Tips Windows 8 untuk Mengubah Bahasa Sistem

4 Jul 2013 10:00 33938 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengubah bahasa sistem pada Windows 8 bisa menjadi proses yang rumit, terutama jika anda tidak mengerti bahasa yang sedang digunakan. Jika anda sudah duduk di depan komputer Windows dan melihat komputer anda dalam bahasa asing lalu ingin merubahnya, maka ini bisa memakan waktu cukup lama.

Mengubah bahasa sistem pada Windows 8 bisa menjadi proses yang rumit, terutama jika anda tidak mengerti bahasa yang sedang digunakan. Jika anda sudah duduk di depan komputer Windows dan melihat komputer anda dalam bahasa asing lalu ingin merubahnya, maka ini bisa memakan waktu cukup lama. Anda harus mencari-cari di mana pilihan bahasa yang anda inginkan. Proses ini sekarang menjadi mudah dengan mengikuti tips Windows 8 dari Plimbi ini. Bagi anda yang menggunakan komputer Windows 7, anda membutuhkan edisi Ultimate untuk melakukan hal ini.

Kali ini Plimbi akan memandu Anda untuk mengubah bahasa sistem Windows pada sistem operasi Windows, lengkap dengan screenshot untuk setiap langkah dan prosesnya. Cara mengubah bahasa sistem mungkin berbeda pada bahasa yang berbeda, namun pengaturannya akan sama apapun bahasa Anda. Proses ini juga berlaku untuk Windows RT. simak Tips Windows 8 berikut ini:

Buka Panel Language

1.       Pertama, buka bar charm dari desktop. Anda bisa menekan tombol Windows + C untuk membukanya, geser dari kanan pada layar sentuh, atau gerakkan mouse anda ke kanan atas atau sudut kanan bawah layar anda dan gerakkan ke atas.

2.       Klik atau tap plihan Settings di bar charm, kemudian klik pilihan Control Panel. Ini adalah pilihan pertama yang bisa anda klik di bagian atas layar. Cara lain untuk membuka Control Panel, yaitu klik kanan di sudut kiri bawah layar untuk membuka menu sistem dan pilih Control Panel.

3.       Klik pilihan “Add a Language” di bawah Clock, Language, and Region. Jika interface tersebut dalam bahasa lain, cukup cari ikon yang berisi bola dunia dengan jam di depannya dan klik pilihan pertama dalam daftar di bawah judul tersebut.

Menambahkan Bahasa Tampilan Baru

1.       Jika Anda tidak melihat bahasa yang ingin digunakan dalam daftar tersebut, klik pilihan “Add a language”. Pilihan tersebut terletak di sudut kiri atas daftar bahasa. Jika bahasa yang ingin anda tambahkan sudah ada dalam daftar, Anda bisa melewatkan beberapa langkah berikutnya.

2.       Pilih bahasa yang ingin Anda instal dari daftar tersebut dan klik tombol Open. Anda juga dapat menggunakan kotak pencarian di sudut kanan atas jendela untuk mencari bahasa dalam daftar.

Bahasa yang telah Anda tambahkan kemudian muncul dalam daftar. Sekarang Anda bisa menggunakannya sebagai bahasa input, namun perhatikan bahwa dikatakan “Windows display language: Available for download” di samping bahasa baru. Ini berarti bahwa anda belum bisa menggunakannya sebagai bahasa Windows Anda. Ini karena Anda tidak memiliki dukungan yang diperlukan pada komputer Anda. untuk mengunduh dukungan bahasa tampilan, Anda harus mengklik tautan Options di sebelah kanan bahasa.

3.       Klik tautan “Download and install language pack” untuk mengunduh paket bahasa dari Microsoft dan menginstalnya pada komputer Anda. Ini adalah tautan dengan ikon perisai di sampingnya, karena menginstal bahasa baru memerlukan hak administrator.

Sebuah progress bar akan muncul saat Windows mengunduh dan menginstal paket bahasa. Setelah proses selesai, Anda mungkin akan diminta untuk me-restart komputer Anda. Setelah komputer di-restart, log in dan buka kembali panel Language setelah melakukannya.

 

 

Baca juga :

                    Masih Pakai Windows 8? Coba Trik Rahasia ini

                    5 Langkah Menulis Artikel dengan Cepat untuk Pemula! Dijamin Langsung Bisa!

 

Mengatur Bahasa Tampilan

·         Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan dan klik tombol “Move up” – yaitu tombol ketiga dari kiri – untuk memindahkannya ke bagian atas daftar. Hal ini membuat bahasa paling atas menjadi prioritas. Selama yang diinstal adalah dukungan bahasa tampilan yang sesuai, maka ini akan digunakan sebagai bahasa tampilan Anda.

Namun, bahasa sistem Anda tidak akan segera berubah. Anda harus log out dari Windows dan log in kembali untuk melihat perubahan tersebut.

Untuk log off, buka layar Start (tekan tombol Windows), klik atau tap nama pengguna anda di sudut kanan atas layar, lalu pilih Sign out, yaitu pilihan ketiga dalam daftar.

Log in kembali dan Windows akan menggunakan bahasa tampilan yang baru. Untuk mengubah bahasa lagi, kembali ke panel Language, drag bahasa yang berbeda ke bagian atas daftar, kemudian log out dan log in kembali. Anda bisa mengikuti screenshot di atas untuk kembali mengubahnya ke bahasa Inggris. Bahkan jika Anda tidak mengerti bahasa yang sedang digunakan, klik saja pilihan yang terletak di tempat yang sama.

Sistem bahasa yang Anda tetapkan hanya berlaku untuk akun pengguna tertentu, bukan untuk semua orang yang menggunakan komputer tersebut. Setiap pengguna bisa memilih bahasanya sendiri pada panel Language dan Windows akan beralih di antara bahasa tersebut ketika pengguna log in.

Perhatikan bahwa menginstal beberapa bahasa dapat mengurangi kinerja sistem Windows. Hanya instal bahasa yang benar-benar ingin Anda gunakan. Jika Anda ingin menghapus penginstalan bahasa, Anda bisa melakukannya dari panel Language. Cukup pilih bahasanya, lalu klik tombol Remove. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel