Anda Pernah Membeli Tiket Kereta Api Online? Inilah Keuntungan Membeli Tiket Transportasi Secara Online

2 Feb 2014 16:00 3327 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Internet semakin memudahkan orang untuk melakukan banyak hal, mulai bidang perniagaan, bisnis, komunikasi dan juga berbagai transaksi termasuk transaksi jual beli tiket transportasi. Ada banyak keuntungan membeli tiket online, terutama untuk kepraktisan dan proses cepatnya.

Saat ini Anda bisa membeli berbagai tiket transportasi baik itu darat, laut dan udara. Banyak situs-situs yang menyediakan berbagai macam layanan penjualan tiket transportasi misalnya membeli tiket kereta api online. Anda bisa bertransaksi langsung dengan proses yang cepat dan pastinya lebih banyak keuntungan dibanding kekurangannya. Berikut ini Plimbi akan mengulas berbagai keuntungan membeli tiket online untuk transportasi, dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang masih meragukan transaksi online. Simak selengkapnya dibawah ini:

Akses dari rumah

Pemesanan tiket secara online tentu bisa Anda lakukan dimana saja dan melalui perangkat apa saja yang mendukung jaringan internet. Sebagai contoh ketika Anda berencana pergi ke luar kota dengan jasa angkutan pesawat terbang, Anda bisa membeli tiket online melalui komputer, ponsel pintar maupun perangkat lain. Bisa dilakukan di rumah, di tempat kerja atau dimana pun selama akses jaringan mendukung.

Tidak perlu pergi ke agen

Sebelum pembelian secara online menjadi populer biasanya pengguna akan pergi langsung ke agen pemesanan tiket maupun biro perjalanan. Namun pembelian secara online membuat Anda tidak perlu lagi ke tempat-tempat tersebut, cukup pesan dan Anda akan menerima kode konfirmasi. Sangat menghemat waktu, terutama ketika Anda sedang sibuk melakukan pekerjaan atau lokasi rumah Anda yang jauh karena agen-agen tiket biasanya berada di pusat kota. Anda dipastikan tidak ikut mengantre didepan loket maupun berdesak-desakan dengan calon pengguna yang lainnya. Ingat bahwa di tempat umum cukup rentan dengan oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Tidak ada calo

Dunia percaloan seakan-akan telah runtuh karena kemajuan teknologi dalam pemesanan tiket online. Lagi pula saat ini jasa transportasi besar telah mengatur sistem secara boarding pass dan penumpang wajib memperlihatkan identitas asli. Tidak ada lagi tempat untuk para calo yang merugikan.

Layanan 24 jam

Umumnya layanan penjualan tiket secara online tersedia selama 24 jam penuh, meski tidak semua. Terutama untuk layanan pemesanan (reservasi) tiket dari website resmi seperti PT.KAI sebagai penyedia jasa transportasi darat. Selain itu, situs resmi dari jasa transportasi yang bersangkutan juga menerima layanan mengenai informasi, keluhan dan saran.

Proses cepat

Membeli tiket online dengan beberapa klik saja, Anda sudah dapat mendapatkan issued tiket yang selanjutnya akan dikirimkan ke kotak masuk e-mail Anda. Bahkan bisa juga Anda akan mendapatkan print out tiket yang hanya dalam beberapa hari umumnya sudah tiba di kotak surat rumah Anda via jasa pengiriman dokumen yang terpercaya.

 

Baca juga :

               5 Aplikasi Terbaik Pendukung Berwisata Tahun 2015

               Tips dan Trik Praktis Mengupas Kulit Buah Mangga, Jeruk, Kiwi, dan Buah Naga

 

Pembayaran via bank

Layanan situs penyedia tiket online transportasi yang sudah profesional umumnya telah terintegrasi dengan layanan e-solution pada beberapa bank besar. Beberapa contohnya adalah dengan Mandiri Clickpay maupun BCA Klikpay. Hal tersebut tentu saja membuktikan bahwa website tersebut sudah memiliki kontrak e-commerce profesional dengan pihak bank guna proses pembayaran lebih cepat tanpa uang  cash. Selain dengan e-solution, bisa juga transaksi memanfaatkan layanan menggunakan akun virtual via ATM untuk transaksi mereka.

Mencari tanggal pemberangkatan sendiri

Sering kali pada situs penjualan tiket secara online Anda harus mengisi beberapa form untuk keberangkatan. Sebagai contoh adalah tanggal keberangkatan, kota asal (bisa stasiun asal, bandara asal, atau pelabuhan asal), kota tujuan, jumlah penumpang, dan lain-lain. Setelah mengisi form tersebut Anda tinggal klik Cari tiket. Maka data Anda muncul, yaki total biaya. Jadi Anda tidak perlu lagi bertanya-tanya pada petugas loket lagi karena semua data yang Anda inginkan bisa diakses secara online.

Lakukan perbandingan harga

Saat ini ada banyak situs penjualan tiket onlin yang memiliki fasilitas guna Anda bisa melihat perbandingan harga tiket. Sebagai contoh adalah perbandingan harga tiiket pesawat seluruh maskapai penerbangan yang berbeda. Anda bisa melihat harga secara lengkap dan biasanya sudah merupakan harga bersih tanpa ada tambahan biaya lagi. Yang pasti keutamaannya adalah keleluasaan kepada pelanggan untuk memilih nama perusahaan transportasi (perusahaan maskapai, nama kereta, maupun bis) dengan memberikan rincian data secara lengkap penumpang serta berbagai metode pembayaran yang Anda sukai.

Kesimpulan

Demikian berbagai keuntungan membeli tiket online jasa transportasi. Anda juga perlu waspada karena marak penipuan. Carilah situs-situs web penjualan tiket yang terpercaya, resmi dan memiliki reputasi baik. Apakah Anda bermaksud pergi ke Jogjakarta menggunakan kereta? Anda tidak perlu repot untuk mendatangi stasiun saat ini juga. Sila coba pembelian tiket kereta api online pada situs resminya dan tentukan tanggal keberangkatan sesuka Anda. Selamat mencoba! [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel