Mari Menebak Harga iPhone 5 di Indonesia

28 Sep 2012 12:30 9422 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Untuk membuat iPhone 5, Apple mengaku menghabiskan dana sebesar $200 atau setara dengan 1,9 jutaan. Ini memiliki selisih $12 dengan pendahulunya iPhone 4S yang mana pada saat perakitannya hanya memakan biaya sebesar $188. Hal ini dikarenakan iPhone 5 memiliki bahan yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan iPhone 4S. Namun bagaimana harga iPhone 5 sendiri di...

iPhone 5 yang telah diperkenalkan beberapa waktu yang lalu akan menjadi antisipasi smartphone Apple yang baru dan mungkin akan memecahkan rekor penjualan pada peluncurannya. Namun beberapa fitur yang ditawarkannya tidak berbeda jauh dengan apa yang ditawarkan oleh iPhone 4S. Untuk membuat iPhone 5 ini, perusahaan dari mendiang Steve Jobs ini mengaku menghabiskan dana sebesar $200 atau setara dengan 1,9 jutaan. Ini memiliki selisih $12 dengan pendahulunya iPhone 4S yang mana pada saat perakitannya hanya memakan biaya sebesar $188. Hal ini dikarenakan iPhone 5 memiliki bahan yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan iPhone 4S. Namun bagaimana harga iPhone 5 sendiri di Indonesia? Yang notabene penggemar gadget canggih semacan iPhone ini juga memiliki range tinggi di pasar tanah air.

Dan dari sejarahnya, Apple selalu membanderol harga yang murah untuk generasi terbarunya di negara asalnya Amerika Serikat, dan harga itu akan melambung tinggi ketika masuk ke dalam pasar penjualan gadget di tanah air. Namun hingga sekarang masih belum ada pengumuman resmi dari pihak Apple sendiri berapa kira-kira ponsel ini akan diberi harga. Namun sepertinya akan menjadi hal yang mustahil jika iPhone 5 ini nantinya akan diberikan harga lebih murah dibandingkan dengan iPhone 4S dan iPhone 3G dan 3GS pada masa awal kemunculannya. Dan tentu saja ini masih merupakan prediksi, kita tidak tahu berapa harga yang akan dibanderol oleh iPhone 5 nantinya ketika telah masuk pasar tanah air.

Apple pertama kali mencoba debutnya di dunia ponsel pada tahun 2007. Pada hari itu, kemunculan iPhone sangat menjadi fenomena seperti sekarang dan banyak timbul spekulasi pada ponsel tersebut termasuk harga yang akan dibanderol oleh ponsel ini. Di tanah kelahirannya sendiri, saat pertama kali kelahiran iPhone, ponsel ini dibanderol dengan harga $499 untuk versi 4GB, $599 untuk 8GB, dan untuk 16GB pun dibanderol dengan harga yang sama, yakni $499. Namun hal ini berbeda ketika masuk pasar Indonesia untuk pertama kalinya. Pada saat kemunculan pertamanya, ponsel ini termasuk ponsel high class yang mana jika dilihat dari rentang harganya mematok harga 7 hingga 8 jutaan. Begitu pula dengan kemunculan iPhone 4 dan 4S, keduanya sama-sama mematok harga yang tinggi. Dan hal ini yang menjadikan hal yang mustahil jika iPhone 5 akan dipatok dengan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Komponen yang digunakan iPhone 5 memiliki harga yang tinggi, terutama pada bagian layar kacanya yang mana memiliki panel canggih yang mengintegrasikan sensor sentuh dan panel display. Dan tentu saja layar iPhone 5 sendiri lebih besar setengah inchi dibandingkan dengan layar pada iPhone 4S. Dan bagian iPhone 5 yang mahal lainnya adalah pada bagian chips LTE yang ditanamkan pada ponselnya yang mana perusahaan mengatakan harus menambahkan biaya $10 untuk menanamkan chip LTE pada iPhone 5. Belum lagi prosesor A6 yang juga memiliki biaya yang sangat mahal dibandingkan dengan prosesor A5 yang ditanamkan pada generasi sebelumnya.

Beberapa orang menyatakan bahwa iPhone 5 di Amerika akan dibanderol kira-kira dengan harga $299, namun beberapa sumber juga menyatakan bahwa iPhone 5 akan dibanderol pada harga $599. Ini diprediksi bahwa harga iPhone 5 akan dijual mulai harga $425. Ada begitu banyak pertimbangan bahwa Apple harus pikirkan, termasuk persaingannya dengan Android. Hal ini mungkin bahwa Apple akan membuat iPhone 5 lebih ekslusif, namun spekulasi harga iPhone 5 di Amerika ini telah terpecahkan dengan diumumkannya harga resmi dari iPhone 5 itu sendiri yang diantaranya 16GB: $199 32GB: $299 dan 64GB: $399, yang merupakan harga yang sama dengan iPhone 4S saat pertama kali muncul.

Lalu bagaimana dengan harga iPhone 5 di Indonesia? Entah bagaimana iPhone 5 ini diprediksi akan membawa harga yang tinggi di tanah air dari generasi sebelumnya. Pada saat kemunculan iPhone 4 di Indonesia, iPhone 4 dibanderol dengan hargaRp 6.999.000 untuk versi 16GB, dan versi 32GB dibandrol dengan harga Rp 8.199.000 dan disusul dengan kemunculan iPhone 4S yang ditawarkan dengan harga lebih mahal yaitu Rp 7,7 juta untuk versi 16 GB, Rp 8,8 juta untuk versi 32 GB dan Rp 9,9 juta untuk versi 64 GB.

Dari pengalaman tersebut dapat disimpulkan bahwa iPhone 5 kemungkinan akan memiliki harga yang juga lebih mahal. iPhone 5 akan diprediksi membawa harga Rp8.399.000 untuk versi 16 GB, Rp. 9.299.000 untuk versi 32 GB, dan Rp 10.299.000 untuk versi 64 GB.

Harga di atas merupakan spekulasi berdasarkan perhitungan dan pengalaman dari generasi iPhone sebelumnya yang secara resmi masuk ke Indonesia. Bagaimana menurut Anda? [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel