Ini Dia Cara Melakukan Update ke Sistem Operasi iOS 8

16 Nov 2014 15:00 39467 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beberapa fitur yang cukup dinantikan dari iOS 8 adalah Handoff yang memungkinkan pengguna melakukan sinkronisasi berbagai tugas dengan perangkat Mac OS X Yosemite. Ada juga fitur Smart Keyboard yang lebih dalam membaca kata yang akan diketik penggunanya.

Apple telah mengumumkan perangkat terbarunya, yakni iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pada Selasa, 9 September 2014. Selain memperkenalkan kedua perangkat terbarunya, Apple juga memperkenalkan sistem operasi iOS 8. Sitem operasi ini memang sudah diantisipasi kedatangannya oleh para pengguna iDevice. Banyak pengguna yang memang menantikan fitur-fitur terbaru yang tersemat di sistem operasi iOS 8.

Beberapa fitur yang cukup dinantikan dari iOS 8 adalah Handoff yang memungkinkan pengguna melakukan sinkronisasi berbagai tugas dengan perangkat Mac OS X Yosemite. Ada juga fitur Smart Keyboard yang lebih dalam membaca kata yang akan diketik penggunanya. Selain itu, sejumlah fitur mengalami peningkatan seperti Email Client, iPhoto, dan Family Sharing,

 

CARA UPDATE KE IOS 8

Apple sendiri menyatakan jika iOS 8 sudah bisa didapatkan oleh para pengguna mulai 17 September 2014 lalu. Para pengguna yang memiliki perangkat iDevice dengan iOS 7 bisa melakukan update pada tanggal tersebut. Cara update ke perangkat iOS 8 pun cukup mudah. Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk untuk melakukan proses update ke iOS 8 ini. Apa saja caranya? Berikut penjelasannya.

 

  1. CARA UPDATE DENGAN OTA

Cara ini adalah cara paling mudah. Anda bisa menggunakan cara update dengan OTA. Cara ini hanya menggunakan perangkat iDevices (perangkat Apple) yang harus tersambung dengan koneksi WiFi (jaringan harus cepat dan stabil). Anda bisa langsung hubungkan perangkat iOS ke WiFi. Setelah itu, Anda masuk ke bagian Setting, kemudian pilih General, dan pilihlah Software Updates. Nantinya, akan Anda tampilan pilihan menu untuk mengunduh iOS 8. Setelah tampil pilih download and instal. Perlu diketahui, sebaiknya Anda mengosongkan memori internal terlebih dulu sebesar 5GB. Meskipun, nantinya file yang diunduh hanya sekitaran 1GB, beberapa perangkat iOS mengharuskan penggunanya untuk mengosongkan memori internal sebanyak 5GB.

 

  1. DOWNLOAD VIA KOMPUTER

Bagi Anda yang ingin download via komputer dengan jaringan LAN, Anda bisa melakukan langkah kedua. Caranya, Anda cukup menghubungkan perangkat iOS dengan komputer yang sudah terpasang iTunes versi baru. Setelah itu, Anda cek bagian sidebar iTunes dan pilihalah jenis perangkat yang akan di-update. Pilih tombol Check for Updates. Nantinya, Anda akan dihadapkan pada tiga pilihan. Pertama cancel untuk membatalkan, kedua Download Only untuk hanya download saja, dan ketiga Download and Update untuk langsung unduh dan terinstal di perangkat iOS yang Anda miliki. Sebaiknya, Anda memilih Download and Update karena lebih praktis.

 

Baca juga :

               APPLE mengeluarkan iOS 9.3

               Hal yang Harus Diperhatikan Saat Datang ke Acara Bukber

 

  1. CARA RESTORE (KHUSUS JAILBREAK)

Cara ketiga untuk download iOS 7 adalah cara yang dikhususkan untuk perangkat iOS Jailbreak. Ada dua metode dalam menggunakan cara ini. Cara pertama adalah dengan menghubungkan perangkat iOS ke komputer. Setelah itu cek sidebar di iTunes, dan pilihlah Restore setelah itu pilih Backup. Perlu diingat langkah ini akan menghapus semua data di perangkat iOS Anda. Jadi sebaiknya, lakukan backup terlebih dahulu.

Cara kedua adalah dengan download file.ipsw. Langkah pertama masih sama dengan sebelumnya. Hanya saja saat di bagian sidebar iTunes, pilihlah tompol Option atau Shift (Windows PC) lalu pilihlah Restore. Setelah itu, akan muncul jendela finder untuk mencari file .ipsw. Cara ini dianggap lebih aman oleh banyak orang yang sudah mencobanya. Untuk file .ipsw sendiri, Anda bisa mengunduhnya di situs appldnld.apple.com. Selamat mencoba.

 

DUKUNGAN PERANGKAT

Perlu diketahui, iOS 8 ini tidak mendukung semua perangkat iDevice. Beberapa prangkat lawas besutan Apple tidak mendukung sistem operasi iOS 8 ini. Apple menyatakan bahwa perangkat yang akan mendapat update iOS 8 adalah seri iPod Touch generasi kelima, iPhone 4S, iPhone 5, dan iPhone 5S. Untuk seri iPad, dukungan iOS 8 diberikan pada perangkat iPad 2, iPad Retina Display, iPad Mini, iPad Mini with Retina Display, dan iPad Air.

Berdasarkan keterangan tersebut, tentu saja cukup mengagetkan. Pasalnya, seri iPhone 5C tidak kebagian jatah untuk mencicipi iOS 8. Namun, bisa saja kedepan Apple memberi dukungan terhadap seri iPhone 5C.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel