Miniatur Robot Canggih Quadruped yang Luar Biasa Cepat

18 Jul 2013 23:00 5561 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Entah alasan apa yang membuat robot banyak yang bergerak lambat. Mungkin mereka belum bisa berfikir secara cepat seperti pada hewan atau manusia. Gerakan yang mereka lakukan harus melalui berbagai proses lagi. Sensornya, alat pengantar stimulinya, tenaga yang dia pakai dan sebagainya hingga sampai pada otak robot canggih itu sendiri dan akhirnya robot bergerak.

Entah alasan apa yang membuat robot banyak yang bergerak lambat. Mungkin mereka belum bisa berfikir secara cepat seperti pada hewan atau manusia. Gerakan yang mereka lakukan harus melalui berbagai proses lagi. Sensornya, alat pengantar stimulinya, tenaga yang dia pakai dan sebagainya hingga sampai pada otak robot canggih itu sendiri dan akhirnya robot bergerak. Ini merupakan proses yang cukup panjang sehingga mereka bergerak lebih lambat dari manusia atau hewan.

Namun melihat robot canggih kecil berkaki  dari UC Barkeley. Ini sangat cepat dan sangat cerdas. Robot ini berasal dari Jons Hopkins yang bergerak bisa lebih cepat dari dibanding bila kita lihat bodynya. Robot ini bisa melakukan perjalanan 30 kali panjang tubuhnya dalam satu detik atau hitungannya di bisa berjalan 2 meter/detik. Hitungan perjam dia bisa berjalan 122miles/jam atau 196,33Km/jam. Waw. Bukan kah dia robot yang sangat cepat?

Robot ini belum memiliki nama. Ukurannya 6,5 X 5,5 X 1cm dan menurut penciptanya dia bisa menjadi robot berkaki empat yang tercepat di dunia untuk ukurannya. Kategori robot seperti ini masih diperdebatkan, apakah dia robot berkaki atau beroda. Namun, kaki robot seperti ini lebih dikenal dengan nama Whegs. Mereka ber bentuk roda karena gerakan melingkar tetapi mereka juga kaki dikarenakan sedikit menyentuh permuakaan. Ada keuntungan dan kekurangan dengan menggunakan teknologi seperti ini. Untuk permuakaan yang rata-rata datar atau tidak terlalu banyak halangan mereka bisa berlari sangat cepat. Namun bila mereka diletakkan dipermuakaan yang kasar mereka bisa mendapat rintangan yang mungkin bisa memperlambat atau malah membuatnya sulit untuk berjalan. Pandangan awal, robot ini memiliki bahan kaki yang kenyal. Ini memungkinkan dia untuk bergerak di permukaan yang tidak terlalu datar.

 

Baca juga :

                    Malas Berhubungan dengan Sampah? Inilah Cara Pengelolaan Sampah dengan Robot Canggih

                    5 Mainan "Jadul" yang Ternyata Umurnya Jauh Lebih Tua Daripada Kita

 

Mengapa robot ini sangat cepat? Dia memiliki empat motor kaki yang masing-masing independen. Mereka memiliki kekuatan individu untuk menangani berat yang tidak statis sekalipun. Masing-masing kaki-kaki pada whegnya hanya 6 milimeter dan didorong dengan tenaga 1,5 watt pada 40.000 RPM yang mengegerakkan masing-masing wheg robot. Kaki-kaki ini tidak murah, masing-masing kaki-kaki ini berharga ratusan dolar, namun menghasilkan robot yang gila. Tetapi perlu diingat, robot kecil dan ringan inilah yang membuat gerakannya lebih efesien secara keseluruhan.

Kebanyakan robot saat ini tidak mampu memaksimalkan sumber tenaganya, khususnya robot yang mengutamakan kecepatan. Bahkan pada kecepatan tinggi, robot hanya mampu memproses 0,6 watt saja, kurang dari setangah sumber tenaganya sehingga mengurangi kecepatan robot yang sesungguhnya. Namun dengan adanya robot ini, bisa membuat ilmuan robot cepat belajar bagaimana memanfaatkan whegs dengan benar sehingga tidak banyak mengurangi kecepatan robot itu sendiri dan melintasi medan yang menghalanginya.

Tim robot ini Efficiency and Efectiveness Analisis Of A New Direct Drive Miniature Quadruped Robot adalah Christopher Y. Brown dari Johns Hopkins University, Dana E.Vogtmann dan Prof. Sarah Bergbreiter dari microbotics lab Universitas Maryland. Mereka menyajikannya bulan lalu di IEEE Conference on Robotics and Automation (ICRA). [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel