Tujuh Tips dan Cara Mengembalikan Email yang Di Hack

24 Apr 2015 11:00 95409 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mungkin Anda berpikir Anda telah mengambil langkah yang tepat untuk melindungi data akun email Anda. Namun bagaimana jika semua upaya Anda tersebut masih saja membuat akun email Anda ter-hack.

Mungkin Anda berpikir Anda telah mengambil langkah yang tepat untuk melindungi data akun email Anda. Namun bagaimana jika semua upaya Anda tersebut masih saja membuat akun email Anda ter-hack. Bagaimana jika semua data kerja Anda berada dalam akun email Anda dan Anda tidak bisa memasuki akun email Anda dan Anda terancam kehilangan segala data pekerjaan Anda, apa yang akan Anda lakukan? Berikut adalah tujuh langkah dan cara mengembalikan email yang di hack untuk membuat Anda dan kontak email Anda aman setelah akun email Anda telah dibajak.

  • Periksa situs penyedia email Anda untuk informasi

Kebanyakan penyedia email seperti Yahoo, Google dan Microsoft akan memiliki instruksi online untuk kasus akun email diambil alih. Yahoo Mail memiliki link berjudul "I can't access my account" pada halaman depan, sedangkan untuk Microsoft Outlook sendiri akan menawarkan bantuan  "Can't access your account?"

Google memiliki set terpisah untuk instruksi "Compromised Gmail account" dan "Someone is sending from my address" di dalam bagian Security & Privacy di bawah Help.

  • Hubungi penyedia email Anda untuk melaporkan kejadian tersebut

Jika [website FAQ] tidak bekerja untuk Anda, hubungi [perusahaan] secara langsung dan mintalah untuk berbicara dengan departemen teknologi mereka untuk mencari tahu apa yang harus Anda lakukan. Anda juga harus melaporkan kejadian tersebut kepada tim keamanan penyedia email Anda. Lakukan ini saat Anda sedang dalam proses mendapatkan akun email Anda kembali.

  • Kabari keluarga, kolega dan teman Anda yang sering berkomunikasi melalui email

Cara mengembalikan email yang di hack selanjutnya adalah dengan mengabari keluarga Anda. Anda harus memberitahu orang-orang bahwa email Anda telah di-hack dan bahwa mereka mungkin akan menerima email dari Anda yang meminta sejumlah uang dan mempromosikan produk atau layanan tertentu yang tentunya itu bukan benar-benar dari Anda.

Anda juga harus memberitahukan kabar buruk ini. Jika secara kebetulan mereka benar-benar mengklik link yang dikirimkan dari email Anda yang tidak terbayangkan bahwa malware dan virus menyertainya di dalamnya. Baik Anda dan teman Anda yang telah menerima email dari akun Anda yang dibajak harus mengaktifkan anti virus untuk menjalankan pemindaian guna menghindarkan kejadian yang tidak diinginkan.

  • Periksa pengaturan email pribadi Anda

Pembajak email Anda mungkin telah membuat forwarding dari alamat email Anda ke alamat email lainnya. Mereka yang mendapatkan pesan dari email Anda mungkin akan mendapatkan laporan dari email Anda tentang keungan Anda atau apapun itu yang menurut Anda merupakan laporan penting dan sensitif untuk diketahui khalayak ramai.

Bahkan ketika Anda mendapatkan email Anda kembali, Anda masih akan meneruskan pesan forward itu tanpa sepengetahuan Anda. Hal ini akan melakukan forwarding setiap email yang Anda kirim dan akan diterima oleh hacker.

Lihat pengaturan akun email Anda untuk memastikan hacker tidak merubah tanda tangan otomatis Anda. Mungkin mereka menaruh malware di dalam pengaturan email Anda.

 

Baca juga :

               Inilah Perintah Lengkap dari Google Now

               Inilah 9 Masjid Terindah Di Bandung !!

 

  • Ubah kata sandi dan user ID Anda

Jika Anda salah satu dari orang-orang yang percaya password universal dan user ID, sekarang saatnya untuk merevisi keyakinan Anda. Ubah password Anda dan user ID di semua situs lain di mana Anda telah menggunakan password email Anda dan ID pengguna. Gunakan ID yang berbeda untuk setiap situs. Buat kata sandi Anda panjang dan kuat dan gunakan kata sandi alfanumerik dan ID user.

  • Lihat pada folder email Anda

Ini sangatlah menyenangkan ketika Anda melihat atau mengintip ke dalam folder email Anda, karena Anda akan segera bernostalgia melihat segala sesuatu yang Anda lupakan di sana. Dan jika Anda melihatnya, maka Anda harus segera menghapusnya terutama untuk email yang mengarah ke situs lain dan kemudian segera ubah user ID dan password Anda yang terkait dengan situs-situs lain.

  • Selalu perhatikan dengan serius dan sungguh-sungguh untuk akun Anda yang lainnya

Jika akun email Anda telah dibajak, Anda mungkin akan mendapatkan paranoia, dan ini bagus. Karena dengan paranoia ini, Anda akan makin waspada untuk menjaga akun email Anda yang lainnya jika memang Anda memiliki beberapa akun email yang Anda gunakan untuk kepentingan Anda yang lainnya. Anda akan selalu melakukan pengecekkan pada akun bank Anda, akun kartu kredit, akun asuransi Anda dalam rentang waktu yang berdekatan dan rutin. Tentunya ini akan selalu meningkatkan kewaspadaan Anda. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel