Fungsi dan Panduan Menggunakan Tool Magnifier Windows 7

18 Jun 2013 19:00 13360 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebagian pengguna Windows 7 mungkin tak menyadari keberadaan tool ini. Kalau dari namanya, tool tool Magnifer Windows 7 ini secara sederhana bisa diartikan sebagai kaca pembesar. Nah, sebenarnya apa fungsi tool ini dan bagaimana cara menggunakannya?

Sebagian pengguna Windows 7 mungkin tak menyadari keberadaan tool ini. Kalau dari namanya, tool Magnifier Windows 7 ini secara sederhana bisa diartikan sebagai kaca pembesar. Nah, sebenarnya apa fungsi tool ini dan bagaimana cara menggunakannya?

Tool ini sebenarnya tidak hanya muncul di versi Windows 7 saja, tool ini sesungguhnya sudah hadir di versi Windows Vista, tetapi di versi Windows 7 tool ini mengalami penyempurnaan. Tool ini dihadirkan bukan untuk kesenangan semata, Magnifier Windows 7 disediakan khusus untuk memudahkan presentasi yang melibatkan layar komputer atau laptop Anda. Dengan bantuan tool ini, bagian-bagian tertentu pada layar bisa diperbesar sehingga terlihat lebih jelas. Menarik, bukan?

Nah, bila Anda tertarik dengan tool Magnifier Windows 7 ini dan ingin menggunakannya, ikutilah langkah-langkah singkat di bawah ini.

  1. Pertama-tama, ketikkanlah kata kunci pencarian “magnifier” di kotak pencarian Start Menu. Atau dengan cara lain masuklah ke Control Panel lalu masuk ke bagian All Control Panel Items > Easy of Access Center > Start Magnifier.
  2. Sesudah itu Anda akan mendapati sebuah ikon berbentuk kaca pembesar di tengah-tengah layar. Munculnya ikon ini menandai bahwa tool Magnifier telah berada dalam keadaan aktif.
  3. Selanjutnya, bila Anda klik pada ikon berbentuk kaca pembesar tersebut, maka Anda akan mendapati jendela kecil yang berisi setting Magnifier. Melalui jendela inilah Anda bisa mengontrol tool ini sesuai dengan kebutuhan.
  4. Pada jendela yang berisi setting tersebut, gunakan tombol + (plus) untuk perintah memperbesar tampilan atau tekanlah tombol – (minus) mengurangi pembesaran.
  5. Masih di jendela yang berisi setting Magnifier, bila Anda melakukan klik pada tombol View maka Anda akan mendapati tiga buah mode. Pilih salah satu mode sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini penjelasan mengenai tiga mode yang dimiliki tool ini.

Lens Mode

Pada mode ini, ketika pointer mouse Anda bergerak maka perbesaran layar dilakukan hanya pada area yang mengikuti posisi pointer tersebut. Mode ini cocok digunakan untuk memperbesar atau menonjolkan bagian tentu yang penting untuk diperhatikan dalam sebuah presentasi.

Docked Mode

Berbeda dengan Lens Mode, pada Docked Mode ini area perbesaran muncul di bagian atas layar. Perbesaran yang ditampilkan hanya dilakukan pada area tertentu saja. Anda bisa mengatur area tertentu yang hendak ditampilan dalam perbesaran di bagian atas layar dengan cara menggerakkan pointer mouse.

 

Baca juga :

                    Beberapa Fitur Tersembunyi di Windows 7 yang Jarang Terungkap

                    5 Mainan "Jadul" yang Ternyata Umurnya Jauh Lebih Tua Daripada Kita

 

Full Screen Mode

Seperti namanya, perbesaran ini dilakukan pada seluruh tampilan layar. Pada penggunaan mode ini, semakin besar perbesaran yang Anda lakukan maka tentunya tidak seluruh tampilan layar akan terlihat. Namun tak perlu kuatir, Anda bisa menggerakkan pointer mouse untuk melihat area lain pada layar yang ingin Anda lihat.

Setting Pendukung

Selain tombol + (plus), tombol – (minus) dan tiga pilihan mode, masih ada setting lain yang berkaitan dengan tool ini. Setting pendukung ini bisa Anda temukan dengan cara klik pada ikon berbentuk roda atau gear yang terdapat di bagian kanan jendela tool.

Selanjutnya setting pendukung akan muncul pada sebuah jendela bernama Magnifier Options. Di jendela ini, Anda bisa mengatur seberapa besar perbesaran yang Anda inginkan dengan cara menggeser slider menuju ke arah Less atau ke arah More. Misalnya saja bila Anda menggeser slider tepat di tengah-tengah, maka perbesaran ditambahkan sebesar 50%.

Masih di jendela Magnifier Options, klik pada kotak cek Turn On Color Inversion jika Anda memerlukan tingkatan kontras yang tinggi pada layar. Dengan tingkatan kontras yang tinggi, maka teks di layar akan semakin jelas terlihat.

Nah, apakah penjelasan di atas sudah cukup bagi Anda? Bila Anda belum puas dengan penjelasan mengenai tool di atas, untuk memperoleh keterangan gunakanlah fasilitas Help dengan memilih ikon Help di jendela Magnifier atau dengan menekan tombol F1.

Penutup

Kini tool ini tentu sudah tidak asing lagi, mulai saat ini Anda bisa memanfaatkannya untuk mendukung kegiatan Anda ketika sedang mempresentasikan sesuatu di layar komputer atau laptop. Niscaya, presentasi Anda menjadi lebih menarik dan terlihat lebih jelas.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel