Cara Mempercepat Booting Pada Windows

27 Dec 2012 14:00 6938 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Berapa menit komputer Anda untuk startup? Satu, dua, tiga atau lebih? Walau lebih dari tiga menit itu tidak mengherankan karena memang kemampuan komputer berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Plimbi akan memberikan solusinya. Berikut adalah cara mempercepat booting pada komputer Windows Anda.

Berapa menit komputer Anda untuk startup? Satu, dua, tiga atau lebih? Walau lebih dari tiga menit itu tidak mengherankan karena memang kemampuan komputer berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Banyak hal yang menghalangi komputer agar startup-nya cepat. Sebelum masuk ke homescreen Windows, terlebih dahulu sistem menjalankan berbagai program-program. Terkadang Anda mungkin banyak menginstal berbagai program-program yang kurang berguna karena ingin coba-coba awalnya. Tapi lupa meng-uninstal. Atau memasang banyak widget di layar desktop Agar kelihatan canggih. Atau juga Anda jarang merapikan komputer. Data-data berantakan di sana sini, sistem registry kacau. Sepertinya mengerikan sekali keadaan komputer sedemikian rupa. Tapi tidak apa-apa karena memang beberapa orang menggunakan komputernya seperti itu. Akibatnya saat startup, komputer butuh waktu 3 sampai 4 menit. Untuk mengatasi hal tersebut, Plimbi akan memberikan solusinya. Berikut adalah cara mempercepat booting pada komputer Windows Anda.

MSConfig: Mencegah program dan Servis saat mulai start up

Hal pertama yang dilakukan adalah mengetahui apa yang berjalan ketika startingup. Ada beberapa cara untuk mengetahuinya. Bisa langsung melalui Windows atau menggunakan program khusus. Untuk yang langsung dari Windows tekan tombol WINDOWS+R untuk membuka Run Promt. Kemudian ketik msconfig dan klik OK. Msconfig merupakan singkatan dari Microsoft Configuration. Pilih tab startup. Mungkin sedikit memusingkan dengan data-data seperti yang ditampilkan msconfig. Tetapi Plimbi punya beberapa tips agar nantinya tidak terjadi kesalahan dalam pengeditan. Berikut tipsnya:

  • Biarkan semua yang memiliki lebel merek laptop Anda (Asus, HP, Acer dan lain-lain)
  • Biarkan semua yang terkait Microsoft
  • Biarkan semua yang terkait Intel atau AMD
  • Biarkan semua yang terkait driver

Hal-hal yang berhubungan dengan yang disebutkan di atas penting untuk menjalankan komputer Anda. Plimbi menyarankan untuk tidak menghapus semua yang berhubungan dengan merek komputer, driver processor atau Microsoft. Atau biar lebih aman Anda bisa mencentang kotak kecil di bagian bawah kiri pada *tab service "Hide all Microsoft service".

Lihat daftar di tab startup, bila ada yang Anda rasa tidak perlu dijalankan ketika startup hilangkan centang dengan mengkliknya. Setelah selesai, klik apply dan Windows akan meminta restart komputer Anda. Untuk melihat perubahan silakan restart.

Tunda service ketika start up

Dengan cara di atas mungkin sudah terasa perubahan pada startup komputer Anda. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menunda program-program yang berjalan saat startup. Penundaan ini bisa diatur pada interval yang berbeda. Untuk mengaturnya buka msconfig kembali kemudian pilih tabTools > Computer Management (klik launch) > Service and Aplication > Service. Atau cara cepatnya bisa dengan menekan tombol Windows isikan service pada kolom pencarian klik.

Pada bagian ini Anda juga harus hati-hati. Anda harus terlebih dahulu mengetahui aplikasi apa yang akan ditunda peluncurannya ketika startup. Jika sudah yakin klik kanan dan pilih properties, pilih tab general. Pada bagian tengah jedela ada menu startup type pilih Automatic (delayed start).

Device manager: nonaktifkan driver yang tidak berguna

Untuk mengakses Device Manager ketik "device manager" di pencarian start menu. Mungkin tidak banyak driver yang tidak berguna ditemukan di sini, tetapi satu atau dua driver mungkin ditemukan. Jika ada, non aktifkan driver tersebut. Tetapi kita tetap harus berhati-hati menonaktifkan driver ini. Kiranya Anda tahu yang mana driver yangpenting untuk komputer Anda.

Menggunakan Aplikasi Soluto

Soluto sangat mudah digunakan sebagai sarana cara mempercepat booting Windows. Anda hanya perlu mendownload programnya kemudian meng-instalnya di komputer dan menjalankannya. Program ini akan menampilkan kondisi komputer seperti berapa banyak yang aplikasi yang telah dihapus, potential removed app dan lain-lain. Setelah itu program akan meminta untuk me-restart komputer Anda. Require minimum dari aplikasi ini adalah OS Windows XP sampai Windows 7 (saat artikel ini ditulis), dengan ukuran file 1.46 Mb Anda bisa mendownload gratis di sini.

Boot Racer dan Boot Timer

Jika Soluto tidak menghitung berapa lama komputer Anda booting ada program lain yang menyediakannya yaitu Boot Racer dan Boot Timer. Boot Recer memiliki antarmuka yang lebih menarik bila dibandingkan dengan Boot Timer, hanya saja fungsi mereka sama persis. Tergantung Anda mau memilih yang mana. Aplikasi ini memiliki minimum require OS Windows XP sampai Windows 7 (saat artikel ini ditulis). Anda bisa mendownload Boot Racer di sini, dan Boot Timer di sini.

Beberapa aplikasi alternatif MSConfig

Semua program tersebut tersedia gratis. Demikian cara mempercepat booting Windows. Mudah-mudahan bermanfaat. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel