Tips dan Trik Fotografi - Memotret Menggunakan Kamera Smartphone dengan Maksimal

2 May 2014 09:00 33697 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fungsi smartphone saat ini bukan hanya sebagai perangkat untuk berkomunikasi seperti telepon atau mengirim pesan saja. Kecanggihan teknologi membuat smartphone lebih kaya akan fitur dan memiliki lebih banyak fungsi.

Fungsi smartphone saat ini bukan hanya sebagai perangkat untuk berkomunikasi seperti telepon atau mengirim pesan saja. Kecanggihan teknologi membuat smartphone lebih kaya akan fitur dan memiliki lebih banyak fungsi. Seperti misalnya untuk kamera. Ini menjadikan pengguna smartphone tak perlu membawa kamera digital lagi untuk menjepret momen-momen menarik. Perkembangan kamera pada HP atau smartphone memang begitu pesat. Kualitas foto yang dihasilkan pun makin hari makin meningkat. Bahkan tidak kalah dengan kamera digital. Walau begitu tentu saja hasil foto yang diambil dengan kamera digital dengan kamera smartphone berbeda. Namun bukan berarti mengambil foto dengan kamera smartphone hasilnya buruk loh. Dengan 10 tips dan trik fotografi memotret dengan smartphone ini, niscaya gambar yang diambil dengan kamera ponsel pun hasilnya sama memuaskannya dengan kamera digital.

 

1. Pegang smartphone dengan mantap dan jangan goyah

Tips dan trik fotografi yang pertama adalah untuk smartphone keluaran terbaru, fitur kamera sudah diperkaya dengan adanya teknologi Optical Image Stabilization (OIS) yang membuat hasil foto tidak blur atau goyah. Namun bila yang Anda miliki masih belum dilengkapi fitur OIS, maka sebaiknya ketia mengambil gambar pegang smartphone dengan mantap agar gambar yang ditangkap pun tajam dan memiliki fokus yang bagus.

Illusttrasi : Cara memegang Kamera yang baik dan benar

 

2. Jangan gunakan digital zoom

Kamera ponsel pun hampir sama dengan kamera digital umumnya sudah dilengkapi dengan adanya fitur zoom. Namun sebaiknya jangan menggunakan fitur tersebut. Loh mengapa? Fitur zoom pada kamera ponsel akan mengurangi kualitas foto yang dihasilnya. Cara mengakalinya, Anda dapat melakukan cropping untuk membuat objek tampak lebih besar. Jika Anda memperhatikan tips dan trik ini niscaya hasilnya pun akan lebih bagus daripada bila Anda memfokuskan objek dengan fitur zoom.

 

3. Gunakan resolusi terbaik dari kamera Anda

Biasanya di kamera ponsel akan ada pilihan untuk mengatur kualitas resolusi foto yang dihasilkan. Caranya pun mudah, cukup atur resolusi tertinggi di menu setting kamera ponsel. Dengan menggunakan resolusi paling tinggi, foto yang didapat pun akan lebih jernih.

 

4. Bersihkan lensa kamera smarpthone

Kebersihan lensa kamera ponsel pun menjadi salah satu faktor hasil foto loh. Karena itu secara rajin dan teratur membersihkan lensa kamera ponsel dari debu, kotoran, atau bahkan sidik jari wajib dilakukan. Namun perhatikan ya, ketika membersihkan lensa kamera ponsel sebaiknya menggunakan kain dengan serat yang lembut dan halus sehingga tak menggores lensa. Tips dan trik ini tentunya cocok bagi Anda yang tidak malas untuk rutin membersihkan smartphone Anda.

Illustrasi : cara membersihkan lensa kamera

 

5. Atur titik fokus dan exposure secara manual

Demi mendapatkan hasil foto dengan kualitas yang memuaskan, tips dan trik berikutnya adalah sebaiknya lakukan pengaturan eksposure dan fokus objek secara manual. Coba saja dan lihat bagaimana hasil foto Anda akan 100 persen berbeda dibanding dengan menggunakan fokus dan eksposure auto.

 

Baca juga :

               Sering Kena Macet? 4 Hal Berikut ini Dapat Dilakukan Ketika Terjebak Kemacetan

               Kembalinya Custom ROM Paranoid Android dengan Perilisan Terbarunya

 

6. Gunakan rumus rule of three

Tips dan trik tentang pengaturan komposisi ini banyak dilakukan oleh para fotografer profesional untuk mengambil foto yang bagus. Karena itu, walau mengambil gambar dengan menggunakan kamera ponsel, tak ada salahnya bukan bila Anda mengikuti rule of three ala fotografer?

 

7. Manfaatkanlah fitur kamera mode

Maksimalkan mode kamera yang tersedia dalam fitur kamera ponsel Anda. Tips dan trik mode kamera disini maksudnya seperti night mode, panorama, atau beauty face hingga smile detector. Pilihan mode jepretan ini membuat hasil foto akan nampak lebih maksimal. Tapi sesuaikan mode yang Anda pilih dengan keadaan ya.

Illustrasi : optimalkan mode yang terdapat pada kamera anda

 

8. Gunakan aplikasi kamera tambahan

Tak ada salahnya bila menggunakan aplikasi edit foto atau kamera tambahan demi memaksimalkan hasil foto yang Anda dapatkan dengan cara mudah dan efektif. Ada banyak pilihan aplikasi yang dapat Anda pilih di webstore.

 

9. Ambil banyak foto

Bermain-mainlah dengan banyak setting dan angel yang berbeda ketika mengambil gambar satu objek. Banyaknya pilihan ini membuat Anda dapat memilih yang terbaik alias sang foto juara.

 

10. Edit foto

Tips dan trik terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah mengenai foto. Melakukan editing foto untuk mendapatkan hasil yang lebih baik memang sah dilakukan. Namun jangan melakukan proses editing terlalu berlebihan karena hal ini nantinya justru merusak originalitas foto itu sendiri. Editing foto hanya jika diperlukan saja, dan tidak berlebihan. [HMD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel