Tips Memilih Sistem Operasi Komputer antara Unix, Linux, dan Windows sebagai Sistem Server

10 Sep 2013 11:15 5762 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Menjadi Big Decission saat akan memilik sebuah Sistem Operasi yang akan digunakan. Hal ini berimbas pada penggunaan faktor  penunjang lainnya. Karena itu menjadi sebuah bahan krusial saat akan menentukan Sistem Operasi mana yang akan digunakan, menjadi banyak waktu yang dihabiskan untuk melakukan pemilihan ini.

Menjadi Big Decission saat akan memilik sebuah Sistem Operasi komputer yang akan digunakan. Hal ini berimbas pada penggunaan faktor  penunjang lainnya. Karena itu menjadi sebuah bahan krusial saat akan menentukan Sistem Operasi mana yang akan digunakan, menjadi banyak waktu yang dihabiskan untuk melakukan pemilihan ini. Hal ini dimulai dari faktor cost yang dihabiskan, mulai pembelian lisensi dan perawatan lainnya. Perbedaan ini lah yang menjadikan faktor penting perbedaan antara Sistem Operasi Linux dan Windows, dan terlebih dengan Sistem Operasi berbasiskan Unix. Berikut ini beberapa Faktor dalam memilih Sistem Operasi komputer bagi Sistem Server.

Salah satu faktor penting dalam pemilihan sebuah sistem ini adalah biaya yang akan nantinya dihabiskan, hal ini sudah disebutkan di atas karena menjadi sangat penting. Biaya ini dimulai sejak pembelian lisensi sebuah Sistem Operasi, Perpanjangan Lisensi, Perawatan terhadap sistem operasi dan bahkan pada biaya untuk Technical Support dari Sistem Operasi tersebut. Selain penunjang itu, faktor pentingnya adalah sistem apa yang akan digunakan jika kita akan menggunakan Server kita sebagai Web Hosting ini menjadi kan beberapa pilihan menjadi bercabang. Hal ini dikarenakan faktor penggunaan Bahasa Pemograman yang akan digunakan sebagai WebSite, jika kita akan menggunakan PHP kita bisa menggunakan Unix, Linux, dan bahkan Windows sendiri bisa menggunakan Bahasa ini tetapi hal ini akan berbeda jika akan menggunakan Bahasa ASP, sudah barang tentu kita hanya akan menggunakan Windows sebagai Sistem Operasi Server kita.

Beberapa pengamat atau bahkan pengguna dari Sistem Operasi lebih memilih menggunakan Linux, hal ini diakibatkan beberapa faktor. Diantaranya biaya Lisensi yang lebih murah dibandingkan dengan Unix dan Windows, tetapi Sistem Operasi Linux ini  lebih aman dibandingkan dengan Windows. Penggunaan Linux sendiri bisa lebih fleksibel dibandingkan dengan Windows, dan bisa kita sesuaikan service apa yang akan kita gunakan.

  • Linux

Linux menjadi terkenal sejak pertama kali diperkenal atau dirilis ke publish oleh Linus Torvald ke publik melalui milis. Sejak itu Linux sudah sering dikembangkan ke berbagai arah, mulai dari Sistem Operasi Desktop, Server dan bahkan saat ini sudah menjadi otak dari Sistem Operasi Mobile Android, Tizen, Firefox Os. Linux pertama kali diperkenal kan pada tangga 5 Oktober 1991. Banyak Sistem Engineer lebih memilik menggunakan Sistem Operasi Linux sebagai Sistem Server Utama mereka, hal ini dikarenakan Cost yang lebih murah dan Fleksibel yang dimilikinya. Linux menjadi pesaing utama bagi Sistem Operasi lainnya seperti Windows dan bahkan Unix. Sampai saat ini Sisteom Operasi Linux ini sudah dimodifikasi dan dirilis diberbagai distribusi dengan berbagai kelebihan masing – masing. Mulai dari Ubuntu, Red Hat yang didukung oleh Perusahaan besar di dunia Linux, dan yang didukung oleh komuniti seperti Slackware. Karena kemudahan dalam kostumisasi iniliah Linux menjadi pilihan utama dalam penggunaan Sistem Operasi Server.

Kelebihan: Aman, Fleksibel dan Low Cost menjadikan kelebihan Linux sebagai sistem operasi yang bisa membuat kita menjadi Jatuh Hati.

Kekurangan:  Bukan pilihan yang mudah bagi pemula, dan Sistem GUI nya yang tidak terlalu Friendly user.

  • Unix

Sistem Operasi bisa jadi menjadi Sistem Operasi paling tua yang masih bertahan sampai saat ini. Unix pertama kali di develop pada tahun 1969,  dan dibangun sebagai sistem uang mampu melakukan Multi-Tasking dan Multi-user Interface. Karena kemampuannya inilah masih banyak Universitas, Perusahaan Besar, dan Perusahaan Komunikasi Global yang menggunakan Sistem mereka dibawah Sistem Operasi Unix.  Saat ini sistem Unix ini mash di gawangi oleh sistem operasi Besar mulai Solaris yang ada di bawah Oracle, HP dengan Hp-Unix, dan ada juga yang berbasis komunitas yang lebih banyak digawangi oleh BSD, seperti OpenBSD, NetBSD, FreeBSD, dan ada juga yang merupakan turunan dari Solaris, OpenSolaris, dan OpenIndiana. Kemampuan lain yang dimiliki oleh Unix ini adalah Keamanan yang terjamin dan kemampuan nya dalam mengakses berbagai Sistem file, kemampuan yang fleksibel ini lah yang membuatnya bertahan selama hampir 50 tahun ini menghadapi gempuran Sistem Operasi Windows.

 

Baca juga :

               NexDock; Laptop tanpa sistem operasi , Smartphone bisa jadi OS perangkat ini

               Tutorial Mengembalikan File Microsoft Office yang Sempat Hilang

 

Kelebihan: Kemampuannya yang Multi-tasking menjadikannya pilihan utama dalam Sistem Mainframe yang besar, dan kemampuannya dalam mengakses berbagai file di sistem operasi lainnya menjadikannya mudah dalam melakukan Transfer.

Kelemahan: Kekurangannya dari sistem Unix ini adalah GUI yang tidak terlalu user-friendly dan membutuhkan kemampuan lebih bagi sistem administratornya. Menjadi nilai minus dari Unix ini Cost nya yang lebih mahal dibandingkan dengan Linux, hal ini dikarenakan karena Unix dibangun untuk Mainframe besar dan server.

  • Windows

Siapa yang tidak mengenal Windows, sebagian besar dari PC menggunakan sistem operasi Windows ini. Windows dibuat oleh Microsoft , sebuah perusahaan yang didirkan oleh Bill Gates. Sampai saat ini Windows masih digunakan oleh Sistem Server terlebih bagi mereka yang menggunakan ASP, VB, Active Directory dan teknologi .Net. pasti mereka menggunakan Sistem Operasi Windows ini, karena teknologi yang dirilis untuk Windows tidak bisa di run atau eksekusi di bawah Sistem Operasi lainnya.

Kelebihan:  Sistem Windows memberikan kemudahan bagi penggunaanya hal ini dikarenakan GUI yang User Friendly dan kemudahan dalam mendapatkan bantuan dari Technical Support.

Kekurangan: Sistem Operasi Windows mewajibkan kita untuk membeli lisensi mereka dan memberlakukan sistem perpanjang jika kita ingin menggunakan sistem Windows terus. Hal ini mengakibatkan Biaya yang menjadi Mahal. [ENJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel