Cara Menghemat Baterai Android Unik Yang Jarang Diketahui

13 Sep 2013 12:00 44576 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Baterai yang boros merupakan suatu hal yang sudah cukup identik dengan Android. Maka tidak heran jika banyak cara menghemat baterai Android yang bertebaran saat ini, mulai dari menginstal aplikasi penghemat baterai, mematikan koneksi internet, dan lainnya.

Baterai yang boros merupakan suatu hal yang sudah cukup identik dengan Android. Maka tidak heran jika banyak cara menghemat baterai Android yang bertebaran saat ini, mulai dari menginstal aplikasi penghemat baterai, mematikan koneksi internet, dan lainnya. Kini Plimbi akan memberikan Anda tips untuk menghemat baterai Android dengan cara yang unik dan jarang diketahui oleh orang-orang. Tips kali ini yaitu hanya dengan menggunakan wallpaper hitam. Namun tips ini tidak berlaku untuk semua jenis perangkat Android karena tips ini hanya berlaku untuk perangkat yang menggunakan layar AMOLED, dan bukan LCD.

Ya, perangkat berlayar LCD tidak akan bisa mengimplementasikan cara menghemat baterai Android ini. LCD sendiri merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display, dan teknologi ini banyak digunakan pada perangkat televisi dan monitor. Seperti yang digambarkan oeh namanya, layar LCD ini terbuat dari Kristal sehingga tidak dapat memancarkan cahaya. Layar ini hanya mentransmisikan cahaya yang dikirim dari sumber cahaya di belakangnya. Artinya, jika layar ini menampilkan warna hitam, maka sebenarnya itu adalah warna hitam yang dipancarkan oleh sumber cahaya di dalamnya. selain tidak memancarkan cahaya, layar LCD ini juga terkenal boros energi sehingga cepat menghabiskan baterai.

Selanjutnya ada teknologi layar yang dissebut AMOLED. AMOLED sendiri merupakan singkatan dari Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode. Teknologi ini banyak digunakan pada smartphone dan tablet, terutama buatan Samsung. Tidak seperti layar LCD, layar AMOLED ini mampu memancarkan cahaya. Dengan begitu jika layar AMOLED memancarkan warna hitam, maka warna tersebut benar-benar warna dari layar ini, dan bukan dari sumber cahaya di belakangnya. Selain itu, layar ini juga mampu memancarkan cahaya per piksel sehingga akan menghemat baterai karena tidak perlu memancarkan cahaya dari semua piksel.

Dari penjelasan dua jenis layar di atas, maka kini kita dapat menyimpulkan bahwa layar AMOLED mampu menghemat baterai jika menggunakan wallpaper berwarna hitam atau berwarna gelap. Seorang anggota forum XDA Developer pernah melakukan eksperimen jika cara ini mampu menghemat 6% baterai per jam pada kondisi brightness 20%, dan mampu menghemat hingga 8% per jam pada kondisi full brightness. Eksperimen ini sendiri menggunakan wallpaper berwarna hitam dengan kondisi layar yang terus menyala.

Lantas bagaimana jika kita menggunakan wallpaper berwarna hitam pada perangkat yang berlayar LCD? Hal tersebut tentu tidak berguna karena layar LCD hanya menggunakan sumber cahaya di belakangnya. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan pada layar LCD adalah dengan mengaktifkan Battery saver mode ataupun tidak menyalakannya secar terus menerus. Namun dengan layar LCD ini berarti Anda bisa memasang wallpaper apapun di layar Anda karena semua warna tidak berpengaruh terhadap baterai. Berbeda dengan layar AMOLED yang setiap warnanya memiliki pengaruh berbeda terhadap baterai.

 

Baca juga :

               Layar ini Memiliki Tingkat Kerapatan Layar Mencapai 847 ppi

               5 Cara Berwisata sambil Meningkatkan Kualitas Hidup Kita sebagai Seseorang

 

Selain menggunakan wallpaper berwarna hitam, ada beberapa cara lain bagi pengguna layar AMOLED untuk menghemat baterainya. Salah satunya adalah dengan melakukan setting berbagai macam aplikasi dengan warna hitam karena kita justru lebih sering menggunakan aplikasi dari pada diam di homescreen dan memandangi wallpaper saja. Sebagai contoh, Anda dapat mengatur agar aplikasi sosial media ataupun messenger dengan menggunakan teks hitam.

Untuk membuktikan hal ini sebenarnya Anda bisa melakukan eksperimen sendiri. Pertama, isilah baterai ponsel Anda hingga penuh lalu pasang wallpaper dengan warna yang cerah dan aturlah layarnya agar terus menyala. Setelah itu biarkan layar tersebut menyala hingga baterainya hampir habis. Kemudian masuk ke menu setting – battery usage, dan catatlah berapa persen kapasitas baterai yang digunakan oleh layar tersebut. Setelah itu ulangi langkah semula tapi dengan menggunakan wallpaper hitam atau wallpaper yang cukup gelap. Lihatlah perbedaan konsumsi baterai yang digunakan ketika menggunakan wallpaper hitam dan wallpaper berwarna cerah..

Selain hal tersebut, masih ada hal-hal lain yang bisa Anda lakukan untuk semakin memperpanjang usia baterai Anda, seperti mengatur timeout setting, menggunakan baterai saving mode, dan lainnya. semoga tips ini dapat membantu Anda yang sering kesal dengan baterai yang boros, terutama ketika berpergian ke berbagai tempat. Selamat mencoba! [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel