bisa mengurangi kinerja mereka. Maka dari itu, untuk meminimalisir penggunaan baterai, layar adalah pilihan yang tepat. Contonhnya, ketika anda dalam ruangan yang cukup terang aturlah kecerahan di tingkat yang sewajarnya atau ketika anda ingin tidur, atur kecerahan hingga ke paling minimal.                

Batasi akses ke Location Service!

Anda mungkin tahu fitur GPS memiliki efek besar pada baterai, tetapi juga anda tahu fitur ini bukan hanya untuk maps saja. Fitur ini berfungsi untuk cuaca, aplikasi berita, sosial network dan bahkan aplikasi perbankan yang ingin mengetahui lokasi anda agar bisa mengirim konten yang sesuai pada anda. Ide bagus bila anda masuk ke Setting> Location untuk melihat aplikasi apa saja yang menggunakan fitur Google Service. Ini juga akan memberi tahu seberapa besar efek aplikasi tersebut mempengaruhi baterai anda. Perhatikan juga aplikasi yang memiliki pengaturan lokasi sendiri seperti Twitter, Facebook, Path, Instagram dan yang lainnya. Bila anda sering memposting atau men-tweet dengan fitur location aplikasi ini menyala, jangan heran baterai anda cepat terkuras.

 

Baca juga :

                   5 Tips Berguna Untuk Pengguna Windows 10 Yang Perlu Diketahui

                   6 Pemain dan Mantan Pemain Persib yang Memiliki Wajah Tampan

 

Jangan Streaming jika Tidak Harus!

Banyak aplikasi yang memungkinkan anda untuk mendownload konten agar bisa dilihat offline seperti Spotify Premium dan You Tube. Itu sangat berguna karena mendengarkan atau menonton konten dengan tidak menggunakan koneksi data anda akan lebih menghemat baterai. Yang paling menguras baterai ketika anda streaming adalah saat buffer karena ponsel anda akan memaksa signalnya untuk menyelesaikan buffer, kalau anda menggunakan jaringan yang stabil dari router, ini tidak masalah.

Matikan Fitur yang Tidak Dibutuhkan!

Mematikan fitur WiFi atau Bluetooth tidak akan berpengaruh besar pada baterai anda, tetapi jika anda membuat banyak perubahan pada fitur akan membuat perbedaan yang mencolok. Matikan WiFi, Bluetooth, GPS dan Location Mode akan memberikan efek yang besar. Aplikasi seperti Wireless Minder akan mematikan WiFi anda secara otomatis bila tidak ada jaringan WiFi yang bisa tersambung dengan perangkat anda. Anda juga dapat menggunakan aplikasi seperti Tasker untuk mengatur profil agar beberapa fitur dimatikan saat kondisi tertentu. Di sini lah salah satu keuntungan android yang sudah di root, anda bisa mengatur fitur yang berhubungan dengan sensor seperti sensor mata, gerak, proximity dan lain sebagainya sehingga lebih bisa menghemat baterai.

Jauhkan Ponsel Anda dari Panas!

Ini bukan candaan, panas membuat perbedaan untuk kinerja baterai dan umurnya. Kinerja baterai akan turun 20% bila dia bekerja di suhu 30 derajat Celcius. Jadi, jangan tinggalkan Sony Experia Z3 anda di bawah sinar matahari, di sebelah sirkulasi laptop anda atau di tempat panas lainnya. Walau begitu, baterai akan bekerja lebih baik di suhu udara yang hangat, bukan dingin, jadi jangan terkejut bila baterai anda lebih tahan saat di kamar daripada luar ruangan.

Lihat yang Paling Menguras Baterai Anda!

Menu baterai di Setting sangat membantu, dia akan mengatakan aplikasi atau operasi mana yang paling menguras baterai anda. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kebanyakan System dan Kernel lah yang paling menguras baterai dan yang ketiga adalah layar. Tetapi, bila anda melihat aplikasi yang paling menguras baterai, itu perlu diperhatikan.

Sekian tips  untuk memperkuat daya tahan baterai Sony Experia Z3 Anda. Tips ini kemungkinan besar juga berlaku untuk ponsel android lain. Untuk memastikan dalam keadaan bagaimana ponsel anda baterainya lebih tahan lama, anda bisa menginstal aplikasi dari Play Store seperti GSam Battery Monitor atau DU Batttery Sever atau aplikasi lainnya. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel